is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Cara Menghentikan Batuk Asma

Bugar | 2023-12-13 12:07:48
Sumber gambar: Alodokter

Hindari pemicu seperti debu, asap, dan udara dingin untuk mengurangi kemungkinan Anda batuk

Anda mungkin terbiasa batuk saat sedang pilek atau jika alergi Anda kambuh, namun bagi penderita asma, mereka mungkin juga harus menghadapi batuk asma.

Ketika Anda menderita asma, saluran udara di paru-paru Anda menjadi bengkak dan meradang. Tabung bronkial Anda bereaksi dengan meremasnya dengan kencang. Jika hal ini terjadi, Anda lebih mungkin batuk ketika menghadapi pemicu asma seperti debu, asap, dan udara dingin.

Ahli paru Emily Pennington, MD, menjelaskan bagaimana Anda dapat mengobati dan mengurangi kemungkinan Anda terkena batuk asma.

Apa itu batuk asma?

Apakah Anda batuk karena asma?

Anda mungkin pernah mendengar tentang asma varian batuk. Apa bedanya dengan batuk asma?

“Asma varian batuk berarti batuk adalah gejala utama asma yang diderita pasien,” jelas Dr. Pennington. “Tetapi pasien lain mungkin mengalami batuk, ditambah gejala pernafasan lainnya akibat asma mereka.”

Seperti apa rasanya batuk asma?

“Bagi beberapa pasien, batuknya mungkin kering, tetapi pada pasien lain, batuknya mengeluarkan dahak atau lendir,” jelas Dr. Pennington. “Dan salah satu ciri batuk asma adalah adanya pemicu spesifik pada batuk tersebut. Anda mungkin memperhatikan bahwa ketika Anda keluar ke udara dingin atau berada di sekitar debu, bulu binatang, atau asap, hal itu memicu batuk.

Pemicu tersebut menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan, yang menyebabkan Anda batuk.

Gejala Batuk Asma

Gejala batuk asma bisa bermacam-macam. Gejala-gejala tersebut mungkin termasuk:

· Batuk

· Mengi

· Sesak napas

· Sesak dada

Namun jika Anda hanya menderita asma varian batuk, batuk adalah satu-satunya gejala yang Anda alami.

Bagaimana jika di malam hari – bisakah Anda mengalami batuk asma di malam hari?

“Biasanya batuk asma menjadi lebih buruk di malam hari, dan bahkan membangunkan Anda dari tidur,” jelas Dr. Pennington.

Pengobatan Batuk Asma

Jika Anda menderita asma, pengobatan utama Anda mungkin adalah inhaler.

“Ada juga sejumlah kecil obat pil yang mungkin Anda konsumsi, tetapi yang utama adalah inhaler,” kata Dr. Pennington.

Inhaler kortikosteroid adalah jenis pengobatan utama untuk asma. Anda mungkin juga akan diberi resep bronkodilator jangka pendek seperti Albuterol, yang dianggap sebagai inhaler penyelamat yang akan Anda gunakan dalam keadaan darurat.

Cara Menghentikan Batuk Asma di Rumah

Dr Pennington mengatakan penting untuk memikirkan serangan asma atau batuk asma sebelum hal itu terjadi. Dia menyarankan untuk membuat rencana tindakan asma.

“Rencana tindakan asma adalah pedoman yang akan diberikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda untuk diikuti jika gejala asma Anda memburuk,” kata Dr. Pennington.

Pedoman tersebut dapat menjelaskan cara menghentikan batuk asma dengan memasukkan seberapa sering Anda harus menggunakan inhaler atau mengonsumsi steroid oral, serta kapan harus menghubungi dokter Anda.

Apakah inhaler membantu batuk asma?

Ya, kata Dr. Pennington.

“Penting bagi Anda untuk meminum obat inhaler sesuai resep,” dia menekankan. “Itu mungkin termasuk inhaler pengontrol harian dan inhaler penyelamat yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan batuk dengan cepat jika batuk mulai muncul.”

Mencegah Batuk Asma

Meskipun dokter tidak yakin mengapa beberapa orang terkena asma, dan tidak dapat mencegahnya atau terjadinya batuk asma, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena batuk asma.

Dr. Pennington mengatakan hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu seperti:

· Polusi udara

· Udara dingin

· Tungau debu

· Latihan

· Cetakan

· Hama

· Hewan peliharaan

· Asap tembakau

· Bahan kimia atau bau yang kuat

· Paparan pekerjaan tertentu

Anda mungkin perlu memakai masker wajah di sekitar debu dan bahan kimia, dan jika Anda merokok, Dr. Pennington mengatakan sangat penting bagi Anda untuk berhenti.

Ia juga mengatakan, “Jika udara dingin memicu batuk asma Anda, cobalah menutup mulut Anda dengan syal atau masker saat berada di luar.”

Faktor lain seperti berat badan juga dapat memengaruhi asma Anda.

“Obesitas meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang dapat membuat asma lebih sulit dikendalikan atau menyebabkan asma tidak terkontrol,” jelasnya.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi batuk asma Anda? Pertimbangkan apa yang Anda makan.

“Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mengendalikan asma,” kata Dr. Pennington. “Diet tinggi buah-buahan dan sayuran serta rendah makanan olahan meningkatkan pengendalian asma.”

Intinya?

Mengalami batuk asma bisa membuat frustasi dan menjengkelkan. Namun dengan pengobatan yang tepat dan perubahan gaya hidup, Anda bisa berhasil mengatasi batuk asma Anda.

“Hal besar yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko batuk asma adalah dengan menggunakan inhaler dan menghindari pemicunya,” tegas Dr. Pennington.

***

Solo, Rabu, 13 Desember 2023. 11:59 am

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya