is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Uun Nashikhun

Siswa Kelas Unggulan Tahfiz MTsN 4 Bantul Sabet Juara 1 MHQ

Eduaksi | 2024-04-28 13:09:55
Siswa terima penghargaan

Bantul (MTsN 4 Bantul) – Siswa MTsN 4 Bantul sabet juara 1 Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ). Siswa tersebut bernama Nashwa Windriya Tarasari. Saat ini ia duduk di kelas 8 H Program unggulan tahfizh. Kali ini prestasi MHQ ia raih dari Mandaya Islamic Competition ke-8 (MIC #8). Penyelenggara kompetisi antar siswa se-DIY adalah MAN 2 Yogyakarta. Panitia mengambil tema “Membentuk pribadi unggul yang berakhlakul karimah, berkualitas dalam iman dan takwa”. MIC #8 terlaksana pada Sabtu (27/4/2024) di halaman MAN 2 Yogyakarta.

Sebelumnya siswa yang akrab dipanggil Nashwa juga telah meraih juara 2 Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) pada lomba Mantaba Festifal Islamic Competition (MANFISCO). Penyelenggara kompetisi tersebut adalah MAN 3 Bantul yang terletak di Wonokromo Bantul. saat itu ia belum dapat tampil maksimal sehingga hanya menempati rangking ke dua pada perolehan nilai akhir. Siswa kelas 8 tersebut akhirnya belajar dengan keras lagi sehingga kali ini ia dapat menyabet juara 1 di kompetisi berikutnya yaitu saat mengikuti lomba di MAN 2 Yogyakarta.

Jalannya lomba Tahfizh pada MIC #8 diawali dengan babak penyisihan. Peserta pada babak ini berjumlah 15 anak dari sekolah yang berbeda. Dewan juri memanggil peserta untuk maju satu persatu. Sebelumnya peserta mengambil amplop yang di dalamnya terdapat soal dari panitia. Materi pada babak satu yaitu ayat Al Qur’an juz 30. Setelah babak satu selesai, pantia mengumumkan 7 anak yang akan lolos pada babak final dan Nashwa adalah peserta salah satunya. Materi lomba pada babak final adalah Al Qur’an juz 1.

Kepala MTsN 4 Bantul Sugeng Muhari bersyukur anak didiknya dapat menorehkan prestasi luar biasa. Ia berharap penghargaan ini secara khusus dapat memotivasi yang bersangkutan dan menjadi inspirasi bagi siswa lainnya. MTsN 4 Bantul sebagai Madrasah Unggul Akademik, Riset dan Tahfidz harus mampu menunjukkan kualitasnya berupa prestasi. “MTsN 4 Bantul sebagai Madrasah Unggul selalu mendorong anak didiknya untuk terus berprestasi. Terimakasih kami sampaikan kepada para guru dan pembimbing lomba yang telah sabar membina dan mendampingi para siswa,” ujar Sugeng. (uun)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya