is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Priyati Saras Amelia

Pengaruh Pengangguran terhadap Inflasi

Bisnis | 2024-04-15 20:16:53

Inflasi dan tingkat pengangguran merupakan dua indikator yang dapat menggambarkan performa ekonomi di suatu negara. Hubungan kedua variabel tersebut merupakan masalah ekonomi makro yang banyak didiskusikan dalam praktik ekonomi. Dalam beberapa dekade terakhir, banyak penelitian yang dilakukan untuk menganalisis hubungan antara inflasi dan tingkat pengangguran baik secara teoritis maupun praktis. Relevansi hubungan antara inflasi dan tingkat pengangguran juga berpengaruh terhadap bauran kebijakan di setiap negara untuk mencapai kondisi perekonomian lebih baik.

Pengangguran merupakan salah satu masalah yang cukup fundamental dalam perekonomian suatu negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Penyerapan tenaga kerja yang masih rendah menjadi permasalahan utama khususnya di negara dengan jumlah penduduk yang tinggi. Bauran kebijakan diperlukan untuk dapat menurunkan angka pengangguran sesuai dengan salah satu misi Presiden yakni menciptakan pembangunan yang merata dan berkeadilan.

Bauran kebijakan tidak terlepas dari sektor fiskal dan moneter. Kebijakan moneter yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia bertujuan untuk mencapai dan memelihara. kestabilan nilai rupiah. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, sejak 1 Juli 2005 Bank Indonesia menerapkan kerangka kebijakan. moneter Inflation Targeting Marketing (ITF). Dalam kerangka ini, inflasi merupakan indikator yang harus dicapai. Sesuai dengan perubahan. dinamika dan tantan gan perekonomian yang terjadi, Bank Indonesia dan pemerintah bekerjasama untuk memperkuat efektivitasnya.

Namun terdapat permasalahan yang dihadapi untuk mencapai tujuan terkait dua indikator utama, yakni inflasi dan pengangguran Terdapat permasalahan. Pengamatan yang dilakukan oleh A.W. Philips ketika terjadi depresi ekonomi di Amerika Serikat tahun 1929, menemukan fakta bahwa terdapat hubungan yang erat antara inflasi dengan tingkat pengangguran. Hubungan. tersebut bersifat negatif, artinya jika inflasi suatu negara tinggi. maka tingkat pengangguran akan turun. Adanya trade off antara inflasi dan pengangguran tersebut

Pengangguran dan inflasi masih menjadi permasalahan di beberapa negara termasuk Indonesia. Kebijakan Inflation Targetting Framework (ITF) yang diterapkan oleh Bank Indonesia tentunya berpengaruh terhadap kondisi pengangguran di Indonesia Terciptanya FTA (Free Trade Area) meningkatkan keeratan hubungan khususnya di bidang ekonomi.

Adanya hubungan yang negatif antara tingkat pengangguran dan inflasi sudah menjadi isu sejak lama. Melihat perkembangan ekonomi saat ini di ASEAN 7, tulisan ini menawarkan suatu analisis terkait hubungan antara inflasi dan pengangguran. Apakah korelasi yang negatif antara inflasi dan pengangguran. masih valid hingga saat ini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya