is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Sakit Kepala dan Kelelahan: 11 Kemungkinan Penyebab yang Bisa Memicu Keduanya

Bugar | 2024-02-01 20:47:34
Sumber gambar: Alodokter

Banyak faktor, seperti dehidrasi, pilek, atau bahkan pengobatan yang Anda minum, dapat menyebabkan gejala umum ini

Angkat tangan jika Anda pernah mengalami sakit kepala dan kelelahan secara bersamaan.

Meskipun Anda mungkin lelah karena begadang atau sakit kepala karena stres, ada banyak kaitan antara sakit kepala dan kelelahan. Dan jika Anda terus-menerus mengalami sakit kepala dan kelelahan setiap hari, mungkin inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Jadi, apa yang bisa menyebabkan gejala sakit kepala dan kelelahan? Jawabannya tidak sesederhana itu.

Dokter pengobatan keluarga Neha Vyas, MD, mengatakan untuk menganggap kedua gejala ini sebagai diagram Venn. Sakit kepala bisa disebabkan oleh hal-hal tertentu, sedangkan rasa lelah bisa disebabkan oleh hal lain. Namun jika Anda menggabungkan keduanya, ada banyak faktor lain yang menyebabkan Anda mengalami keduanya.

Dia menjelaskan beberapa kemungkinan alasan Anda mengalami sakit kepala dan kelelahan dan kapan saatnya menemui dokter.

Apa yang mungkin menyebabkan sakit kepala dan kelelahan?

Sakit kepala dan kelelahan sering kali merupakan gejala dari hal lain – dan sulit untuk mempersempit atau menentukan penyebab pastinya.

“Sakit kepala dan kelelahan adalah dua gejala yang berbeda,” kata Dr. Vyas. “Saat Anda menyatukannya, Anda memikirkan bagian tubuh atau sistem organ tertentu yang terlibat.”

Anda mungkin menderita migrain, gangguan tidur, atau sedang menghindari infeksi seperti flu. Meskipun sebagian besar penyebab sakit kepala dan kelelahan pada saat bersamaan dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup atau pengobatan, jika kedua gejala tersebut mulai memengaruhi hidup Anda, inilah saatnya untuk mencari bantuan.

Dr. Vyas berbagi apa yang mungkin menjadi penyebab sakit kepala dan kelelahan pada saat yang bersamaan, namun menekankan bahwa masih banyak lagi kemungkinan penyebabnya.

1. Pilek, Flu, dan COVID-19

Penyakit menular seperti flu biasa, flu, dan COVID-19 semuanya memiliki gejala yang sama yaitu sakit kepala dan kelelahan.

“Jenis infeksi lainnya mungkin adalah pneumonia,” kata Dr. Vyas. “Dan seringkali, jika ada demam, itu menjadi petunjuk besar apakah ada sesuatu yang menular.”

Anda mungkin juga mengalami gejala lain seperti sakit tenggorokan, batuk, dan nyeri tubuh – dan ada sedikit perbedaan antara pilek, flu, dan COVID-19.

2. Migrain

Sakit kepala yang sering terjadi ini bisa sangat menyakitkan dan disertai dengan sejumlah gejala yang dimulai sebelum migrain Anda dan berlangsung setelah migrain mereda.

Sering kali, Anda mungkin mulai mengalami gejala – seperti rasa lelah – beberapa hari sebelum migrain. Dan begitu sakit kepala atau migrain mulai muncul, Anda mungkin juga merasa mual dan pusing serta sensitif terhadap cahaya dan suara, selain sakit kepala.

Dan bahkan setelah migrain Anda berhenti, Anda mungkin merasa lelah.

3. Dehidrasi

Apakah Anda minum cukup air? Jawabannya mungkin tidak, terutama jika Anda sedang sakit kepala. Anda mungkin juga merasa lelah.

Jadi, berapa banyak air yang harus Anda minum? Laki-laki dan orang yang ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir (AMAB) harus minum sekitar 125 ons sehari, sedangkan perempuan dan orang yang ditetapkan sebagai perempuan saat lahir (AFAB) harus minum sekitar 91 ons.

Dan jika Anda pernah meminum sedikit minuman beralkohol, hal ini dapat menyebabkan mabuk, yang biasanya disebabkan oleh dehidrasi dan kurang tidur.

4. Obat-obatan

Jika Anda mengonsumsi obat diuretik atau hipertensi seperti beta-blocker, hal ini dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala dan kelelahan.

Bahkan antibiotik, antivirus, dan obat penenang tertentu dapat menyebabkan efek samping ini. Obat antidepresan dan kemoterapi juga dapat membuat Anda sakit kepala, serta membuat Anda merasa lelah.

5. Fibromialgia

Penyakit autoimun seperti fibromyalgia, suatu kondisi kesehatan kronis yang menyebabkan nyeri muskuloskeletal, sering kali memiliki gejala seperti sakit kepala dan kelelahan.

“Peradangan yang disebabkan oleh fibromyalgia berlangsung lama,” kata Dr. Vyas. “Ini bukanlah sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba.”

Jika Anda menderita fibromyalgia, Anda cenderung mengalami gejala seperti sakit kepala dan kelelahan yang lebih hebat.

6. Gangguan Tidur

Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup – antara tujuh dan sembilan jam setiap malam – Anda mungkin akrab dengan sakit kepala dan kelelahan akibat malam yang gelisah.

Gangguan tidur yang umum seperti insomnia, sleep apnea, sindrom kaki gelisah, dan bahkan menggemeretakkan gigi di malam hari (suatu kondisi yang disebut bruxism) diketahui menyebabkan sakit kepala dan kelelahan.

7. Gegar

Pukulan di kepala dapat menyebabkan gegar otak, cedera otak traumatis ringan. Seperti yang bisa Anda bayangkan, hal ini bisa menyebabkan sakit kepala, tapi bisa juga disertai gejala lain seperti kelelahan, muntah, dan kebingungan.

Jika Anda merasa mengalami gegar otak, penting bagi Anda untuk segera mendapatkan pertolongan medis.

8. Anemia

Kita semua membutuhkan oksigen, dan jika Anda menderita anemia, jumlah sel darah merah yang Anda miliki terlalu sedikit sehingga menyulitkan jaringan tubuh Anda mendapatkan cukup oksigen.

Hal ini menyebabkan kelelahan, kelemahan, pusing, sesak napas dan sakit kepala.

9. Haid

Selama siklus menstruasi, hormon Anda berfluktuasi dan hal itu dapat menyebabkan sindrom pramenstruasi (PMS).

Gejala seperti kram, sakit kepala, kelelahan dan kembung, muncul setelah ovulasi.

10. Kehamilan

Berbicara tentang hormon, jika Anda sedang hamil, kadar progesteron Anda meningkat, yang dapat membuat Anda merasa lelah dan lelah.

Tapi hormon ini membantu selama tahap awal kehamilan Anda. Perubahan hormonal lainnya juga dapat menyebabkan Anda sakit kepala.

11. Depresi

Jika Anda mengalami depresi, hal ini dapat berdampak buruk pada Anda baik secara emosional maupun fisik. Anda bisa mengalami sakit kepala dan kelelahan karena kurang tidur akibat gangguan mood.

Gejala lain bisa berupa nyeri tubuh, kesedihan, dan perubahan nafsu makan.

Kapan Harus ke Dokter

Ingat, ada banyak kemungkinan penyebab Anda mengalami sakit kepala disertai rasa lelah atau letih. Dr Vyas mengatakan fokus pada tidur dan memperhatikan asupan kafein dapat membantu mengatasi sakit kepala dan kelelahan.

Namun jika Anda terus-menerus mengalami sakit kepala dan kelelahan, mungkin ini saatnya menemui penyedia layanan kesehatan, terutama jika sakit kepala semakin parah atau tidak kunjung membaik.

Mereka mungkin bertanya tentang gejala lain seperti demam atau muntah untuk memandu mereka mendapatkan diagnosis yang tepat. Mereka mungkin juga menanyakan sudah berapa lama Anda mengalami sakit kepala dan kelelahan. Apakah sudah berlangsung selama beberapa minggu? Apakah Anda hanya merasa lelah di pagi hari?

Berdasarkan jawaban dan riwayat kesehatan Anda, penyedia layanan kesehatan Anda akan menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

“Langkah selanjutnya mungkin mencakup pemeriksaan laboratorium atau semacam pencitraan jika dokter Anda merasa hal itu diperlukan,” kata Dr. “Dan terkadang, itu mungkin termasuk pengobatan.”

***

Solo, Kamis, 1 Februari 2024. 8:31 pm

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya