Tes Kesehatan CPNS Membludak. Warga antre mengikuti tes kesehatan di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, Rabu (20/11). | Republika/ Wihdan

Surat Pembaca

09 Sep 2019, 12:59 WIB

Saat Hak Dasar Jadi Kewajiban

Dengan konsep gotong royong, biaya layanan kesehatan dibebankan juga pada masyarakat.

Kesehatan, salah satu kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Dalam statusnya sebagai warga negara, pemenuhannya menjadi tanggung jawab penyelenggara negara. Hal tersebut diatur oleh undang-undang.

Karenanya, mendapat pelayanan kesehatan yang layak menjadi salah satu hak setiap warga negara. Sayang, hari ini terjadi pergeseran paradigma. Pelayanan kesehatan tak lagi menjadi tanggung jawab negara sepenuhnya.

Dengan konsep gotong royong, biaya layanan kesehatan dibebankan juga pada masyarakat. Langkah ini dapat memangkas anggaran pemerintah untuk pembiayaan jaminan kesehatan. Tapi, bagaimana dengan nasib rakyat?

Tentu saja, beban biaya kesehatan membuat kehidupan masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah, semakin sulit. Apalagi, kebijakan terbaru dari pemerintah memutuskan untuk menaikkan iuran seratus persen.

Rakyat kecil semakin menjerit. Maka, wajar jika ada yang perpandangan ada yang salah dalam pengelolaan negeri. Buktinya, hak dasar justru berubah menjadi kewajiban.

Suti Khotimah, Kuningan, Jawa Barat

Pelarangan Ekspor Nikel


×