is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri putri18

Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Memerangi Inflasi

Ekonomi Syariah | 2024-07-26 19:35:01

Perekonomian suatu negara pastinya sudah tidak asing lagi dengan pemasalahan inflasi. Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Jika harga suatu barang naik, maka perederan uang akan bertambah, sehingga nilai mata uang dan kesejahteraan rakyat akan menurun. Maka dari itu untuk mengatasi inflasi agar tidak melambung tinggi peran pemerintah sangat penting. Tidak hanya pemerintah, peran masyarakat dalam mengatasi inflasi juga sangat berpengaruh demi terciptanya harga yang stabil dan daya beli masyarakat terjaga. Artikel ini akan menelaah secara intensif bagaimana peran pemerintah dan masyarakat dalam memerangi inflasi.

Peran pemerintah memerangi inflasi

1. Peningkatan suku bunga

Peningkatan suku bunga menjadi salah satu cara untuk mengatasi inflasi, karena dengan menaikkan suku bunga akan lebih efektif untuk menampung jumlah uang yang beredar. Sehingga laju inflasi akan menurun

2. Peningkatan produksi dan produktivitas

Pemerintah memberikan kebijakan yang ringan kepada pengusaha, agar pengusaha bisa memaksimalkan produksinya, sehingga barang yang diproduksi semakin banyak. Dengan begitu akan banyak barang yang beredar, sehingga perputaran uang akan semakin cepat.

3. Menstabilkan pendapatan masyarakat

Selain cara-cara di atas, inflasi bisa di tanggulangi dengan menjaga pendapatan atau upah masyarakat agar tidak naik terus-menerus, sehingga biaya produksi Perusahaan bisa ditekan dan harga barang menjadi lebih rendah.

4. Menetapkan harga maksimum

Ketika inflasi terjadi, kenaikan harga barang tidak terkendali. Hal ini yang menyebabkan permintaan menurun. Dengan menetapkna harga yang maksimum, pemerintah mengharap agar daya beli masyarakat menjadi lebih baik lagi.

5. Mempermudah masuknya barang impor

Semua produk dalam negeri tidak semuanya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu, dengan cara mempermudah masuknya barang impor menjadi salah satu Solusi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menurunkan pajak dan juga mempermudah perizinan barang impor.

Peran masyarakat memerangi inflasi

1. Berinvestasi dan menabung

Langkah pertama untuk mengatasi inflasi adalah dengan cara berinvestasi. Di Tengah kondisi inflasi, masyarakat bisa menginvestasikan uangnya ke dalam reksa dana pasar atau obligasi ritel. Investasi sendiri akan bermanfaat bagi keuangan jangka Panjang. hal ini karena pertumbuhan uang akan mengalahkan Tingkat inflasi, sehingga daya beli tidak menurun.

Selain berinvestasi, juga bisa diatasi dengan cara menabung. Karena dengan menabung akan mendapatkan suku bunga. Suku bunga inilah yang akan membantu mengatasi laju inflasi.

2. Hidup hemat

Langkah selanjutnya untuk mengatasi inflasi dengan cara hidup hemat. Karena pada waktu inflasi harga barang cenderung naik. Maka dari itu, sebagai konsumen harus bisa membedakan mana yang merupakan keinginan dan mana yang merupakan kebutuhan. Karena dengan cara itu akan membuat permintaan barang dan jasa berkurang, sehingga akan berdampak pada menurunnya harga barang.

3. konsumsi produk dalam negeri

Mengkonsumsi produk dalam negeri juga menjadi salah satu cara unruk mengatasi inflasi.karena dengan mengkonsumsi produk dalam negeri akan menyebabkan naiknya tarif pajak yang kemudian akan berdampak pada peningkatan inflasi.

4. Pendidikan dan kesadaran publik

Pendidikan ekonomi dan kesadaran publik tentang inflasi juga sangat penting. Dengan pengetahuan dan pemahaman tentang inflasi, masyarakat dapat menagtur pengeluaran mereka dengan bijak

5. Siapkan dana darurat

Menyiapkan dana darurat sangat penting untuk persiapan terjadinya inflasi. Karena inflasi dapat menyebabkan pemotongan gaji yang bahkan sampai terjadinya PHK. Dana darurat ini akan membantu mengganti dana yang hilang dan sebagai bentuk antisipasi sebelum benar-benar terjadinya resesi.

Itulah beberapa peran pemerintah dan masyarakat dalam memerangi inflasi. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat, jangan terlalu membebankan masalah inflasi kepada pemerintah saja, melainkan masyarakat juga harus ikut andil dalam memerangi inflasi. Jika cara tersebut diterapkan maka laju inflasi akan terhambat dan perekonomian Indonesia akan terus berkembang.

AFIDA MARIANI KAMILA

UNIVERSITAS K.H. MUKHTAR SYAFA’AT

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya