Pengunjung melihat koleksi buku yang dipamerkan pada ajang Islamic Book Fair (IBF) 2022 di Jakarta, Rabu (3/8/2022). | Republika/Edwin Dwi Putranto

Khazanah

06 Aug 2022, 06:36 WIB

IBF Dorong Literasi Pemahaman Islam

Diharapkan lahir generasi yang mengerti Islam secara utuh.

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengajak untuk meningkatkan literasi pemahaman Islam secara utuh. Seruan itu disampaikan Wapres dalam sambutannya pada diskusi yang digelar Majelis Hukama Al Azhar di arena Islamic Book Fair (IBF) 2022, Jakarta Convention Center, Jumat (5/8) siang.

“Kita ingin mendorong melalui Islamic Book Fair ini minat baca makin terangsang dan pengetahuan tentang Islam dari berbagai sudut semakin dikuasai. Ini menjadikan generasi yang mengerti Islam lebih utuh secara benar," ujar Wapres dalam keterangannya kepada wartawan.

Ia pun menyoroti dua fenomena yang terjadi dalam memahami Islam saat ini yakni pemikiran yang ekstrem dan ketakutan terhadap Islam, yakni Islamofobia. "Jadi, ada dua sisi sebenarnya. Di satu sisi ada Islam yang ekstrem dan di sisi lain ada anti Islam, yakni Islamofobia," kata Wapres.

Ia berharap, literasi yang tumbuh di IBF ini akan memberikan pemahaman tentang Islam dari berbagai sudut. Pemahaman yang utuh tentang Islam ini akan mencegah munculnya pemikiran-pemikiran ekstrem, menyimpang, hingga Islamofobia.

"Melalui buku yang disebarkan maka dua (masalah) ini yang ekstrem berlebihan bisa terpecahkan dan Islamofobia kita harapkan bisa hilang karena memahami Islam yang sebenarnya," ujar Wapres.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga mengajak semua umat untuk kembali kepada Islam yang moderat, melalui literasi pemahaman Islam yang utuh ini. “Kembali kepada yang benar, Islam yang wasathi, seperti yang diajarkan oleh ulama-ulama kita," ujarnya.

Selain melalui buku, upaya meningkatkan literasi pemahaman Islam, juga dilakukan pemerintah bersama-sama ormas-ormas Islam, seperti Muhammadiyah, NU, hingga MUI.

Diskusi yang digelar Majelis Hukama Al Azhar merupakan salah satu kegiatan di arena IBF 2022. Tak sekedar pameran buku, IBF memang menyuguhkan berbagai acara, mulai dari diskusi, bedah buku, aneka lomba, dan lainnya.

Pada Kamis (4/8) malam, misalnya, panggung utama IBF menghadirkan acara peluncuran buku dan talk show bertajuk “Kecakapan Berpikir Komputasional Menyongsong Madrasah Melek Digital”.

photo
Pengunjung melihat koleksi buku yang dipamerkan pada ajang Islamic Book Fair (IBF) 2022 di Jakarta, Rabu (3/8/2022). - (Republika/Edwin Dwi Putranto)

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi saat menyampaikan sambutan dalam acara itu mengatakan, madarasah sebagai satuan pendidikan formal di bawah binaan Kementerian Agama (Kemenag) harus terlibat aktif dalam upaya mewujudkan visi Indonesia 2045.

Karena itu, Kemenag saat ini berupaya agar madrasah melek digital dan mendorong guru madrasah untuk meningkatkan kompetensinya dalam bidang teknologi pendidikan.

Dalam buku Rencana Induk Pengembangan (RIP) Pendidikan Madrasah 2010-2030 dinyatakan bahwa visi madrasah adalah mewujudkan madrasah yang unggul dan kompetitif. Untuk mewujudkan itu, menurut dia, guru memainkan peran yang sangat penting dan strategis.

“Guru harus meningkatkan kompetensi dan keterampilannya agar selaras dengan tuntutan era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0, yang salah satunya adalah penguasaan dalam bidang teknologi pendidikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran,” ujar dia.

Dalam konteks inilah, menurut dia, buku Panduan Literasi Digital untuk Guru Madrasah dan buku Panduan Berpikir Komputasional bagi Guru Madrasah yang diluncurkan dalam acara ini menemukan relevansinya. Dia pun menyambut baik peluncuran dua buku yang diterbitkan Penerbit Erlangga ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Penerbit (@bukurepublika)


IBF Sedot Antusiasme Masyarakat

Tiga buku unggulan menjadi daya tarik pengunjung di stan Republika Penerbit.

SELENGKAPNYA

IBF 2022 Jadi Wisata Literasi Islam

Pada pembukaan kemarin, banyak pengunjung yang berdatangan sejak pagi hari.

SELENGKAPNYA

Islamic Book Fair (IBF) 2022

Berlangsung hingga tanggal 7 Agustus 2022.

SELENGKAPNYA
×