is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah 6 Makanan Tinggi Protein dan Tinggi Serat Terbaik Rekomendasi Pakar

Kuliner | 2024-05-10 07:06:21
Edamame atau yang dikenal dengan Kedelai muda (shutterstock via eatthis.com)

Pakar nutrisi berbagi makanan terbaik yang kaya protein dan serat untuk meningkatkan kesehatan Anda. Apa sajakah? Menurut laporan eating.com, berikut 6 makanan yang direkomendasikan tersebut.

1. Kacang Hitam

Kacang hitam adalah kacang-kacangan serbaguna yang dapat dibuat menjadi roti burger atau ditambahkan ke dalam burrito, tumisan, sup, dan salad. Manfaat Kacang Hitam yang kurang dikenal adalah kandungan antioksidannya, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Jika Anda menyajikan Kacang Hitam dengan takaran ½ cangkir, kalori yang didapatkan 70, protein 5 gram, dan serat yang dikandungnya 7 gram. Gianna Masi, CPT, RDN, ahli diet mengatakan, Kacang hitam merupakan sumber protein dan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan.

“Indeks glikemiknya yang rendah membuat kacang hitam tidak hanya serbaguna tetapi juga bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah," paparnya.

2. Lentil

Lentil mengandung serat larut yang tinggi, yang memberi makan bakteri menguntungkan dalam usus Anda. Hal ini dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi kembung, dan meningkatkan kesehatan usus.

Jika Anda menyajikan Lentil dengan takaran ½ cangkir, kalori yang didapatkan 115, protein 9 gram, dan serat yang dikandungnya 8 gram.

"Lentil mengandung lebih dari 25 persen protein dan dikemas dengan nutrisi termasuk vitamin B, terutama folat, bersama dengan tembaga, mangan, dan zat besi," kata Destini Moody, RDN, CSSD, LD, seorang ahli gizi dan ahli gizi olahraga.

"Satu cangkir lentil yang dimasak dapat memenuhi hampir setengah dari kebutuhan serat harian Anda.

“Kacang ini juga merupakan makanan serbaguna karena dapat dibuat menjadi vegan, salad gaya Yunani, ditambahkan ke dalam salad sayuran, atau dibuat menjadi berbagai macam sup," tambahnya.

3. Barley

Jika Anda menyajikan Barley dengan takaran ¼ cangkir, kalori yang didapatkan 5, protein 5 gram, dan serat yang dikandungnya gram.

Barley adalah biji-bijian utuh bernutrisi yang menawarkan serat larut dan tidak larut, yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan sistem pencernaan yang sehat. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang seperti kacang menjadikannya tambahan yang bagus untuk sup, semur, dan salad.

Apabila Anda menyajikan Barley dengan takaran ½ cangkir, kalori yang didapatkan 115, protein 9 gram, dan serat yang dikandungnya 8 gram.

Barley juga dapat digunakan sebagai pengganti nasi yang lebih sehat dalam hidangan seperti risotto atau pilaf, menambahkan sentuhan unik sekaligus meningkatkan kandungan nutrisinya," jelas Masi.

4. Edamame

Edamame adalah kedelai muda yang masih berada di dalam kategori Kacang Polong. Menurut penelitian, Edamame adalah sumber isoflavon yang sangat baik, antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu.

Jika Anda menyajikan Kedelai Muda atau edamame dengan takaran ½ cangkir, kalori yang didapatkan 115, protein 9 gram, dan serat yang dikandungnya 8 gram.

"Edamame bukan hanya camilan yang tinggi protein dan serat, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin K dan folat," jelas Moody.

Edamame dapat dinikmati dengan cara direbus atau dikukus dengan sedikit garam, ditambahkan ke dalam salad, atau dimasukkan ke dalam tumisan.

5. Gandum

Gandum mengandung beta-glukan, serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

"Gandum memiliki keunikan karena tidak hanya mengandung satu, tapi dua jenis serat: serat larut dan serat tidak larut.

Kedua jenis serat ini memiliki peran masing-masing. Ini termasuk membantu meningkatkan kontrol gula darah, mendukung pencernaan yang sehat, dan mengatur nafsu makan. Anda bisa menggunakan gandum mentah untuk membuat camilan seperti protein bites atau menambahkannya ke dalam smoothie untuk menambah tekstur, serat, dan kalori jika Anda ingin membentuk otot," kata Moody.

Jika Anda menyajikan Gandum dengan takaran 1 cangkir, kalori: 307 yang didapatkan 11, protein 9 gram, dan serat yang dikandungnya 8 gram.

6. Almond

"Camilan yang enak untuk dimakan di mobil, di meja kerja, atau dalam perjalanan jauh, Kacang Almond adalah sumber serat dan protein yang luar biasa (dan mudah dibawa-bawa)," kata Moody.

Satu ons saja sudah memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin E harian Anda, sebuah antioksidan yang penting. Anda bisa memakan almond sendiri atau sebagai topping pada mangkuk smoothie dan oatmeal.

Jika Anda menyajikan Almond dengan takaran 23 butir kacang almond utuh (28 gram),Anda akan mendapatkan kalori: 164, protein 6 gram, dan serat yang dikandungnya 4 gram. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda dengan membantu menjaga kesehatan sel-sel kulit dan melindungi dari kerusakan dan penuaan kulit. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya