Bekal Sehat Dan Praktis Saat WFO

Gaya Hidup  
Foto: Republika
Foto: Republika

RAMENTEN -- Kondisi pandemi COVID-19 memberikan dampak atas kenormalan baru yang mesti kita jalani. Kenormalan baru untuk tetap aktif bekerja baik dari rumah maupun datang ke kantor hingga menjaga protokol kesehatan. Bahkan asupan makan sehat pun harus kita perhatikan.

Mungkin sebelum pandemi, kita terlalu abai dengan asupan makan siang. Apakah menu makan siang kita termasuk sehat? Atau malah makan dengan menu seadanya di warung atau restoran dekat kantor?

Alih-alih sehat, kadang makan siang yang tidak tepat membuat produktivitas kerja kita menurun karena terlalu tinggi kalori. Akibatnya setelah makan siang, bukannya semangat kerja, malah ngantuk karena asupan makanan yang salah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setiap harinya orang dewasa rata-rata memerlukan energi 2500 kilo kalori (kkal) tergantung dari jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas fisik. Apabila kalori yang dikonsumsi berlebihan maka dapat mengakibatkan peningkatan berat badan serta peningkatan risiko mengidap berbagai macam penyakit.

Yuk, kita buat bekal sehat saat WFO. Selain untuk kesehatan tubuh juga untuk kesehatan kantong. Berikut resep sehat berdasarkan kalori yang diperlukan.

Satu porsi nasi putih setara dengan dua centong nasi penuh mengandung sekitar 175 kkal. Cukup buat konco ramenten. Jangan kelebihan. Semakin banyak nasi, asupan karbohidrat bertambah. Itu yang bikin ngantuk setelah makan.

Sebagai lauk, bisa dicoba steam ayam dan sayuran yang mengandung 200 kkal.

Cara membuat steam ayam ini cukup mudah. Ayam bagian dada tanpa kulit diletakkan dipinggan untuk mengukus dan diberi perasan jeruk nipis. Kemudian diberi parutan 1 siung bawang putih serta 1 ruas jari jahe. Dapat ditambahkan irisan cabe untuk menambah rasa.

Beri sayuran seperti wortel, tomat, buncis, daun bawang seledri. Taburi garam dan lada lalu kukus hingga matang. Ayam kukus akan lebih bergizi dibandingkan dengan ayam yang digoreng.

Selain itu dapat ditambahkan satu butir telur rebus yang mengandung 77 kkal. Serta satu buah jeruk ukuran sedang yang mengandung 62 kkal sebagai pelengkap.

Jadi total menu makan siang konco ramenten sekitar 514 kkal. Hemat di kantong, sehat, dan aman karena makanan yang kita buat sendiri dari rumah.

Sing Nulis: Mbak Rizki Tania

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

RAMENTEN singkatan Rame-rame Nulis Konten. Sing nulis ada Mbak Tania, Mbak Asty, dan Mbak Dian. Selamat menikmati tulisan kami. Monggo di follow yo!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image