is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Mengapa Anda tidak Bisa Mematuhi Pola Makan Sehat

Info Sehat | 2024-04-30 21:55:58
Sumber gambar: Quora

Inilah pendekatan radikal untuk memperbaiki pola makan Anda.

Poin-Poin Penting

· Makan lebih baik membutuhkan kesadaran akan kebutuhan biologis, keinginan psikologis, dan tekanan sosiokultural.

· Jangan mencoba menghilangkan ketegangan alami yang muncul seputar makanan - terima dan jelajahi makanan sebagai hadiah.

· Jujur secara radikal pada diri sendiri dapat membantu seseorang secara sadar mengatur pilihan makannya tanpa menipu diri sendiri.

Bayangkan acara barbekyu khas hari Sabtu bersama teman-teman. Anda tampak lapar dan merasakan ketertarikan terhadap sosis dan iga panggang, yang penuh dengan rasa dan tradisi. Pada saat yang sama, sedikit suara di kepala Anda mengingatkan Anda akan komitmen Anda untuk makan lebih baik.

Sebagian dari Anda menginginkan daging panggang yang beraroma, dan sebagian lagi memahami dampaknya terhadap kesehatan—kelebihan lemak jenuh, kalori, dan saus manis dapat menyebabkan kesehatan yang buruk. Memilih salad mungkin lebih memenuhi target nutrisi Anda, namun hal ini bisa terasa seperti kerugian pribadi dengan mengorbankan kenikmatan dan kepuasan sosial.

Ketegangan ini bukan hanya soal memilih antara makanan “sehat” dan “tidak sehat”; ini tentang menepati janji yang Anda buat untuk diri sendiri. Ini tentang menyelaraskan kebutuhan Anda akan kesehatan dengan keinginan Anda untuk bersenang-senang. Ini tentang tidak merasa terasing dari teman dan tidak harus menjelaskan atau membenarkan pilihan makanan Anda. Dan pada akhirnya, ini tentang mengambil tanggung jawab pribadi terhadap tubuh Anda—jika Anda tidak menjaga diri sendiri, tidak ada orang lain yang akan melakukannya untuk Anda.

Tantangan Makan yang Lebih Dalam

Setelah bekerja dengan banyak klien untuk meningkatkan kebiasaan makan mereka, saya menemukan satu benang merah dalam upaya untuk makan lebih baik:

Ada banyak sekali makanan enak untuk dimakan dan kurangnya kesadaran tentang mengapa dan bagaimana kita memakannya.

Kurangnya kesadaran ini muncul sebagai ketegangan yang tidak kentara namun akrab—yang mendorong dan menarik acara barbekyu. Paling-paling, kita menahan ketegangan ini dengan kikuk, membenarkan pola makan kita, tidak peduli bagaimana hal itu berdampak pada kesehatan atau kesejahteraan kita.

Terkadang, kita mengutamakan kesehatan di pagi hari dan membiarkan nafsu makan di malam hari membawa kita pada hedonisme di malam hari. Di lain waktu, kita mungkin membagi selisihnya dan makan salad dengan burger kita, bukan kentang goreng.

Yang paling buruk, kita membiarkan ketegangan-ketegangan ini memisahkan kita: Kita merasa kecewa karena tidak memenuhi aspirasi kita untuk makan lebih baik, malu karena melakukan “kesalahan” yang sama berulang kali, dan tertekan karena terjerumus ke dalam pola makan berlebihan atau pola makan yang tidak teratur.

Jelasnya, kita membutuhkan pendekatan yang lebih baik yang tidak mengakibatkan kita makan sembarangan atau terguncang oleh dorongan hati kita, terjebak dalam perjuangan Sisyphean untuk membuat pilihan yang baik.

Untungnya, ada pendekatan makan yang lebih baik, dan dimulai dengan premis radikal:

Berhentilah mencoba menghilangkan ketegangan ini.

Sebaliknya, hadirlah untuk pergulatan batin seputar makanan. Hal-hal tersebut bukanlah masalah yang harus dipecahkan, melainkan polaritas yang harus dikelola. Faktanya, semuanya mengandung kebenaran penting tentang pola makan Anda.

Merangkul Ketegangan: Pendekatan Integratif dalam Makan

Bayangkan diri Anda kembali ke pesta barbeque, dan tuan rumah membawakan kue raksasa untuk merayakannya. Itu rasa favorit Anda, dan melihatnya membuat Anda ngiler.

Daripada membuat keputusan impulsif yang kemudian Anda sesali, Anda berhenti sejenak dan mempertimbangkan tiga hal: Bagaimana saya mengelola realitas biologis, psikologis, dan sosial saya?

Realitas Biologis: Pola makan tertentu—kelebihan gula dan lemak olahan ditambah dengan kekurangan serat dan fitokimia—dapat memicu kanker, diabetes, dan gangguan metabolisme. Tidak ada satu kali makan pun yang menyebabkan penyakit. Namun, mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun pasti akan memperburuk kesehatan.

Realitas Psikologis: Kue itu enak. Mengidam itu nyata. Perasaan emosi positif hanya tinggal satu gigitan saja. Ditambah lagi, ini adalah momen perayaan, jadi mengapa tidak? Pada saat yang sama, apa yang mungkin dipikirkan orang lain? Apakah saya akan merasa canggung menahan kue jika orang lain sedang makan? Apakah saya takut dihakimi oleh orang lain?

Realitas Sosiokultural: Dalam budaya fatfobia, semakin Anda menyimpang dari idealisme, semakin banyak stigma dan diskriminasi yang akan Anda hadapi. Menambah berat badan dipandang sebagai kegagalan pribadi dalam mengatur banyaknya makanan yang enak dan enak. Kue diberi label “menggemukkan”; oleh karena itu, tidak dapat diterima jika Anda kelebihan berat badan atau sedang mencoba menurunkan berat badan. Anda merasa tertekan untuk menyesuaikan diri dengan narasi dominan seputar kesehatan, kecantikan, dan pola makan bersih, baik Anda setuju atau tidak.

Kebijaksanaan untuk makan enak dimulai dengan mengakui dan menerima semua kebenaran ini, tidak peduli betapa sulitnya menerima kebenaran tersebut.

Misalnya, jika Anda memutuskan ingin makan kue, apakah Anda melakukannya karena Anda benar-benar ingin mencicipi rasanya? Atau apakah Anda didorong oleh kebutuhan untuk menyesuaikan diri dan tidak merasa canggung?

Jika Anda memutuskan untuk tidak makan kue, apakah Anda melakukannya karena Anda benar-benar khawatir akan pengaruhnya terhadap gula darah Anda? Atau apakah Anda takut menjadi gemuk dan merasa tidak mampu dibandingkan dengan norma sosial yang diidealkan?

Tidak ada jawaban yang “benar”. Semua hal di atas mungkin benar.

Faktanya, semua hal di atas kemungkinan besar benar—dan itulah intinya!

Ketika Anda mulai memperhatikan dan menyebutkan ketegangan-ketegangan ini tanpa berusaha menghilangkannya, Anda bisa mulai mendapatkan kembali kekuatan Anda sebagai seorang pemakan.

Menyebutkan ketegangan yang Anda rasakan membutuhkan kejujuran pada diri sendiri. Anda harus melambat dan menjadi penasaran dengan kebenaran subjektif dan objektif yang Anda hadapi.

Pada akhirnya, Anda tidak membuat pilihan tentang kue. Anda sedang mempraktikkan cara baru untuk menyendiri saat berada di sekitar makanan—cara mengelola realitas biologis, psikologis, dan sosiokultural Anda dengan sebaik mungkin.

Bagian terbaiknya adalah pendekatan ini tidak terbatas pada kue atau barbekyu. Anda dapat berlatih secara sadar memberi nama dan mengelola polaritas ini setiap kali makan.

Memberi Nama, Mengklaim, dan Mengambil Tanggung Jawab

Kebanyakan diet gagal karena bertentangan dengan beberapa aspek realitas. Mereka berpura-pura nafsu makan Anda tidak diatur oleh emosi atau bahwa tekanan sosiokultural untuk makan dan berpenampilan tertentu tidaklah penting. Semua hal ini penting dalam hal memberi makan diri Anda sendiri, dan sampai Anda dapat memahami kompleksitas dari berbagai perspektif ini, Anda tidak akan pernah bisa mengatasinya.

Penting untuk dicatat bahwa hanya karena dimensi ini nyata tidak berarti dimensi tersebut benar. Keyakinan fatfobia tidak adil. Budaya pola makan kita saat ini mendiskriminasi orang yang bertubuh lebih besar. Saya yakin kita perlu terus memperjuangkan keadilan dan kesetaraan untuk semua ukuran dan bentuk tubuh; Namun, kita tidak bisa membuang bayi bersama air mandi dan berpura-pura bahwa cara kita makan tidak penting.

Begitu Anda jujur pada diri sendiri tentang alasan Anda makan dan ketegangan yang Anda rasakan, pengetahuan diri ini akan menjadi data untuk digunakan, bukan arahan yang membuat Anda tersentak. Menerima bahwa ketegangan untuk makan dengan cara tertentu akan selalu ada memungkinkan Anda bertanggung jawab atas apa yang Anda masukkan ke dalam mulut tanpa terlibat dalam penipuan diri sendiri atau pemikiran magis.

***

Solo, Selasa, 30 April 2024. 9:40 pm

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya