is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Upaya Memberantas Narkoba dari Kampus

Info Terkini | 2024-04-24 07:58:44
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Talkshow Rehabilitasi Goes to Campus (Dok. Istimewa)

Fenomena penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini kerap naik daun terutama di kalangan generasi muda. Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia menyebutkan bahwa sebelum tahun 2019, prevalensi narkotika di kalangan pelajar dan mahasiswa hanya mencapai 1,1%, tetapi setelah tahun 2021 meningkat menjadi 1,38%.

Menyoroti hal tersebut, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Pusat Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan (PKK) Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DI Yogyakarta dalam program Rehabilitasi Goes to Campus pada 28 Maret 2024.

Kegiatan ini disiarkan secara langsung dari YouTube. Tak hanya narasumber yang berasal dari BNNP DIY, dosen Program Studi Bimbingan Konseling (Prodi BK) UAD juga turut berpartisipasi yakni Mufied Fauziah, M.Pd.

Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor V Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD dalam sambutannya mengungkapkan bawa talkshow Rehabilitasi Goes to Campus merupakan bentuk kerja sama antara perguruan tinggi dengan BNNP setempat.

“Institusi pendidikan berdasarkan peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta dibebani untuk sama-sama bertanggung jawab menyediakan layanan termasuk juga menyiapkan Satuan Gugus Tugas (SATGAS) yang bisa membantu dalam proses 4 PGN (pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba),” ungkapnya.

Kemudian, Konselor Adiksi Ahli Muda BNNP DIY yakni apt. Ari Sutyasmanto, S.Far. melanjutkan, “Program ini merupakan wujud inovasi dari BNNP DIY untuk menggandeng beberapa kampus yang ada di Yogyakarta sebagai upaya tindak lanjut terhadap maraknya kasus narkotika di usia produktif. Salah satu faktor penyebabnya adalah kondisi geografis Indonesia yang terbuka sehingga narkoba bisa beredar luas dengan mudah.” (ish)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya