is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Virgano TS

Bersyukur: Seni Menemukan Ketenangan dalam Kehidupan

Agama | 2024-04-23 19:41:36
Ilustrasi Bersyukur. Source: https://www.pexels.com/search/pray%20moslem/

Pemberian dan berkah Allah tidak terhitung. Kesehatan, keluarga, pekerjaan, dan kesempatan hidup adalah beberapa nikmat yang diberikan kepada manusia. Seringkali, orang melupakan untuk bersyukur atas semua yang mereka miliki karena terlalu sibuk dan terlalu terbebani dengan rutinitas kehidupan sehari-hari. Untuk menjalani kehidupan yang penuh makna dan kebahagiaan, sikap bersyukur sangat penting.

Bersyukur tidak hanya mengucapkan terima kasih. Tetapi bisa juga dengan mengakui dan mensyukuri secara mendalam apa yang telah Anda terima. Bersyukur akan menenangkan seseorang. Menerima bahwa setiap pengalaman, baik yang buruk maupun yang baik, memiliki pelajaran dan nilai yang dapat dipelajari, membuat seseorang lebih mudah menerima apa yang terjadi dalam hidupnya.

Selain itu, bersyukur mendorong seseorang untuk melihat dunia dari sudut pandang yang positif. Dengan bersyukur, seseorang akan mampu menghargai setiap momen kebahagiaan kecil dalam hidupnya, yang memungkinkan mereka untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih tabah. Kebiasaan bersyukur juga akan memungkinkan seseorang untuk menumbuhkan optimisme dan harapan ditengah kesulitan.

Dilain sisi, bersyukur membuat seseorang lebih rendah hati dan peka terhadap apa yang dibutuhkan orang lain. Seseorang akan lebih memahami pentingnya berbagi dengan sesama dan membantu mereka yang membutuhkan setelah menyadari jumlah anugerah yang luar biasa yang telah mereka terima. Hal ini berkontribusi pada pembentukan kepedulian sosial, solidaritas, dan rasa saling menghargai dalam komunitas.

Namun, manusia seringkali terjebak dalam tantangan dan kesibukan dalam kehidupan sehari-hari yang membuat mereka lupa bersyukur. Kehidupan yang serba cepat dan tekanan konstan dapat membuat seseorang terlena dengan semua jenis kecemasan, kekecewaan, dan ketidakpuasan. Akibatnya, sangat penting untuk selalu mengingatkan diri sendiri akan pentingnya bersyukur dan membuat waktu untuk berpikir dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu cara untuk menjadi lebih bersyukur adalah dengan memperhatikan dan mencatat hal-hal baik yang terjadi dalam hidup sehari-hari. Menghabiskan waktu untuk berdoa dan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan juga dapat membantu meningkatkan rasa bersyukur Anda.

Ilustrasi Bersyukur. Source: https://www.pexels.com/search/grateful/

Dengan bersyukur, seseorang dapat melihat kebaikan di balik setiap tantangan, menemukan manfaat di balik setiap tantangan, dan merasakan kebahagiaan dalam setiap momen kehidupan. Bersyukur adalah seni menemukan ketenangan pikiran ditengah rutinitas dan stres hidup. Akibatnya, marilah kita berkumpul untuk merenungkan dan bersyukur atas segala anugerah yang telah diberikan kepada kita, sehingga kita dapat membangun kehidupan yang lebih penuh makna dan berkat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya