Peran Platform LinkedIn Bagi GenZ dalam menguatkan Modal Sosial
Teknologi | 2024-04-20 09:26:46Generasi Z (juga dikenal sebagai Generasi Z) adalah kelompok populasi yang terdiri
dari orang-orang yang lahir antara pertengahan tahun 1990an dan awal tahun 2010an. Mereka
tumbuh dan berkembang di era digital yang ditandai dengan pesatnya perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi. Secara global, Mereka menganggap teknologi sebagai
bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari mereka, dengan akses yang lebih luas ke
internet dan platform media sosial daripada generasi sebelumnya. Penggunaan media sosial
telah menjadi aspek penting dalam membentuk identitas mereka, mempengaruhi cara
berpikir, perilaku, dan interaksi sosial.
Tertulis dalam jurnal berjudul ‘The Rural School Community Centre’ (Hanifan,
1916:130) Hanifan mengatakan modal sosial bukanlah modal dalam arti biasa seperti harta
kekayaan atau uang, tetapi lebih mengandung arti kiasan, namun merupakan aset atau modal
nyata yang penting dalam hidup bermasyarakat. Menurutnya, dalam modal sosial termasuk
kemauan baik, rasa kepercayaan, rasa bersahabat, saling simpati, serta hubungan sosial dan
kerjasama yang erat antara individu dan keluarga yang membentuk suatu kelompok sosial.
Oleh karena itu penting bagi GenZ dalam membuat modal sosial yang baik bagi mereka.
Dalam Pemanfaatannya Media sosial telah mengubah tempat komunikasi dan
interaksi sosial. Generasi Z tidak hanya konsumen, tetapi juga pencipta konten di platform
seperti Instagram, TikTok, Twitter, Snapchat, dan LinkedIn. Mereka mampu menyampaikan
gagasan, kreativitas, dan pandangan melalui foto, video, dan bahkan menjadi sarana untuk
mengembangkan karir. Hal ini memberi mereka peluang untuk mengekspresikan diri dan
membangun modal sosial yang baik.
Salah satu platform sosial media yang dapat memperluas jaringan profesional mereka,
membangun reputasi online, dan mengembangkan keterampilan interpersonal yang
diperlukan dalam dunia karir yaitu LinkedIn. Dalam LinkedIn, GenZ mendapatkan manfaat
tentang karir, berbagai macam pekerjaan yang tidak terikat dengan jam kerja, lokasi waktu,
seperti kerja dari rumah atau remote work. Beberapa kelebihan yang bisa dimanfaatkan
melalui platform tersebut yaitu :
1. Sarana Mengumumkan Lowongan Pekerjaan
Dalam Platform tersebut LinkedIn mengklaim bahwa mereka sudah mempunyai lebih
dari 10 juta lebih lowongan pekerjaan yang masih aktif. oleh karena itu
memanfaatkan lowongan pekerjaan sekaligus mencari peluang bisnis menjadi lebih
cepat.
2. Sarana Mencari Pekerjaan yang berkualitas
Perusahaan dalam mendapatkan tenaga kerja yang profesional memang sudah tak
terelakan lagi, mengingat pada waktu kini persaingan tenaga kerja semakin ketat.
Dampak dari persaingan yang ketat itulah sumber daya manusia yang berkualitas
menjadi aset yang berharga. Maka dari itu manfaatkan platform ini sebagai branding
diri sendiri demi membuka peluang kerjasama yang lebih luas.
3. Sarana Marketing B2B
Marketing B2B atau business to business merupakan istilah praktik pada pemasaran
suatu bisnis, dimana sebuah korporasi mencoba untuk memasarkan produknya
Muhamad Akbar Saputra - Mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi FEB UB
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.