is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Marsha Adinda

Peran CSR Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19

Info Terkini | 2022-01-16 22:04:28

Tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) merupakan suatu konsep bahwa organisasi memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan seperti terhadap masalah-masalah yang berdampak pada lingkungan seperti polusi, limbah, keamanan produk dan tenaga kerja. Pengertian CSR dapat dilihat dalam Undang-Undang nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) pasal 1 ayat 3 yang menyatakan sebagai berikut : “Tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.”

Saat ini penting bagi perusahaan untuk mengembangkan rencana yang berfokus pada tanggung jawab social perusahaan (CSR) dan secara berkelanjutan. Kegiatan CSR ini memasukkan kepedulian lingkungan dan social ke dalam bisnis perusahaan. Eksistensi perusahaan berpeluang besar untuk dapat mengubah lingkungan masyarakat, baik ke arah negatif maupun positif. Dengan demikian, perusahaan perlu mencegah hadirnya dampak negatif karena hal tersebut dapat memicu hadirnya konflik dengan masyarakat yang selanjutnya dapat berdampak dan mengganggu operasional perusahaan dan aktifitas masyarakat.

Mengingat sekarang ini dunia sedang dihadapkan oleh Pandemi Covid-19 yang muncul pertama kali dari Kota Wuhan, China. Pandemi COVID-19 menimbulkan beragam kesulitan bagi semua orang, terutama bagi kelompok-kelompok masyarakat yang paling terdampak, seperti warga tak mampu, lansia, penyandang disabilitas, dan banyak lagi. Karena itu rasa peduli kepada sesama harus terus ditumbuhkan dan dipupuk selama masa pandemi ini. Pandemi virus Covid-19 ini menjadi sebuah masalah baru yang dihadapi oleh banyak negara di dunia karena virus ini memaksa banyak negara untuk melakukan kebijakan, diantaranya seperti lockdown ataupun work from home untuk mengurangi tingkat penyebarannya yang sangat cepat. Situasi pandemi virus Covid-19 ini juga mempengaruhi banyak sektor-sektor kehidupan yang ada mulai dari sektor kesehatan yang kewalahan menghadapi pandemi ini, lalu sektor ekonomi dan juga pendidikan.

Pada saat situasi pandemi seperti ini, harus banyak pihak yang berkontribusi untuk menanggulangi pandemi virus Covid-19 ini, termasuk perusahaan dengan CSR mereka, banyak perusahaan di Indonesia sedikit mengubah haluan tanggung jawab sosial perusahaan mereka untuk membantu mereka yang terdampak dan dalam upaya pencegahan pandemi virus Covid-19 ini. Situasi pandemi Covid-19 saat ini pun memaksa perusahaan untuk beradaptasi dengan keadaan yang tidak menentu seperti ini, karena pandemi Covid-19 ini berdampak pada pelaksanaan CSR bagi beberapa perusahaan. Pada masa pandemi ini, banyak perusahaan harus menghitung ulang seluruh rancangan program CSR yang telah disiapkan untuk masa mendatang, karena pandemi ini memberikan efek terhadap sasaran penerima dari CSR yang semakin meluas. Efek dari pandemi ini membuat roda ekonomi di Indonesia cukup terhambat dikarenakan kebijakan pemerintah memberlakukan PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang membuat masyarakat melakukan aktivitas dari rumah dan anjuran untuk tetap dirumah. Dibutuhkan juga kerjasama yang kooperatif dari para perusahaan tersebut untuk membantu usaha pemerintah dalam upaya untuk menanggulangi mengatasi pandemi Covid-19 yang ada di Indonesia.

Terutama dimasa Pandemi Covid-19 saat ini diperlukan upaya pengembangan masyarakat melalui program pemberdayaan. Adanya pandemi saat ini menimbulkan gejolak yang luar biasa, termasuk menurunnya pertumbuhan ekonomi masyarakat. Maka di perlukan upaya yang dapat dilakukan, upaya tersebut dapat diwujudkan dengan mengimplementasikan CSR. Kebijakan CSR setiap perusahaan tentunya perlu melalui strategi yang telah disesuaikan dengan potensi dan lingkungan masyarakat. Pengembangan melalui pemberdayaan diharapkan mampu membangun kesadaran masyarakat untuk maju sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi. Dengan keberlanjutan implementasi CSR diharapkan dapat mengurangi bahkan menghapus kesengjangan sosial atau potensi konflik yang mungkin dapat timbul antara masyarakat dengan pihak perushaan saat pandemi seperti ini. Peran perusahan dalam mengimplementasi CSR di era Pandemi Covid-19 harus tepat sasaran, mengingat manfaat yang di rasakan oleh masyarakat khususnya UMKM dalam krisis perekonomian saat ini. Peran perusahaan dalam memberikan dampak positif pun sebagai tanggung jawab sosial sangat penting bagi perusahaan itu sendiri.

Author : Marsha Adinda Wardani

Universitas Muhammadiyah Jakarta

  • #
  • Disclaimer

    Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

    Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

    × Image

    Ikuti Berita Republika Lainnya