is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pesatnya Kemajuan Ekonomi Industri Halal di Indonesia

Ekonomi Syariah | 2024-04-19 21:58:13

Belakangan ini kawasan industri halal mulai bermunculan di Indonesia. Industri halal sendiri merujuk pada semua sektor ekonomi yang mempunyai kaitan dengan produksi, distribusi, dan penyediaan produk dan layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip halal dalam Islam. Istilah halal dalam Islam mengacu pada segala hal yang diperbolehkan atau diizinkan oleh hukum agama Islam.

Dalam konteks ini, ekonomi industri halal mencakup bermacam-macam sektor industri antara lain makanan dan minuman, farmasi dan kesehatan, kecantikan, keuangan, pariwisata, dan lainnya. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa produk dan jasa yang diproduksi dan dikonsumsi oleh umat Islam telah memenuhi standar halal dan sesuai dengan ajaran agama.Selain itu, ekonomi industri halal juga mencakup upaya untuk mendorong inovasi, pengembangan teknologi, dan perdagangan dalam kerangka yang konsisten dengan prinsip-prinsip halal. Hal ini mencakup sertifikasi halal, pengembangan infrastruktur halal, promosi produk halal, dan pengembangan pasar global untuk produk dan layanan halal.

Penyebab dari majunya kemajuan ekonomi industri halal di Indonesia sendiri dikarenakan oleh beberapa hal antara lain adalah 2 hal dibawah:

1. Besarnya populasi penduduk Indonesia yang menganut agama Islam, tahun 2024 sendiri tercatat penduduk Indonesia yang memeluk agama Islam kurang lebih 236 juta jiwa. Yang otomatis konsumen produk barang dan jasa halal jadi meningkat.

2. Banyaknya potensi industri halal yang bisa dikembangkan dan di ekspor ke luar negeri, terbukti Indonesia menjadi negara peringkat 4 eksportir ke Negara-negara Organisasi Kerjasama Islam(OKI).

Bukti bahwa Ekonomi Industri Halal di Indonesia mengalami kemajuan adalah. Pada tahun 2021 sektor industri halal food meningkat pesat di global hingga menempati posisi kedua. Bahkan pada tahun 2020 nilai ekspor industri halal food mencapai 7,83 Miliar dolar AS. Bukti lainnya adalah mulai banyaknya industri kecantikan seperti alat mandi dan kosmetik yang mulai peduli dengan kehalalan produknya dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang mulai kritis tentang kehalalan suatu produk contohnya adalah merk wardah yang mempunyai slogan halal dari awal.

Oleh karena itu pemerintah perlu untuk juga berfokus kepada ekonomi industri halal di Indonesia, karena hal itu dapat menjadi faktor utama dalam meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal itu dapat diawali dengan memudahkan regulasi tentang ekonomi industri halal, meningkatkan edukasi tentang ekonomi industri halal khususnya kepada penduduk muslim di Indonesia. Dengan hal itu diharapkan ekonomi industri halal di Indonesia akan terus mengalami peningkatan di setiap waktunya.

Muhammad Ubay Ad Durari

Departemen Ilmu Ekonomi

Universitas Brawijaya

Indonesia

Email : mubayaddurari@student.ub.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya