Muslim Yaman, Orang Pertama yang Mengolah Kopi

Sejarah  
Sumber foto: edobarista.com
Sumber foto: edobarista.com

JAKARTA — Sebagai minuman favorit di semua benua, tentu tidak mudah merunut asal muasal penemuan kopi. Sehingga tidak heran, banyak sekali versi tentang siapa sebenarnya, orang pertama yang mengolah kopi.

Sekalipun banyak cerita tentang asal muasal kopi. Tetapi dari sekian versi tentang asal muasal kopi, ada satu benang merah yang bisa ditarik, bahwa perkembangan kopi juga berkait erat dengan era kejayaan Islam.

Salah satu cerita yang banyak dipercaya adalah kisah Sheikh Omar, yang disebut sebagai orang pertama pengolah buah kopi. Dikisahkan, Sheikh Omar adalah seorang sufi dan juga tabib dari Kota Al-Mocha di Yaman. Sheikh Omar diusir oleh penguasa setempat karena tak disenangi warga kota tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga:

Saat Kopi Disebut Minuman Orang Kafir

Cappucino, Cafe Latte, Flat White dan Macchiato, Apa Bedanya?

Setelah berjalan tak tentu arah, Sheikh Omar di suatu wilayah Ethiopia. Di sana ia menemukan tanaman perdu yang berbuah merah. Ia mengira buah itu bisa dimakan, ia pun memetik dengan maksud dijadikan bekal.

Saat lapar, Sheikh Omar memakannya. Tapi ia mendapatkan rasa pahit dari buahnya. Meski demikian buah itu tidak beracun. Mulailah ia memikirkan cara untuk bisa mengonsumsi ceri kopi.

Awalnya, buah itu dibakar, namun ia tetap tidak bisa mengkonsumsi biji buah karena keras. Tak putus asa, Sheikh Omar selanjutnya mencoba merebus biji buah yang telah dibakar tadi. Tetapi lagi-lagi ia tidak bisa memakannya karena tetap keras.

Di tengah keputusasaan, Sheikh Omar mencium aroma harum dari air rebusan biji itu. Setelah meminum, ternyata air rebusan biji kopi itu memberikan rasa nikmat. Dan yang mengejutkannya, air rebusan berwarna coklat itu memberikan efek semangat dan energi bagi dirinya, yang saat itu telah lelah berjalan.

Penasaran dengan apa yang dirasakannya, Sheikh Omar kembali memetik buah kopi yang berwarna merah. Kali ini buah tersebut dikupasnya hingga menyisakan biji buah. Selanjutnya biji tersebut dipanggang dan baru direbus. Percobaan kedua ini ternyata memberikan rasa yang lebih nikmat dan sensasi energi yang sama, seperti yang dirasakannya saat pertama kali meminum air rebusan biji kopi.

Sheikh Omar menjadi salah satu kisah yang dipercaya mengenai awal manusia mengolah biji kopi menjadi minuman. Selanjutnya Sheikh Omar kembali ke Mocha dan memperkenalkan temuannya ke masyarakat setempat. Minuman tersebut segera menjadi popular.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image