is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gayatri Widyanirwasita

Pentingnya Mengelola Risiko dalam Berinvestasi

Bisnis | 2024-04-19 15:36:39

Pengelolaan risiko dalam berinvestasi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Investasi merupakan salah satu langkah yang baik untuk mengelola dan mengembangkan aset yang dimiliki untuk mencapai kematangan finansial di masa depan. Namun, investasi merupakan kegiatan yang penuh dengan ketidakpastian, maka dari itu apabila investasi dilakukan tanpa pengelolaan yang tepat dapat mengakibatkan kerugian. Oleh karena itu, pengelolaan risiko menjadi aspek penting yang harus diperhatikan dengan cermat sebelum melakukan investasi.

Sumber Gambar : CIMB Niaga.

Pengelolaan risiko dalam berinvestasi tidak hanya menghindari terjadinya kerugian, tetapi lebih kepada mengelola potensi terjadinya kerugian saat berinvestasi dan memaksimalkan keuntungan. Dalam pengelolaan risiko investasi, seorang investor harus memperhatikan beberapa poin penting. Langkah pertama, seorang investor harus memahami seberapa besar toleransi risiko diri mereka dan juga harus mengenali apa saja risiko yang dapat terjadi dalam berinvestasi. Lalu selanjutnya, seorang investor harus melakukan diversifikasi.

Diversifikasi merupakan langkah yang tepat bagi seorang investor untuk meminimalisir terjadinya kerugian dalam berinvestasi. Diversifikasi yaitu melakukan investasi dengan cara menyebar dana di berbagai jenis aset, seperti properti, saham, dan obligasi. Dengan melakukan diversifikasi, seorang investor dapat meminimalisir potensi terjadinya kerugian yang disebabkan oleh kinerja buruk pada salah satu sektor.

Selain melakukan diversifikasi, seorang investor juga harus mempertimbangkan jangka waktu investasi mereka. Semakin lama jangka waktu investasi, semakin besar pula kemungkinan untuk mengatasi fluktuasi pasar dan potensi mendapatkan keuntungan lebih besar.

Namun, harus selalu diingat bahwa investasi merupakan kegiatan yang penuh dengan ketidakpastian. Maka dari itu, sebagai investor yang hendak berinvestasi harus selalu bersiap dengan semua ketidakpastian yang akan terjadi di masa depan. Dikarenakan pasar akan selalu bergerak dalam siklus yang tak terduga dan memiliki dampak terhadap portofolio investasi.

Dengan melakukan beberapa pengelolaan risiko yang sudah disebutkan di atas, maka investor dapat meminimalisir kerugian yang akan terjadi di masa depan. Pengelolaan risiko merupakan langkah penting dari proses investasi. Dengan pengelolaan risiko yang baik, seorang investor dapat meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan mereka.

Penulis : Gayatri Widyanirwasita-Mahasiswa Ilmu Ekonomi, FEB UB.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya