is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Chevien Dhamhudy

Ketergantungan India terhadap Mika: Analisis Dampak Eksploitasi SDA oleh Negara Maju

Politik | 2024-04-18 15:44:21

Ketergantungan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial di India adalah isu yang sangat penting, terutama dalam hal mengurangi ketimpangan dan membangun ekonomi yang lebih berkelanjutan. Ketergantungan India pada sumber daya alam tertentu, seperti air bersih dan pangan, mempengaruhi pembangunan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial di negara tersebut.

India merupakan salah satu negara yang sangat tergantung pada sumber daya alam, seperti air bersih dan pangan. Kebanyakan wilayah India terletak di bawah permukaan, yang membuat air bersih sulit diperoleh. Kondisi ini membuat banyak orang India tergantung pada sumber daya alam, seperti sungai, yang dapat menjadi sumber daya alam yang mudah diakses.

Penggunaan sumber daya alam di India juga mempengaruhi pembangunan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial. Penggunaan air bersih yang tidak teratur dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan kesejahteraan sosial. Hal ini disebabkan oleh kekurangan infrastruktur yang efisien untuk membangun dan mengelola sumber daya alam.

Ketergantungan India pada pangan juga sangat penting, terutama dalam hal meningkatkan kesejahteraan sosial. Pangan adalah salah satu kebutuhan pokok yang tidak dapat dijangkau oleh semua orang, yang menyebabkan banyak orang India tergantung pada pangan yang diimpor. Ketergantungan ini dapat meningkatkan harga pangan, yang kemudian dapat mengakibatkan ketimpangan sosial.

Kebijakan pemerintah India juga dapat mempengaruhi ketergantungan negara tersebut pada sumber daya alam. Pemerintah India dapat mengatur penggunaan sumber daya alam yang lebih efisien dan berkelanjutan, seperti melakukan pengelolaan air bersih yang lebih efisien dan membangun infrastruktur yang dapat membantu mengelola sumber daya alam.

Konsep teori ketergantungan dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana eksposisi sumber daya alam yang lebih tinggi dapat mempengaruhi pembangunan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial di negara tersebut. Konsep ini menjelaskan bahwa negara yang lebih tergantung pada sumber daya alam dapat lebih mudah terpengaruh oleh perubahan ekonomi global.

Eksploitasi sumber daya alam oleh negara-negara maju dapat mempengaruhi pembangunan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial di negara tersebut. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti penggunaan sumber daya alam yang tidak teratur, kekurangan infrastruktur, dan kekurangan investasi.

India dikenal dengan satu satunya negara penghasil mika murni tersebar di dunia. Permintaan konsumsi mika yang sangat tinggi karena perkembangan industry kosmetik saat ini sedang menjulang tinggi. Salah satu target market internasional di bidang kosmetik dari perdagangan mika ini adalah Kanada. Dari hubungan kedua negara tersebut, dapat dikatakan bahwa hubungan kerjasama ekonomi, khususnya pada sektor pertambangan mika, antara India dan Kanada membentuk tingkatakan struktur negara sesuai dengan kajian World System Theory.

Meskipun dengan prospek dan nilai guna dari mika yang sangat tinggi yang menyebabkan India menjadi pemasok mika terbesar di pasar global, disebutkan pula bahwa buruh tambang mika di kedua wilayah tersebut hidup dengan kondisi yang tidak layak, seperti kurangnya fasilitas publik yang memadai hingga lingkungan kerja yang tidak aman. Dependensi India ditunjukkan dengan tambang mika yang tidak memiliki mekanisme perdagangan mika dengan jelas. Ketidakjelasan dari mekanisme perdagangan mika pun menjadi celah untuk mafia semakin mengeksploitasi mika-mika tersebut, sehingga harga awal mika dapat dibeli dengan semurah mungkin oleh pedagang lokal, dan dijual kembali dengan harga yang jauh lebih mahal.

Pada dasarnya pemerintah India telah menetapkan status illegal dalam kegiatan pertambangan mika demi mengurangi penggundulan hutan. Namun, di sisi lain, Undang-Undang Bihar Mika tahun 1957 yang memungkinkan adanya perdagangan resmi mika-mika yang telah diolah tersebut. Ketegasan pemerintah dalam mengatur bagaimana kegiatan pertambangan mika di India, dapat dikatakan bahwa tujuan dan kepentingan yang dimiliki dari setiap kebijakan saling berbenturan. Maka, status legalitas tambang mika pun dipertanyakan oleh masyarakat India. Selain itu, pekerja tambang pun menghadapi kesulitan dalam memahami sistem, regulasi, dan mekanisme dari pasar pertambangan mika tersebut, serta tingginya angka kecelakaan kerja yang terjadi sebagai akibat kurangnya pengamanan dalam kawasan pertambangan.

Untuk mengurangi ketergantungan India pada sumber daya alam, pemerintah India dapat mengatur penggunaan sumber daya alam yang lebih efisien dan berkelanjutan, seperti melakukan pengelolaan air bersih yang lebih efisien dan membangun infrastruktur yang dapat membantu mengelola sumber daya alam. Selain itu, pemerintah dapat menggalakkan investasi yang dapat membantu mengurangi ketergantungan negara tersebut pada sumber daya alam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya