is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Irfan Atha Andika

Peran Ilmu Fisika di Dunia Medis

Teknologi | 2024-04-17 22:03:12

Surabaya - Fisika merupakan cabang dari ilmu alam yang mempelajari mengenai sifat, struktur, dan interaksinya terhadap alam semesta melalui berbagai fenomena yang terjadi serta aturan yang berlaku. Fisika sendiri merupakan ilmu yang luas karena membahas dari benda berukuran terkecil yaitu subatomik, hingga benda-benda di luar angkasa dan semesta. Fisika mempunyai peran yang penting dalam bidang medis. Ilmu fisika digunakan untuk memahami tentang fenomena-fenomena yang terjadi di dalam tubuh manusia serta dalam melakukan diagnosis dan juga pengobatan.

CT Scan. Sumber : https://dximaging.com/services/ct-scans/

Dengan adanya ilmu fisika, dunia medis memiliki kemajuan yang substansial. Fisika dapat menjelaskan fenomena-fenomena penting dalam bidang kesehatan seperti contohnya dinamika fluida cairan tubuh, suhu tubuh, dan sebagainya. Para dokter juga dapat melaksanakan diagnosis yang lebih akurat dan efektif dengan menggunakannya teknologi-teknologi yang menggunakan prinsip ilmu fiska untuk melihat struktur serta kondisi internal tubuh pasien seperti USG (Ultrasonography) yang memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang akan dipantulkan jika bertemu dengan jaringan berbeda, CT Scan (Computed Tomography) yang menggunakan sinar-X yang gelombangnya dapat melewati tubuh pasien dari berbagai sudut, dan MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang memanfaatkan medan magnet yang kuat serta atom hidrogen yang merupakan penyusun utama dari tubuh kita

Ilmu fisika juga dapat digunakan untuk mengembangkan pengobatan-pengobatan. Dengan teknologi yang dikembangkan seperti radioterapi. Raditerapi merupakan tindakan pengobatan medis yang dilakukan dengan menggunakan radiasi untuk mematikan sel-sel kanker yang berada di tubuh pasien. Terapi ini menggunakan instrumen LINAC (Linear Accelerator) yang menggunakan prinsip radiasi sinar-X dan juga sinar Gamma dan partikel-partikel lainnya untuk mematikan sel-sel kanker secara non-invasif atau tanpa menyebabkan terjadinya efek samping yang fatal pada jaringan sehat disekitarnya.

Dunia medis merupakan salah satu sektor bidang yang terlus meneurt berkembang dan menawarkan berbagai peluang karir. Para lulusan fisika dapat meneruskan pendidikan profesi untuk menjadi seorang fisikawan medis. Dilansir dari website resmi AFISMI (Aliansi Fisikawan Medis Indonesia), peran fisikawan medis di dunia medis sangatlah penting dikarena risiko yang ada dari penggunaan alat medis menggunakan radiasi yang dapat membahayakan kesehatan.

Diperlukannya pihak yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam memastikan bahwa radiasi yang diberikan tergolong aman dan lebih banyak memberikan manfaat ketimbang risiko. Ilmu Fisika Medis dan profesi fisikawan medik hadir untuk mengupayakan hal itu dengan cara melaksanakan dan mengembangkan metode penjaminan kualitas dari segi keamanan dan kelayakan peralatan radiasi medis secara utuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya