is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Meitalia Trihapsani

Inflasi pada Harga Sembako di Masyarakat dan Realitas Ekonomi

Politik | 2024-04-17 13:17:20
https://images.app.goo.gl/bHXsmXRHgXmF1bgt7

Inflasi pada harga sembako bisa sangat mempengaruhi masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah. Ini bisa mengurangi daya beli dan menimbulkan ketidakstabilan ekonomi. Untuk memahami realitas ekonomi, perlu diperhatikan faktor-faktor ekonomi dalam harga sembako di masyarakat.

Dampak dari adanya inflasi adalah menurunnya kesejahteraan masyarakat dan stabilitas perekonomian di masyarakat. Saat ini, inflasi masih menjadi permasalahan ekonomi yang dihindari setiap orang di dunia. Inflasi berpengaruh dalam menentukan harga barang di pasar secara keseluruhan.

Yang paling sering mengalami kenaikan harga biasanya adalah beras, yang dapat memicu bahan pokok lain mengalami kenaikan harga. Sehingga banyak masyarakat mengeluh karena tidak dapat membeli bahan makanan seperti sebelum harganya naik. Kenaikan harga bahan pokok sangat dirasakan oleh rakyat menengah kebawah.Penyebab meroketnya harga diantara lain, karena kurangnya stok pangan, terjadi kekeringan, serangan hama, distribusi yang tidak merata, sampai terjadinya penimbunan barang.Kenaikan harga pangan ini perlu mendapat perhatian dan fokus utama dalam agenda kerja pemerintah.

Kenaikan harga bahan pokok merupakan salah satu pengaruh terhadap perekonomian masyarakat.Yang paling sering mengalami kenaikan harga biasanya berpengaruh terhadap bahan pokok lain mengalami kenaikan. Banyak masyarakat mengeluh karena tidak dapat membeli bahan makanan seperti saat sebelum harganya naik.

Kenaikan harga bahan pokok sangat dirasakan oleh rakyat menengah kebawah, sedangkan untuk rakyat menengah keatas tidak begitu merasakan karena mereka masih mampu untuk membelinya.Kenaikan harga ini yang akan memicu naiknya tingkat kemiskinan di Indonesia.

Meroketnya harga bahan pangan bukanlah kali pertama. Sehingga hal ini terus terjadi berulang kali.Penyebab meroketnya salah satunya yaitu seperti terjadinya penimbunan barang.

Solusi dari terjadinya inflasi terhadap bahan sembako yaitu seperti Kebijakan strategis dalam jangka menengah adalah meningkatkan produksi bahan pangan terutama beras, jagung, dan kedelai. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus lebih fokus dalam meningkatkan produksi pangan.Pembangunan sektor pertanian pun sebaiknya dilakukan melalui pendekatan agrobisnis agar produksi pertanian mempunyai nilai jual yang tinggi. sebagian besar dari jumlah angkatan kerja atau tenaga kerja bekerja di pertanian.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya