Blade Grinder Vs Burr Grinder, Mana yang Lebih Baik Sih?

Gaya Hidup  

Jika sebelumnya kita membahas seberapa penting seorang barista atau home brewer untuk mempunyai grinder alias penggiling kopi. Kali ini kita membahas jenis-jenis grinder yang ada di pasaran. Ada dua jenis grinder yaitu blade grinder dan burr grinder. Yang membedakan kedua jenis ini adalah mata pisau yang digunakan untuk memotong biji kopi. Meski punya fungsi sama, tetapi kedua jenis ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apa itu Blade Grinder?

Blade grinder adalah penggiling kopi yang mempunyai mata pisau seperti blender atau chopper untuk membuat bumbu dapur. Kelebihan grinder jenis ini, terutama dari faktor harga yang murah. Kekurangannya, hasil gilingan yang tidak konsisten. Sebab grinder jenis ini tidak bisa kita atur tingkat kehalusan dan kekasarannya. Kita hanya bisa mengkira-kira sudah sehalus dan sekasar apa kopi yang kita giling, tetapi kita tidak bisa pastikan uniformity (keseragaman) bubuk kopi hasil gilingannya. Selain itu, blade grinder jika digunakan dalam waktu lama untuk menggiling biji kopi akan menghasilkan panas pada mata pisau, hal ini juga bisa mempengaruhi cita rasa kopi loh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apa itu Burr Grinder?

Burr Grinder adalah penggiling kopi yang memiliki mata pisau bergerigi untuk menghancurkan biji kopi. Burr grinder ini ada yang manual alias tenaga tangan juga ada yang elektrik. Mata pisau burr grinder juga terbagi dua yakni flat burr dan conical burr.

flat burr 
flat burr

flat burr bentuknya seperti lingkaran yang di tengahnya ada gerigi untuk menghancurkan biji kopi. Sedangkan conical burr bentuknya seperti kerucut dengan mata pisau dipinggirnya.

Kelemahan grinder jenis ini adalah pada sisi harga yang lebih mahal dibandingkan blade grinder.

Kelebihan burr grinder adalah hasil gilingan yang konsisten dan seragam. Kita bisa mengatur tingkat kehalusan gilingan kopi mulai dari paling halus untuk membuat Turkish Coffee, halus untuk espresso, medium untuk pour over hingga kasar untuk french press. Selain itu, saat proses pengilingan, grinder ini juga tidak menimbulkan panas berlebih seperti blade grinder.

Conical burr
Conical burr

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis grinder serta plus minusnya. Sekarang keputusan ada di tangan kamu mana yang akan dipilih blade grinder atau burr grinder.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image