Berenang di Curug Ini Berasa Terdampar di 'Surga Tersembunyi'

Wisata  

Air terjun atau curug di Kabupaten Bogor tak henti dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Salah satunya yaitu curug yang tersembunyi di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.Curug Cikuluwung namanya.

Konon, curug ini dulu merupakan tempat persembunyian pada zaman kolonial. Di bawah rumpun bambu yang lebat, terdapat sebuah curug serta tiga kolam, dengan air aliran Sungai Cikuluwung yang masih jernih.

Curug Cikuluwung, Bogor, Jawa Barat.
Curug Cikuluwung, Bogor, Jawa Barat.

“Kayak semacam surga tersembunyi gitu, karena benar-benar di bawah banget lokasinya. Kita harus turun banyak anak tangga yang lumayan bikin deg-degan. Tapi pas kita turun, capeknya terbayarkan karena lihat keindahan curug yang benar-benar bagus,” tutur Annisa, salah seorang pengunjung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pengunjung di Curug Cikuluwung, Bogor, Jawa Barat
Pengunjung di Curug Cikuluwung, Bogor, Jawa Barat

Destinasi wisata seluas sekitar 1 hektare ini, dikelola warga sekitar sejak 2018. Salah satunya Apay, yang bertugas sebagai pengawas dan pemandu para pengunjung di sekitar curug dan kolam.

Apay bersama tiga kru lain, siap untuk membantu wisatawan yang tiba di spot utama. Membantu menyimpan alas kaki, mengambil foto, memasang pelampung, menuntun wisatawan berjalan di sekitar bebatuan, mengingatkan wisatawan agar tidak pergi ke titik terlarang, dan tak jarang menolong wisatawan yang keram ketika sedang berenang.

Curug Cikuluwung, Bogor, Jawa Barat.
Curug Cikuluwung, Bogor, Jawa Barat.

Meski ada tiga kolam, para pengawas dan pemandu harus selalu mengingatkan para wisatawan agar tidak berenang di kolam yang berada tepat di bawah curug. Lantaran kedalaman kolam tersebut masih belum diketahui, ditambah dengan adanya pusaran air yang membahayakan.

Wisatawan pun hanya bisa berenang di kolam kedua dengan kedalaman 1,2 meter dan kolam ketiga sedalam 2,5 meter jika aliran air dari hulu mengalir normal. Hulu dari Sungai Cikuluwung ini berada di atas Kawah Ratu, Gunung Salak Endah. Nantinya akan bermuara ke Sungai Cisadane.

Untuk info tempat-tempat nongkrong asik dan hits buat melipir, bisa follow akun Instagram kita: @teman_melipir

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image