KKN Moderasi Beragama | Erdy Nasrul/Republika

Nasional

27 Jun 2022, 13:17 WIB

UIN Jakarta-Semarang & UHN Bali Gelar KKN Moderasi Beragama

KKN Moderasi Beragama ini dilaksanakan dari tanggal 27 Juli hingga 10 Agustus 2022.

TABANAN -- Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, UIN Semarang, dan Universitas Hindu Negeri (UHN) Bali bekerja sama menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bali. Pembukaan KKN Moderasi Beragama ini dilangsungkan di Gedung Kesenian Kabupaten Tabanan, Bali, Senin, 27 Juli 2022.

Ketua LPPM UHN Bali, I Made Sugata, mengatakan bahwa KKN tahun ini untuk penguatan moderasi beragama. KKN merupakan wujud dari pelaksanaan amanat kementerian agama yaitu medoreasi beragama. 

Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar Bali, I Gusti Ngurah Sudiana, mengatakan bahwa pembukaan KKN bisa berjalan dengan baik dan mewah atas bantuan Bupati Tabanan. "Beliau alumnus UHN Denpasar Bali," ujarnya. 

Lebih lanjut, IGN Sudiana, mengatakan KKN Moderasi Beragama ini yang pertama kalinya diadakan oleh UHN Bali. Dengan kolaborasi ini mahasiswa saling mengisi, saling memberi dan menerima. "Merajut persaudaraan untuk kemajuan Indonesia," ungkap Rektor dalam sambutannya. 

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, merasa berbahagia bahwa ini pertama kali KKN Moderasi beragama HIndu dan Islam. "Momentum apa yang diminta Presiden Republik Indonesia untuk menjaga kebersamaan bangsa kita" ungkap Doktor UHN tersebut. 

IKG Sanjaya menyatakan bahwa Kabupaten Tabanan mendapat penghargaan daerah yang paling harmonis di Indonesia. "Kita ini semua bersaudara," ucapnya. 

Plt. Dirjen Bimas Hindu Komang Sri Marheni mengatakan KKN Nusantara untuk pengembangan pembangunan desa. satu langkah untuk menyatukan perbedaan. wawasan kebersamaan untuk mandiri dan sejahtera. 

Koordinator Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN Jakarta, Deden Mauli Darajat, mengungkapkan bahwa KKN di Bali merupakan bagian dari implementasi moderasi beragama. "Sebelum KKN mahasiswa harus belajar kebudayaan dan agama yang dianut oleh masyarakat Bali," ujar Deden. 

Jumlah mahasiswa yang KKN dari UHN Bali sebanyak 586 orang, 12 mahasiswa dari UIN Semarang, dan 10 mahasiswa dari UIN Jakarta. KKN Moderasi Beragama ini dilaksanakan dari tanggal 27 Juli hingga 10 Agustus 2022.

Program KKN Moderasi Beragama yang digelar di Bali ini, bukan hanya mahasiswa dari Jakarta dan Semarang ke Bali, namun juga mahasiswa Bali ke Jakarta dan Semarang. 

KKN adalah kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan di luar kampus.

Ketua Panitia KKN Nusantara Terbatas UHN Bali, I Ketut Gunarta, mengungkapkan KKN adalah kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan di luar kampus.


×