is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Merawat Keindahan Curug Siluwok

Wisata | 2024-03-05 11:44:26
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjaga potensi keindahan Curug Siluwok (Dok. KKN UAD)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 119 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XVI.B2 melakukan pemberdayaan lingkungan di Curug Siluwok, Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, pada Minggu, 4 Februari 2024. Curug Siluwok merupakan salah satu potensi wisata yang memiliki keindahan yang luar biasa.

Curug Siluwok menyajikan keindahan berupa air terjun dengan tinggi kurang lebih 13 meter. Diapit oleh tebing tinggi dan pepohonan yang masih hijau nan asri menambah keindahan dari tempat wisata ini. Tidak heran, Curug Siluwok sering didatangi banyak wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.

Melihat adanya potensi wisata di Dukuh Keweron, KKN Unit XVI.B2 memanfaatkan hal tersebut untuk merealisasikan program kerja yang berkaitan dengan pemberdayaan lingkungan, dengan tujuan untuk melestarikan keindahan yang ada. Dalam hal ini, mahasiswa berinisiatif untuk mengajak wisatawan yang datang ke Curug Siluwok menjaga lingkungan sekitar bersih dari sampah. Oleh karena itu, mahasiswa KKN melakukan pemasangan banner larangan agar wisatawan tidak membuang sampah sembarangan.

Diketahui, Padukuhan Keweron merupakan wilayah yang terletak di antara perbukitan menoreh. Hal itu menjadikan wilayah tersebut menyimpan banyak wisata yang menarik salah satunya Curug Siluwok. “Ini sangat luar biasa, ketika semua bersatu untuk menjaga potensi wisata yang dimiliki, maka akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berwisata ke Curug Siluwok,” ujar Dzulkifli ketua Unit XVI.B2.

Melalui pengelolaan yang baik potensi suatu tempat, maka semua itu dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini pastinya juga dapat menghadirkan tantangan dalam pelestarian alam dan lingkungan yang berkelanjutan. Dalam pengelolaan pariwisata program berkelanjutan, upaya yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kesadaran para wisatawan tentang lingkungan sekitar dan memberdayakan mereka untuk berkontribusi dalam upaya pelestarian.

“Saya berharap dengan adanya program pemberdayaan lingkungan yang kami realisasikan di Curug Siluwok ini dapat meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya pelestarian alam,” tambah Dzulkifli. (umh/doc)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya