Ingin Jadi Barista atau Home Brewer, Ini Senjata Utama yang Harus Dimiliki

Gaya Hidup  

Tren menyeduh kopi sendiri di rumah atau bahasa kerennya home brewer terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir ini. Menyeduh kopi sendiri di rumah memang punya beberapa keasyikan tersendiri dibanding di kedai. Salah satunya, kita bisa meracik dan menyeduh kopi sesuai dengan selera dan citarasa yang diinginkan.

Menyeduh kopi sendiri di rumah saat ini pun tidak sesulit beberapa tahun lalu. Sebab kini telah banyak penjual roasted bean atau biji kopi di toko-toko online. Selain itu, alat-alat seduh mulai dari harga termurah hingga harga 'sultan' sudah banyak dijual, sehingga memanjakan mereka yang ingin ngopi di rumah.

Tetapi bagi yang baru mulai beralih menjadi seorang home brewer atau mencoba menjadi seorang barista, mungkin bingung peralatan untuk menyeduh kopi apa yang sebaiknya dibeli dan dimiliki terlebih dulu, atau alat apa yang paling penting untuk menyeduh kopi. Secara pribadi, untuk kawan-kawan yang ingin beralih menjadi home brewer maka saya sarankan alat menyeduh kopi pertama yang harus dan wajib dimiliki adalah grinder atau penggiling kopi. Yups grinder adalah 'senjata' utama bagi seorang barista atau home brewer.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kok bukan dripper seperti Hario V60, Kalita, Aeropress atau mesin espresso?

Oke, koleksi alat-alat seduh itu memang terlihat keren, tetapi tanpa punya grinder yang mumpuni, alat-alat itu terasa tak berarti. Jadi sebaiknya kita berinvestasi lebih besar untuk membeli grinder yang bagus dan mumpuni.

Beberapa macam grinder atau penggiling kopi.
Beberapa macam grinder atau penggiling kopi.

Apa sih pentingnya punya grinder terlebih dulu, kan kita bisa beli kopi yang sudah digiling?

Buat saya, grinder itu penting sekali untuk dimiliki oleh seorang penyeduh kopi, baik itu barista profesional maupun home barista. Kenapa? karena dengan mempunyai grinder yang baik, kita bisa mengatur ukuran gilingan kopi kita. Ingat ukuran gilingan kopi merupakan variable penting dalam menyeduh, yang menentukan hasil akhir seduhan kopi kita.

Gilingkan kopi yang halus akan menghasilkan rasa yang berbeda dengan gilingan kopi medium atau kasar. Dengan mengetahui apa beda rasa yang dihasilkan dari tiap-tiap ukuran gilingan, maka nantinya kita dengan mudah menggunakan dripper macam V60, flat bottom dan lainnya untuk menghasilkan rasa kopi sesuai keinginan.

Alasan lain kenapa kita sebaiknya punya grinder, karena dengan begitu kita bisa selalu menggunakan bubuk kopi yang fresh. Jika kita membeli kopi yang sudah digiling, maka kemungkinan bubuk kopi mengalami proses oksidasi yang membuat kopi tidak segar lagi akan lebih besar dibanding jika kita membeli masih dalam bentuk biji utuh, dan digiling saat hendak diseduh. Terlebih jika kita tidak menyimpan bubuk kopi itu secara benar. Akibatnya, tentu hasil seduhan kopi kita tidak senikmat dari sisi aroma dan rasa dibanding dengan menggunakan kopi yang masih segar.

Lalu apa grider yang paling bagus untuk dimiliki?

Kunci utama dalam memilih grinder adalah konsistensi hasil gilingannya. Kalau berbicara merk, tentu saat ini banyak merk grinder di pasaran dari yang berharga ratusan libur hingga puluhan juta rupiah, tapi yang terpenting perhatikan konsistensi hasil gilingan dari alat-alat tersebut. Saat ini juga tidak susah untuk mencari referensi grinder yang bagus, karena sudah banyak review-review berbagai merk di Youtube.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image