is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Beni Adriansyah

Seputar tentang Bank Syariah Indonesia (BSI)

Bisnis | 2022-01-14 13:06:31

Bank Syariah Indonesia (BSI) resmi beroperasi pada Senin (1/2/2021).

Bank tersebut merupakan hasil merger dari tiga bank syariah BUMN, yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.
Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (1/2/2021) proses merger ketiga bank tersebut membutuhkan waktu sekitar 11 bulan, sejak pertama kali dimulai pada Maret 2020.

Proses yang dilalui untuk melakukan merger, antara lain due diligence, penandatanganan akta penggabungan, penyampaian keterbukaan informasi, dan perolehan izin dari OJK.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam peluncuran BSI mengatakan, kelahiran bank tersebut menjadi sejarah baru bagi ekonomi syariah di Indonesia.

Jokowi mengatakan, Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia sudah seharusnya memiliki perkembangan ekonomi syariah yang masif.
“Status ini sudah jadi salah satu identitas global Indonesia dan menjadi salah satu kebanggan kita. Maka, sudah sewajarnya Indonesia menjadi salah satu negara yang terdepan dalam hal perkembangan ekonomi syariah,” ujar Jokowi saat launching BSI.
Sebagai hasil merger dari tiga bank, BSI akan menjadi bank syariah terbesar di Tanah Air dengan total aset sekitar Rp 239,56 triliun.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya