is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ayah Anike

Krisis Finansial: Ujian Nyata Kesetiaan Teman dan Keluarga

Curhat | 2024-03-01 08:36:35

Karakter asli seseorang akan terungkap saat kita mengalami masa sulit. Krisis finansial, salah satu contohnya, dapat menjadi ujian nyata bagi kesetiaan teman dan keluarga.

Ketika krisis finansial melanda, berbagai emosi bisa muncul: rasa cemas, panik, malu, dan bahkan putus asa. Di saat seperti ini, dukungan dari orang-orang terdekat sangatlah dibutuhkan.

Namun, krisis finansial juga dapat menjadi batu ujian bagi hubungan. Apakah teman dan keluarga akan tetap setia dan membantu di saat kamu membutuhkan? Atau mereka akan menjauh dan meninggalkanmu dalam kesulitan?

Berikut beberapa fakta tentang krisis finansial dan hubungan:

  • Sekitar 40% pernikahan berakhir dengan perceraian dalam waktu 5 tahun setelah mengalami krisis finansial. Jangan 5 tahun deh, baru di awal awal masa sulit aja banyak istri yang minta cerai
  • Krisis finansial dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang berujung pada konflik dan pertengkaran, depresi berat bahkan mengakhiri hidup
  • Di sisi lain, krisis finansial juga dapat memperkuat hubungan yang didasari oleh komunikasi yang terbuka dan saling mendukung.

Bagaimana cara mengetahui karakter asli teman dan keluarga saat krisis finansial?

  • Perhatikan reaksi mereka. Apakah mereka menunjukkan empati dan menawarkan bantuan? Atau mereka menghakimi dan membuatmu merasa malu?
  • Lihatlah tindakan mereka. Apakah mereka benar-benar membantu saat kamu membutuhkan walaupun bukan berupa materi?
  • Dengarkan kata-kata mereka. Apakah mereka memberikan kata-kata positif dan dukungan? Atau mereka hanya menghakimi dan membuatmu merasa semakin terpuruk?

Krisis finansial memanglah sulit, tetapi bisa menjadi kesempatan untuk melihat siapa orang-orang yang benar-benar peduli padamu. Ingatlah bahwa teman dan keluarga yang setia akan tetap bersamamu di saat senang maupun susah.

Baca artikel menarik lainya di:

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya