is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mikael Andamadan

Ketep Pass: Wisata Sejuk dengan Latar Merapi dan Merbabu

Wisata | 2024-02-05 23:09:42

Ketep Pass adalah salah satu tempat wisata yang berada di Magelang, tepatnya pada daerah Ketep yang merupakan objek wisata alam. Objek wisata alam ini dikembangkan dengan ciri khas gunung api khususnya ialah Gunung Merapi. Gunung Merapi sendiri terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah (meliputi Kabupaten Magelang, Boyolali, dan Klaten) dengan Yogyakarta (Kabupaten Sleman).

Sumber : Pribadi

Ketep Pass terletak pada ketinggian 1200 di atas permukaan laut. Dari tempat wisata tersebut, pengunjung disuguhkan dengan udara sejuk dan pemandangan luar biasa dari dua gunung yang bersampingan yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Selain pemandangan yang indah dan udara sejuk, pengunjung juga dapat mempelajari mengenai gunung api dalam museum mulai dari jenisnya, jenis letusan yang dihasilkan, dan daerah-daerah yang terdapat gunung api.

Sumber : Pribadi

Pengunjung akan mempelajari khususnya Gunung Merapi melalui foto-foto dengan penjelasannya, peta aliran lava, daerah-daerah yang berpotensi terkena dampak terparah hingga ringan, hingga replika Gunung Merapi. Pengunjung juga mendapatkan kesempatan untuk menonton sebuah dokumenter dari peristiwa meletusnya Gunung Merapi di sebuah teater. Bukan hanya itu, di Ketep Pass juga tersedia teropong yang dapat disewa seharga Rp. 5000 untuk satu teropongnya yang dapat digunakan untuk melihat lebih jelas pemandangan yang tersedia. Untuk tiket masuk terusan area dan museum per orangnya dikenakan sebesar Rp. 10.000 saja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya