Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Finari Manan (kiri) bersama Kapolres Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Sigit Dany (tengah) dan OIC Cargo Alpera (kanan) melihat | ANTARA FOTANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Jakarta

25 May 2022, 10:59 WIB

Anies Ingin Formula E Jadi Ajang Kurangi Emisi Global

Kegiatan Formula E mengirimkan pesan Jakarta bersiap untuk menjadi kota modern yang lingkungan hidupnya bersih.

JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjelaskan, perhelatan balapan Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (4/6), sebagai momentum bagi Jakarta untuk berpartisipasi mengurangi emisi karbon secara global. Hal itu karena mobil Formula E menggunakan daya baterai listrik sehingga tidak mengeluarkan gas buang.

"Kegiatan Formula E adalah pesan kepada kami dan kepada dunia, bahwa kami, penduduk Jakarta ikut ambil tanggung jawab, kami ikut mengurangi emisi karbon," kata Anies Baswedan saat ditemui di Kabupaten Kepulauan Seribu, Selasa (24/5).

Dia menerangkan, Formula E menjadi ajang balapan yang tidak lagi mengandalkan bahan bakar minyak (BBM). Dengan begitu, kata Anies, hal itu menjadi kesempatan bagi Jakarta yang siap dengan era baru energi baru dan terbarukan yang lebih ramah lingkungan, khususnya untuk mendukung mobilitas masyarakat.

photo
Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Finari Manan (tengah) bersama Kapolres Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Sigit Dany (kanan) memantau langsung bongkar muat logistik Formula E setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/5/2022). ABB FIA Formula E World Championship seri kesembilan akan berlangsung di Sirkuit Formula E Ancol pada 4 Juni 2022. - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Pemerintah Provinsi DKI sudah ikut berkampanye mendukung penggunaan energi listrik. Hal itu ditandai dengan penggunaan bus Transjakarta berbasis baterai yang siap menggantikan armada konvensional secara bertahap.

Anies menerangkan, saat ini, ada 30 bus Transjakarta yang beroperasi menggunakan baterai. Dia menargetkan, pada akhir 2022, sebanyak 100 bus Transjakarta menggunakan energi listrik.

Bahkan, Anies mencanangkan pada 2030, seluruh armada Transjakarta sudah harus berganti menggunakan energi ramah lingkungan. Sehingga, secara perlahan, PT Transjakarta tidak lagi melakukan pengadaan bus yang memakai BBM.

Anies menjelaskan, egiatan Formula E mengirimkan pesan Jakarta bersiap untuk menjadi kota modern yang lingkungan hidupnya bersih karena mobilitas penduduknya mengandalkan kendaraan umum yang berbasis energi listrik.

Saat ini, sejumlah logistik para pembalap, termasuk mobilnya sudah tiba dan ditempatkan di Jakarta International Stadium (JIS). Petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta melakukan pemeriksaan seluruh komponen mobil listrik yang dikirim dari Berlin, Jerman dalam tiga kali penerbangan mulai Ahad (22/5) sampai Selasa (24/5). Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim dijadwalkan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada 28-29 Mei 2022.

Anies berharap, balapan di sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu bisa berlangsung lancar dan sukses. "Harapannya nama baik Indonesia berada di dalam kancah dunia. Ini adalah kesempatan di mana dunia menyaksikan Jakarta, menyaksikan Indonesia," ucapnya.

Adapun Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, pihaknya mengupayakan agar tidak ada penutupan jalan saat balapan Formula E digelar di Ancol. Meski begitu, Sambodo masih harus menunggu koordinasi lanjutan dengan Pemprov DKI perihal kebijakan lalu lintas saat balapan berlangsung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKPRO GROUP (jakprogroup)

"Kita berupaya agar sedapat mungkin tidak menutup jalan agar tidak mengganggu lalu lintas umum, tapi kalau pun memang harus penutupan, kita lakukan," ujar Sambodo kala ditemui di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa.

Dia mengaku, kepolisian bersama panitia penyelenggara menyelenggarakan survei di sejumlah titik menuju Ancol. Kegiatan itu untuk memastikan apakah perlu dilakukan kebijakan rekayasa lalu lintas demi memperlancar arus penonton menuju sirkuit Formula E. Sambodo menyampaikan, panitia menerapkan konsep agar penonton memarkir kendaraan di JIExpo Kemayoran, untuk selanjutnya diangkut menggunakan bus ke Ancol.

"Dari JIExpo naik shuttle bus. Kita lihat rutenya dan berapa shuttle bus yang disiapkan," jelas Sambodo. 


Kapolda Tolak Jadi Penjabat Gubernur DKI Gantikan Anies

Anies berharap penggantinya memperhatikan pembangunan di Kepulauan Seribu.

SELENGKAPNYA

'Orkes':Arsip Modern Para Musisi

Tidak sekadar menampilkan semacam konser digital.

SELENGKAPNYA

Memotret Hiphop dari Masa ke Masa

Musisi hip hop yang tersebar dari Sabang sampai Merauke punya keunikan khas.

SELENGKAPNYA
×