is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image desy dwi

Inilah Daftar Pekerjaan Sampingan yang Bisa Menambah Pengahasilanmu

Gaya Hidup | 2022-01-12 20:27:24

Pekerjaan menjadi hal yang dibutuhkan oleh semua manusia, mulai dari kalangan atas sampai bawah mereka membutuhkan pekerjaan. Meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap, ada beberapa orang yang masih berupaya untuk mencari pekerjaan sampingan demi menambah pundi-pundi penghasilan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan paling potensional yang patut kamu coba.

Baca Selengkapnya Rekomendasi 10 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dicoba

1. Bisnis Online

Membuka bisnis secara online menjadi pilihan pekerjaan sampingan paling banyak digeluti, keuntungan membuka bisnis online adalah bisa menjangkau semua konsumen meskipun berada di lokasi berbeda. Keberanekaragaman produk yang dijual juga menjadikan bisnis online menjadi pilihan paling favorit bagi para pengusaha baru.

2. Menjual Pulsa

Membuka usaha sebagai penjual pulsa menjadi pekerjaan yang kini banyak digeluti oleh masyarakat, pekerjaan ini tergolong mudah dan hanya membutuhkan modal awal berupa saldo pulsa. Memiliki harga yang terjangkau membuat penjualan pulsa semakin meningkat seiring semakin pesatnya internet saat ini.

3. Jasa Laundry dan Cuci Kendaraan

Apablila kamu berada dalam lingkungan perkantoran atau asrama perkuliahan, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuka peluang usaha dibidang loundry. Kamu juga bisa membuka usaha steam kendaraan, pekerjaan sampingan ini tidak membutuhkan modal yang besar dan hanya mengandalkan ketrampilan kamu dalam membersihkan suatu barang.

4. Jasa Makanan

Kemampuan dalam memasak juga bisa menjadi salah satu modal terbesarmu dalam membuat sebuah usaha atau pekerjaan sampingan. Kamu bisa membuka sebuah usaha makanan keil-kecilan dengan harga yang relatif terjangkau, dengan begitu usaha makanan yang kamu buka mampu menjangkau semua kalangan masyarakat.

5. Jual Beli Motor Bekas

Menjadi seorang agen jual beli motor bekas menjadi salah satu alternatif pekerjaan sampingan yang patut kamu coba, karena dalam hal ini kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Namun dalam pekerjaan ini, kemampuan komunikasi kamu untuk menarik minat pembeli sangat dibutuhkan. Kamu harus bisa meyakinkan si pembeli bahwa barang yang kamu jual memiliki kualitas yang baik.

6. Jasa Desain Grafis

Membuat desain grafis menjadi keahlian yang jarang dimiliki oleh setiap orang, namun siapa sangka bahwa keahlian ini memiliki prospek masa depan yang sangat erah. Dizaman yang serba modern ini, kemampuan grafismu akan semakin dibutuhkan khususnya dalam bidang promosi.

7. Membuat Blog

Memiliki kemampuan penyusunan bahasa dan pengungkapan kata-kata yang baik bisa menjadi modal bagimu untuk membuka sebuah blog. Akhir-akhir ini blog juga mejadi bahan bacaan favorit yang sering dikunjungi oleh pembaca, kamu bisa menuangkan semua ide kreatif yang selama ini kamu miliki dalam blog pribadi milikmu.

8. Jasa Menjahit Pakaian

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam menjahit pakaian, kamu bisa mengembangkan kemampuan ini dengan membuka toko penjahitan pakaian. Umumnya pekerjaan ini sangat sulit ditemui di sekitar lingkungan, hal ini dikarenakan semakin sedikitnya penjahit yang membuka jasanya secara umum.

9. Jasa Les Privat

Bagi kamu yang memiliki kemampuan akademik diatas rata-rata, kamu bisa menoba untuk menjadi seorang guru les privat. Meskipun pekerjaan ini membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan banyak kesabaran, namun gaji atau pendapatan yang bisa kamu terima sangatlah membantu menambah keuanganmu.

10. Jasa Penerjemh

Kemampuan bahasa yang kamu miliki bisa diberdayakan dalam pekerjaan yang satu ini, kamu bisa menambah penghasilan dengan cara membuka jasa penerjemahan. Menjadi seorang penerjemah menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang belum ataupun sudah bekerja, karena pekerjaan ini bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun. Menjadi penerjemah juga tidak membutuhkan modal yang besar, kamu hanya perlu memiliki laptop, mesin cetak dan koneksi internet.

Itulah tadi daftar pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba dikehidupan mu, semoga bermanfaat!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya