is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jojo

Digitalisasi Pesantren Sebagai Kekuatan Ekonomi Warga Sarungan

Info Terkini | 2022-01-12 19:10:30
Ilustrasi Pesantren

Jakarta, Pesantren sebagai lembaga pendidikan memiliki peran sentral di masyarakat. Dengan karakteristik tertentu, pondok pesantren sangat erat kaitannya dengan konsep bisnis dengan memberikan manfaat dari sisi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Pesantren punya peluang besar dalam pengembangan perekonomian, perputaran ekonomi di pondok pesantren dengan menghitung semua transaksi di dalamnya, dalam satu bulan bisa mencapai 5 triliun rupiah.

Dengan asumsi belanja setiap santri putra, santriwati serta ustad adalah 1 juta/ bulan dengan jumlah santri/santriwati/ pengurus dan pengajar mencapai 5 juta orang di seluruh pesantren dan tersebar di 31 ribu pondok pesantren di Indonesia. Sumber: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik. Belanja tersebut meliputi bea laundri, makan dan kebutuhan sehari-hari di dalam pondok. Hal ini memicu para pegiat ekonomi untuk melirik pesantren sebagai potensi yang tidak bisa dipandang sebelah.

Salah satu perusahaan yang getol memikirkan ekonomi warga nadliyin ini adalah PT. Bakti Investama Satu. Melihat peluang besar pesantren sebagai sebuah kekuatan ekonomi, PT. Bakti Investama Satu segera meluncurkan produk Module Intracs Yasatama payment gateway disingkat MIYPG, sebagai payment digital atau transaksi elektronik dalam rangkaian kesatuan proyek Digitalisasi pesantren.

Edi Junardi selaku CEO PT. Bakti Investama Satu menyampaiakan gagasanya, produk MIYPG ini diharapkan selain memberikan dampak ekonomi juga peningkatan sumber daya manusia kaum santri khususnya warga Nadiyin menuju dunia baru dan dunia tanpa batas.

Ditambahkan Ej sapaan akrab CEO PT. Bakti Investama Satu, para santri diharapkan melek revolusi Industri 4.0 yang dibangun di atas Revolusi Digital, mewakili cara-cara baru di mana teknologi menjadi tertanam dalam masyarakat. Berikutnya secara tidak langsung mendidik Nadhiyin untuk menjadi banking mainded dan mempunyai tabungan di lembaga perbankan “Lanjut EJ”.

PT. Bakti investama satu bekerjasama dengan Pengurus Besar Nadhatul Ulama segera meluncurkan proyek MIYPG digitalisasi pesantren. Proyek Ini rencananya akan perkenalkan kepada masyarakat pesantren kaum Nadiyin serta masyarakat Indonesia pada umumnya pada 1 Ramadhan 2022 ini. Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari peluncuran proyek ini, PT. Bakti investama satu akan bekerjasama dengan pondok pesantren di seluruh Indonesia. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya