Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Myanmar Aung Wunna Soe (kanan) dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). Indonesia me | ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU

Olahraga

18 May 2022, 09:50 WIB

Timnas Sepak Bola Indonesia dan Thailand Saling Hormat

Tim Thailand kerap menghadirkan mimpi buruk kepada timnas Indonesia

JAKARTA -- Timnas Indonesia telah memastikan tempat di semifinal SEA Games 2021 Vietnam setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1 pada laga pamungkas Grup A. Skuad Garuda lolos ke empat besar dengan status runner-up dan akan berhadapan dengan juara Grup B Thailand di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, pada Kamis (19/5).

Indonesia menaruh respek kepada Thailand. Sebab, tim Gajah Perang kerap menghadirkan mimpi buruk. Tim asuhan Shin Tae-yong harus lebih waspada saat menghadapi tim berjuluk Gajah Perang. Sejak SEA Games 1991 di Manila, Indonesia cuma bisa menang tiga kali atas Thailand dari 14 pertemuan.

Salah satu kemenangan terakhir Indonesia atas Thailand terjadi di SEA Games 2019 di Manila. Kedua tim bertemu di fase grup dan Indonesia menang 2-0 lewat gol-gol Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay. Pada gelaran sepak bola lainnya, Indonesia juga selalu gagal meraih kemenangan dalam lima pertemuan terakhir, yaitu di Piala AFF dan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

photo
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan) berusaha melewati pesepak bola Timnas Myanmar Thet Hein Soe (kiri) dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 3-1 dan memastikan Indonesia lolos ke semifinal. - (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU)

Namun, rupanya Thailand tetap menaruh hormat pada Indonesia. Pelatih Thailand Alexandre Mano Polking bahkan menilai Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong sebagai tim terkuat di turnamen ini. Sebab, mayoritas skuad Merah-Putih diisi oleh pemain yang terlibat di Piala AFF 2020.

Polking mengatakan, Indonesia punya waktu berlatih bersama selama enam pekan. Selain kuat dan cepat, Indonesia dinilai memiliki serangan yang sangat bagus. Menurut dia, laga semifinal nanti menjadi pertandingan yang sulit bagi pasukannya.

"Indonesia datang tanpa kelelahan fisik yang besar. Pelatih Shin Tae-yong juga memiliki banyak pengalaman," kata Polking dikutip dari 24h.com, Selasa (17/5).

photo
Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kanan) dan Fachruddin Wahyudi Aryanto (tengah) berebut bola di udara dengan pesepak bola Timnas Myanmar Soe Moe Kyaw (kiri) dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 3-1 dan memastikan Indonesia lolos ke semifinal. - (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU)

 

Terlepas dari pujiannya, Polking menegaskan tekad meraih kemenangan di semifinal. Dia telah mempersiapkan semua skenario untuk pertandingan melawan Indonesia ataupun Vietnam. Namun, untuk saat ini, ia lebih berfokus pada pertandingan melawan skuad Garuda pada Kamis.

"Saat ini saya hanya memikirkan pertandingan melawan Indonesia. Kami memiliki tim analis terbaik di Asia Tenggara, kami memiliki informasi lengkap tentang pesaing kami," ujarnya.

Shin Tae-yong juga mengaku mempersiapkan tim dengan baik untuk melawan Thailand. "Kami harus benar-benar fokus pada pertandingan besok karena tim Thailand ini salah satu tim terbaik di Asia Tenggara," ujar Shin seusai latihan, Selasa.

Shin memastikan semua pemain dalam kondisi baik. Ia mengaku beruntung kali ini mendapat lapangan latihan yang sedikit lebih baik daripada sebelumnya. Meski masih mengeluh tentang rumput yang sedikit jelek, menurutnya lapangan di Nam Dinh lebih baik sehingga para pemain bisa berlatih dengan nyaman.

Indonesia tidak diperkuat salah satu pemain andalan Asnawi Mangkualam karena akumulasi kartu. Namun, skuad Garuda mendapatkan tambahan kekuatan dengan kembalinya Saddil Ramdani ke tim. Shin mengatakan, ia akan melihat kondisi Saddil sebelum pertandingan apakah bisa dimainkan atau tidak.

"Saddil tanggal 18 akan sampai di Vietnam, jadi kami akan lihat dulu kondisi pemain tersebut seperti apa dan nanti akan dipikirkan dimainkan atau tidak," kata dia.

Lima Besar Klasemen Medali SEA Games ke-31

Negara Emas Perak Perunggu Total

Vietnam 94 61 60 215

Thailand 38 38 61 137

Filipina 33 36 45 114

Singapura 27 31 32 90

Indonesia 25 38 34 97


Modal Bagus Rifda Irfanaluthfi Menuju Olimpiade 2024

Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi memiliki modal bagus untuk bisa tampil di Olimpiade 2024 Paris.

SELENGKAPNYA

Pelatih Arsenal Arteta Tolak Menyerah

Peluang Arsenal lolos ke Liga Champions musim depan berubah mengecil.

SELENGKAPNYA

Jalan Terjal Transformasi Energi Jerman

Ketergantungan pasokan gas dari Rusia menjadi kendala rencana transformasi produksi energi listrik di Jerman.

SELENGKAPNYA
×