Ekspresi dari pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Syabda Perkasa Belawa usai mengalahkan pebulu tangkis tunggal putra Korea Selatan Yun Gyu Lee dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/ | ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Teraju

12 May 2022, 08:31 WIB

Jaga Thomas, Rebut Uber

Ginting menjadi satu-satunya pemain yang belum pernah menyumbangkan poin dalam dua pertandingan yang sudah dia mainkan.

OLEH NURUL S HAMAMI

Jonatan Christie memerlukan enam sentuhan sebelum akhirnya menyudahi perlawanan Li Shi Feng. Sebuah smes keras dari bagian kanan permainannya gagal dikembalikan dengan sempurna oleh pemain Cina itu. Papan skor menunjukkan 21-14, 18-21, 21-14 untuk keunggulan dia.

Seluruh pemain dan ofisial Indonesia kontan masuk ke lapangan dan berebut mengerubungi Jojo –panggilan akrab Jonatan. Daniel Martin terlihat lebih dulu ingin memeluk Jojo, namun kandas. Kesempatan itu digunakan oleh Anthony Sinisuka Ginting untuk memeluk sambil menjatuhkan badannya dalam gendongan rekan sepelatnasnya itu.

Penantian sembilan belas tahun untuk membawa pulang kembali Piala Thomas ke Indonesia memang patut dirayakan. Jojo memastikan itu setelah dia membuat Indonesia unggul 3-0 atas Cina pada partai final di Aarhus, Denmark, Ahad 17 Oktober 2021. Dua poin pertama disumbangkan oleh Ginting yang menekuk Lu Guan Zu 18-21, 21-14, 21-16. Kemudian Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menggasak He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-12, 21-19.

Sebelum akhirnya piala lambang supremasi bulu tangkis beregu putra dunia itu berhasil dibawa pulang kembali ke Tanah Air, Indonesia kali terakhir merebutnya pada 2002 silam. Kala itu di Guangzhou, Cina, Hendrawan dan kawan-kawan mempecundangi Malaysia 3-2 pada partai puncak.

Selain Hendrawan, di dalam tim juga ada Taufik Hidayat, Marleve Mainaky, Budi Santoso, dan Roni Agustinus di sektor tunggal. Lalu di sektor ganda diperkuat oleh Chandra Wijaya, Sigit Budiarto, Halim Haryanto, Tri Kusharjanto, dan Bambang Suprianto.

Pada 2002 itu Indonesia mengukuhkan diri sebagai negara pertama yang menjuarai Piala Thomas lima kali berturut-turut yakni 1994, 1996, 1998, 2000, dan 2002. Rekor itu berhasil disamakan oleh Cina yang juga lima kali berturut-turut sebagai juara yakni pada 2004, 2006, 2008, 2010, dan 2012.

Jepang dan Denmark sempat menggantikan posisi Indonesia dan Cina yang mendomiansi Piala Thomas di era 2000-an. Jepang juara di 2014, sementara Denmark di 2016. Cina kemudian kembali merebutnya di 2018 dan Indonesia di edisi Piala Thomas 2020 yang digelar di 2021 karena pandemi Covid-19 yang mengguncang dunia.

Sejauh ini baru lima negara yang mampu memegang Piala Thomas yakni Indonesia (14 kali), Cina (10), Malaysia (5), Jepang (1), dan Denmark (1). Indonesia merebut Piala Thomas kali pertama pada 1958 setelah di final mengalahkan Malaya (sebelum menjadi Malaysia) 6-3.

Langkah awal baik

Indonesia memulai langkah yang baik dalam kampanye menjaga Piala Thomas agar tetap bermukim di Nusantara. Berada di grup A, sejauh ini Hendra Setiawan dan kawan-kawan sudah memastikan lolos ke perempat final setelah mencatat dua kemenangan masing-masing atas Singapura 4-1 dan tuan rumah Thailand 4-1 pada kejuaraan edisi 2022 yang berlangsung di Bangkok sejak 8 hingga 15 Mei mendatang.

photo
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan (kanan) mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis ganda putra Thailand Chaloempon Charoenkitamorn dan Nanthakarn Yordphaisong dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Senin (9/5/2022). - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Rabu (11/5) siang ini Indonesia memainkan pertandingan terakhir di fase grup melawan Korea Selatan. Negeri Ginseng itu kemudian ditaklukkan dengan poin 3-2 dan Indonesia berhasil keluar sebagai juara grup.

Ginting menjadi satu-satunya pemain yang belum pernah menyumbangkan poin dalam tiga pertandingan yang sudah dia mainkan. Saat melawan Loh Kean Yew di partai pertama Indonesia melawan Singapura, Ahad (8/5) lalu,  Ginting dipaksa menyerah 13-21, 14-21, dalam 37 menit oleh juara dunia 2021 itu. Pada pertandingan Rabu (11/5), ginting kembali tumbang dari pemain Kores Selatan Heo Kwanghee. Dia kalah dalam pertarungan rubber game dengan skor 16-21, 21-15, dan 14-21.

Loh benar-benar mengontrol permainan dan tak membiarkan teksnik dan strategi Ginting berkembang lebih jauh. Kaki andalan Singapura itu tampak ringan mengejar bola ke depan dan belakang. Sebaliknya, Ginting sulit keluar dari tekanan sehingga banyak membuat kesalahan sendiri.

“Loh Kean Yew dari pertama memang bermain lebih nge-push, serta mengontrol tempo permainan. Dia juga cepat bisa membaca strategi saya. Dia terus menekan,” kata Ginting, seperti dikutp dari laman resmi PBSI, pbsi.id.

photo
Anthony Ginting mengembalikan pukulan pemain Thailnd Kunlavut Vitidsarn dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Senin (9/5/2022).  - (AP/Sakchai Lalit)

Sebenarnya di gim kedua, Ginting sudah berusaha keluar untuk meredam kecepatan Loh. “Tetapi, lawan memang sudah menemukan pola permainan terbaiknya. Saya sendiri juga masih kurang konsisten,” aku Ginting.

Ginting kembali belum berhasil menyumbangkan angka ketika turun di partai pertama Indonesia versus Thailand, Senin (9/5). Dia harus mengakui keunggulan tunggal putra tuan rumah yang sedang menanjak prestasinya, Kunlavut Vitidsarn, dengan skor 12-21, 21-15, 9-21.

“Penampilan Ginting sebenarnya jauh lebih bagus dibanding sebelumnya. Cuma performa dia memang belum pulih seperti semula. Saat reli-reli panjang, dia malah banyak melakukan kesalahan sendiri. Apalagi yang dihadapi adalah Kunlavut, pemain yang memiliki stroke bagus dan mampu mengontrol permainan dengan baik,” ungkap pelatih pelatnas tunggal putra Irwansyah.

Ginting mengaku sedih masih tidak bisa menang dan menyumbang poin bagi tim. “Tadi pertandingannya juga ketat sejak awal. Kita tahu posisinya saling menang dan kalah angin yang berpengaruh besar terhadap permainan. Cuma di gim ketiga saat pindah lapangan, saya sudah tertinggal jauh. Saat mau mengejar, lawan sudah percaya diri,” kata dia.

photo
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis tunggal putra Thailand Sitthikom Thammasin dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Selasa (10/5/2022). - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Tanpa mengecilkan perjuangan keras Ginting, acungan jempol patut dialamatkan kepada Jojo dan Shesar Hiren Rhustavito. Keduanya bermain konsisten dan tak henti menyumbang poin bagi Indonesia. Kepercayaan diri keduanya menambah ampuh kemampuan teknik yang mereka miliki untuk menghabis lawan-lawannya.

Jojo yang trun di partai ketiga, sebagai tunggal kedua,  saat menghadapi Singapura menundukkan Jia Heng Jason The dengan 21-19, 21-13. “Saya senang dengan kemenangan ini karena Indonesia berbalik jadi unggul 2-1. Bagas/Fikri yang akan main di partai keempat, bisa lebih rileks dan tidak tegang-tegang banget,” kata Jojo.

Di pertandingan kedua Indonesia saat melawan Thailand, Jojo kembali menyumbang poin. Dia mengalahkan Kantaphon Wangcharoen, 22-20, 21-16. “Puji Tuhan bisa membuat Indonesia unggul 2-1. Tetapi, secara jujur dari sisi permainan saya hari ini masih jauh dari permainan terbaik saya. Meskipun menang pun, terus terang saya tidak puas. Bisa dibilang kalau memakai angka 100, penampilan saya hari ini hanya 50 saja. Tidak memuaskan saya,” ucap Jojo. Ia diistirahatkan dalam pertandingan melawan Korea Selatan.

Vito, panggilan akrab Shesar Hiren Rhustavito, juga belum kehilangan satu gim pun. Dia selalu menang dua gim langsung atas lawan-lawannya. Saat bertemu dengan tunggal ketiga Singapura Jia Wei Joel Koh, dia menang 21-16, 21-7. Ia juga sukses meraih kemenangan lewat tiga gim atas Jeon Hyeok-jin dalam pertandingan melawan Korea Selatan.

“Di gim pertama tadi saya memang harus beradaptasi dengan angin. Bagi pemain tunggal, menang angin itu justru menyulitkan. Setelah itu, semua berjalan sesuai rencana,” kata Vito selepas kemenangannya atas Jia.

photo
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Syabda Perkasa Belawa mengembalikan kok ke arah lawan pebulu tangkis tunggal putra Korea Selatan Yun Gyu Lee dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). Syabda Perkasa Belawa berhasil menang atas Yun Gyu Lee dengan skor 21-14, 11-21 dan 21-16 sekaligus membawa Tim Thomas Indonesia menang atas Korsel dengan skor akhir 3-2 dan menjadi juara grup A. - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selanjutnya Vito menyumbang poin buat Indonesia ketika dia mengalahkan wakil Thailand Sitthikom Thammasin dengan 21-19, 21-14. “Dari awal saya percaya diri bisa mengatasi dia. Sebelumnya, saya juga selalu menang di empat pertemuan,” tutur Vito yang menutup kemenangan Indoneia 4-1 atas Thailand.

Sementara debutan Syabda Perkasa Belawa yang menggantikan posisi Jojo melawan Korea Selatan berhasil menang atas Lee Yun Gyu dalam pertandingan 68 menit dan memetik kemenangan tiga gim dengan skor 21-14, 11-21, dan 21-16

Sektor ganda sampai pertandingan kedua belum kehilangan satu poin pun. Semua pemain yang diturunkan selalu mencatat kemenangan. Pelatih ganda putra Herry IP sudah menurunkan kekuatan yang dia bawa ke setiap pertandingan. Jadi, tidak ada pemain yang bermain dua kali dengan pasangan utuhnya.

Kevin Sanjaya yang tidak bersama Marcus Gideon yang sedang pemulihan dari operasi cedera kaki, diturunkan berpasangan dengan Bagas Maulana saat Indonesia menghadapi Thailand. Bagas/Kevin mampu menjinakkan Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul dengan 24-22, 21-11.

“Dari sisi chemistry, Bagas/Kevin sudah lumayan, meskipun belum baik benar. Mungkin kalau dikasih angka baru 65. Ini karena Kevin juga tampil pertama kali dan baru beradaptasi dengan pertandingan. Apalagi posisi pasangan kita di gim pertama di tempat kalah angin, sehingga, serangan-serangannya belum optimal,” ujar Herry.

Pasangan veteran Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan waau diajak bermain tiga gim, namun mampu menyumbangkan poin Indonesia saat bertemu Thailand. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga dipaksa bermain rubber sebelum mencatat kemenangan saat Indonesia bertemu dengan Singapura. Sedangkan, juara All England 2022 Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga menyumbang angka ketika Indonesia bertemu Singapura.

Satu per satu kerikil yang ada di depan langkah Indonesia dalam menjaga Piala Thomas tetap di genggaman sudah berhasil disingkirkan. Namun, kerikil semakin besar berada di hadapan sebelum mencapai puncaknya pada Ahad (15/5) mendatang. Semoga smapia ke puncak dan kerikil paling besar bisa disingkirkan.

Salut buat Tim Uber

Walaupun sulit untuk merebut Piala Uber yang masih dalam rengkuhan Cina, rasa salut pantas dialamatkan pada skuat muda Indonesia yang diturunkan. Meski tidak banyak dikenal di jagat bulu tangkis dunia, namun mereka menunjukkan “bisa” dan dapat menjadi ancaman bagi negara lain di masa depan.

Hanya Nita Violina yang menjadi satu-satunya pemain yang pernah memperkuat tim Piala Uber Indonesia di Aarhus, Denmark, tahun lalu. Namun, tim ini mampu mencatat dua kemenangan bersih 5-0 atas Prancis dan Jerman. 

Meski kalah 4-1 melawan Jepang, Meski kalah 4-1 melawan Jepang, tunggal putri Bilqis Prasista membuat kejutan dengan mengalahkan peringkat satu dunia dari Jepang, Akane Yamaguchi. Bilqis yang tampil pada partai pembuka, tampil meyakinkan untuk menang dua gim langsung 21-19, 21-19 hanya dalam waktu 35 menit.

"Tidak menyangka bisa menang, soalnya dia peringkat satu dunia. Sangat senang bisa mengalahkan Akane," kata Bilqis setelah pertandingan di Impact Arena, Bangkok.

Menurut pelatih tunggal putri, Morico Harda, ketiga pemainnya tampil bagus saat menghadapi Prancis. Komang Ayu Cahya Dewi, Aisyah Sativa Fatetani, dan Bilqis Prasista, meski sempat dicekam ketegangan dan gugup, akhirnya mereka bisa keluar sebagai pemenang.

“Secara umum ketiga pemain ini bermain baik saat lawan Prancis. Saya berharap mereka bisa mempertahankan performanya di laga-laga selanjutnya, termasuk saat lawan Jerman,” tutur Morico.

Ketiganya pun membuktikan diri memang layak dipercaya ketika semuanya menyumbang poin saat Indoneisa menghadapi Jerman.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Badminton Indonesia (@badminton.ina)


Di Ambang 'Paceklik' Global

Hampir 200 juta orang menghadapi kerawanan pangan akut pada 2021, hampir dua kali lipat angka tahun 2016.

SELENGKAPNYA

‘Israel Bunuh Jurnalis untuk Bungkam Kebenaran’

Tidak ada konfrontasi antara pejuang Palestina dan tentara Israel sebagaimana yang diklaim pihak Israel.

SELENGKAPNYA

Layanan Jamaah Haji di Saudi Difinalisasi

Kunci untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian pada jamaah haji adalah edukasi.

SELENGKAPNYA
×