Pekerja mengecek mobil bekas di bursa mobil bekas, Blok M, Jakarta, Ahad (27/2/2022). Pasar mobil bekas Tanah Air diprediksi mengalami peningkatan di tahun ini. sejak awal 2022, penjualan mobil bekas sudah mengalami peningkatan sekitar 30 hingga 40 perse | Republika/Thoudy Badai

Otomotif

05 May 2022, 09:16 WIB

Permintaan dan Pasokan Mobil Bekas tak Seimbang

Mobil bekas yang paling diminati adalah dengan harga Rp 100 juta hingga Rp 250 juta.

Berbagai sektor di industri otomotif terus mengalami pemulihan. Satu di antaranya adalah pasar mobil bekas (mobkas) atau pasar sekunder. Bahkan, sejumlah pedagang mobkas mengaku, kondisi pasar saat ini telah kembali seperti saat normal atau sebelum pandemi.

Pemilik Jordy Mobil, Andi Supriadi, mengatakan, pemulihan pasar mobkas telah terjadi sejak akhir 2020. Meski pemulihannya berjalan dengan perlahan dan bertahap, hal itu konsisten terjadi hingga saat ini.

"Tahun ini, pemulihan pasar kembali terjadi dan sangat didorong oleh kebutuhan masyarakat akan kendaraan untuk Lebaran," kata Andi kepada Republika, pekan lalu.

Hal itu pun membuat penjualan Jordy Mobil yang terletak di Kemayoran, Jakarta, tersebut sudah sama seperti saat kondisi normal. Menurutnya, kondisi itu mulai terjadi pada pertengahan April 2022.

Dia meyakini, pasar mobkas terus mengalami pertumbuhan seiring dengan penurunan kasus Covid-19. Selain itu, pemulihan juga terjadi karena adanya peningkatan mobilitas dan peningkatan daya beli masyarakat.

Lebaran pun menjadi pendorong utama pada tahun ini karena sebagian masyarakat melakukan tradisi pulang kampung atau mudik. Sehingga, pasar mobkas dianggap sebagai salah satu alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan yang siap pakai dengan harga yang relatif terjangkau.

"Peningkatan permintaan menjelang Lebaran juga didorong oleh adanya tunjangan hari raya atau THR yang diterima masyarakat. Dengan adanya THR maka hal ini otomatis meningkatkan daya beli masyarakat," ujarnya.

Dia pun meyakini, tren positif ini akan terus terjadi sepanjang 2022. Bahkan, pasar sekunder tahun ini diperkirakan bisa lebih baik dibandingkan dengan kondisi pasar saat sebelum pandemi.

Menurutnya, pemulihan saat ini terjadi di setiap jenis dan segmen kendaraan. Mulai dari city car, multi purpose vehicle (MPV), atau sport utility vehicle (SUV). Seluruh jenis kendaraan itu mengalami peningkatan permintaan karena masyarakat memiliki preferensi masing-masing sesuai dengan anggaran serta kebutuhanya. "Secara harga, mobil yang paling banyak diminati adalah mobil dengan harga Rp 100 juta hingga Rp 250 juta," ujarnya.

Oleh karena itu, saat ini pedagang mobil pun memperbanyak persediaan barang dagangan dengan mobil yang berada di rentang harga tersebut. Sehingga, para pedagang bisa terus mengimbangi tingginya permintaan. Sekaligus menjaga harga mobkas tak mengalami naik lantaran ketidakseimbangan permintaan dan suplai.

photo
Seorang warga mengamati mobil-mobil bekas yang dipasarkan di Bursa Mobil Bekas Mal Blok M, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Menurut pedagang setempat, penjualan mobil bekas menjelang Lebaran 2022 pertumbuhannya masih lesu karena rendahnya minat masyarakat membeli mobil bekas akibat perekonomian yang belum sepenuhnya pulih pascarelaksasi aturan pengetatan kegiatan masyarakat selama pandemi COVID-19. - ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

Hal ini pun menjadi strategi pedagang mobkas dalam membuat pasar sekunder tetap dilirik masyarakat. Salah satu strateginya adalah dengan menghadirkan mobkas berkualitas dengan harga yang kompetitif.

"Hingga saat ini, jumlah supply and demand masih seimbang, sehingga harga yang kami tawarkan masih normal. Hal inilah yang membuat mobkas terus dilirik mengingat kebanyakan mobil baru saat ini sudah tidak terjangkau," ucapnya.

Selain Jordy Mobil, pemulihan pasar sekunder juga terjadi di Chelsea Mobil. Pemilik Chelsea Mobil, Teddy Suhartadi, mengatakan, pemulihan pasar mobkas terjadi seiring dengan pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah.

photo
Pedagang membersihkan mobil-mobil bekas yang dipasarkan di Bursa Mobil Bekas Mal Blok M, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Menurut pedagang setempat, penjualan mobil bekas menjelang Lebaran 2022 pertumbuhannya masih lesu karena rendahnya minat masyarakat membeli mobil bekas akibat perekonomian yang belum sepenuhnya pulih pascarelaksasi aturan pengetatan kegiatan masyarakat selama pandemi COVID-19.  - (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

Bahkan, tingginya permintaan membuat Chelsea Mobil yang terletak di Tangerang Selatan tersebut mengalami kesulitan mengimbanginya dengan jumlah suplai yang memadai. "Hal itu membuat harga mobkas melambung," kata Teddy kepada Republika.

Peningkatan harga yang terjadi kebanyakan dialami oleh mobil dengan konfigurasi bangku tiga baris. Ini merupakan mobil yang paling diminati oleh sebagian masyarakat.

Menurutnya, selain memperhatikan konfigurasi tempat duduk, kebanyakan konsumen juga mempertimbangkan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, kebanyakan konsumen mencari mobil bekas tiga baris dengan harga di bawah Rp 150 juta. Dengan begitu, konsumen bisa mendapat mobil dengan harga miring, fungsional, dan memiliki kemampuan akomodasi yang memadai.

Ketidakseimbangan persediaan dan permintaan ini dianggap indikator positif bagi pemulihan pasar sekunder. Dia pun berharap, peningkatan permintaan ini bisa terus terjadi sepanjang periode berikutnya.

"Semoga, setelah Lebaran, pandemi tetap bisa ditekan dan perekonomian terus mengalami pertumbuhan sehingga hal ini bisa terus mendorong daya beli masyarakat," ucapnya.

Di satu sisi, pemulihan pasar sekunder yang terus terjadi pun mendorong OLX Autos Indonesia untuk terus memperkuat bisnisnya di Tanah Air. Hal itu dilakukan dengan menghadirkan tiga store baru di tiga lokasi, yakni Cibubur, Depok, dan Bogor.

Director of Classified and New Business OLX Autos Indonesia Agung Iskandar mengatakan, hadirnya tiga store terbaru ini juga sebagai upaya perusahaan dalam memperluas ekosistem niaga pasar mobkas di Indonesia. Sekaligus juga untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak.

photo
Warga berjalan di antara mobil-mobil bekas yang dipasarkan di Bursa Mobil Bekas Mal Blok M, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Menurut pedagang setempat, penjualan mobil bekas menjelang Lebaran 2022 pertumbuhannya masih lesu karena rendahnya minat masyarakat membeli mobil bekas akibat perekonomian yang belum sepenuhnya pulih pascarelaksasi aturan pengetatan kegiatan masyarakat selama pandemi COVID-19. - ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

"Kehadiran store baru OLX Autos ini merupakan langkah kami dalam memberikan aksesibilitas yang lebih mudah bagi pelanggan dan memperluas jangkauan dalam hal jual beli mobkas di Indonesia. Harapannya, dengan bertambahnya store maka akan semakin banyak masyarakat yang terakomodasi kebutuhannya dalam hal jual beli mobkas dan tentunya ekosistem niaga pasar mobkas di Indonesia akan semakin luas," kata Agung Iskandar dalam keterangan pers kepada Republika.

Cibubur, Depok, dan Bogor dipilih lantaran lokasinya yang strategis dan merupakan kota penyangga. Dengan begitu, akan makin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi mobkas. Khususnya, pelanggan yang berada di tiga area tersebut dan sekitarnya.

Dengan penambahan itu, jumlah store OLX Autos saat ini mencapai 12 store. Semuanya tergabung dalam hampir 100 jaringan authorized dealer OLX Autos.

Agung menambahkan bahwa OLX Autos secara konsisten terus memperkuat dan memperluas ekosistem niaga pasar mobkas di Indonesia. Hal itu guna mempermudah jangkauan pelanggan yang ingin bertransaksi mobkas di OLX Autos.

"Walaupun situasi pandemi saat ini masih menjadi tantangan, bukan menjadi alasan bagi kami untuk berhenti dalam memperluas pasar. Kami ingin terus mendekatkan diri dengan pelanggan. Diharapkan, kami bisa terus melakukan ekspansi store di berbagai wilayah Indonesia sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan pengalaman menyenangkan ketika transaksi mobkas," ujarnya.


Piaggio Gelar Ride & Share, Honda Luncurkan Mobil Listrik

Program Piaggio berbagi tersebut kembali digelar mengingat Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan penuh berkah.

SELENGKAPNYA

Periklindo akan Gelar Pameran Mobil Listrik

Periklindo melaksanakan edukasi dan sosialisasi electric vehicle (EV) melalui konferensi, talkshow, serta sharing session.

SELENGKAPNYA
×