Warga mengganjal ban mobil pemudik di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/6). Jasa ganjal ban mobil tersebut membantu kendaraan pemudik ketika tidak kuat berjalan saat di tanjakan yang dilakukan oleh warga sekitar dengan keuntungan bis | Republika/Putra M. Akbar

Otomotif

28 Apr 2022, 09:23 WIB

Cara Pastikan Kondisi Ban Aman untuk Mudik

Kembangan alur dan ketebalan tapak ban berfungsi untuk menjaga daya cengkeram ban saat melaju di jalan raya.

OLEH ERIC ISKANDARSJAH 

Momen mudik segera datang dalam beberapa hari lagi. Dalam jeda waktu yang tersisa, pengedara disarankan untuk melakukan persiapan kendaraan sehingga perjalanan jarak jauh bisa dilalui dengan aman.

Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia Fachrul Rozi menilai, salah satu komponen yang krusial dan perlu mendapat perhatian adalah ban. Karena, komponen tersebut merupakan satu-satunya komponen yang menjadi tumpuan kendaraan saat melintas di berbagai permukaan jalan.

"Ban merupakan salah satu komponen penentu dalam keselamatan berkendara dengan berbagai fungsinya. Seperti untuk menahan beban, meredam guncangan, serta menjaga stabilitas kendaraan. Oleh sebab itu, kondisi ban sangat memengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara," kata Fachrul Rozi dalam keterangan pers pada Selasa (26/4).

photo
Pemudik melintas di jalur Pantura Lohbener, Indramayu, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (22/4/2022). Sejumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan lalu lintas di kawasan jalur Pantura. - (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp.)

Oleh karena itu, produsen ban asal Prancis tersebut membagikan sejumlah kiat untuk memastikan kelaikan kondisi ban. Pertama, pengendara disarankan untuk memperhatikan alur dan tapak ban.

Kembangan alur dan ketebalan tapak ban berfungsi untuk menjaga daya cengkeram ban saat melaju di jalan raya. Terutama, saat melaju pada kondisi jalan basah atau hujan.

Ban dengan alur kembang yang sudah menipis dan mendekati indikator ketebalan atau thread wear indicator (TWI) berpotensi menyebabkan kendaraan tergelincir atau aquaplanning saat melaju pada kondisi permukaan jalan yang basah.

"Untuk melihat apakah ban masih memiliki alur kembang yang baik, para pengemudi dapat meraba atau melihat langsung kondisi ban. Panduan indikator ketebalan tapak ban adalah 1,6 milimeter. Artinya, jika ketebalan kembang ban sudah menipis sehingga tersisa atau mendekati 1,6 milimeter maka ban harus diganti," ujarnya.

Kemudian, pengendara juga harus memastikan kesesuaian tekanan ban. Untuk memastikan hal tersebut, pengendara bisa mengacu pada panduan tekanan ban yang disarankan oleh pabrikan.

Selanjutnya, pengendara perlu memastikan kondisi ban cadangan. Sehingga, saat terjadi persoalan pada salah satu ban, perjalanan bisa tetap dilanjutkan lewat penggunaan ban serep tersebut.

Untuk ban cadangan, sejumlah hal yang perlu dipastikan adalah kebersihanya, yaitu bebas dari beragam kotoran dan karat. Kemudian, tekanan udara serta kondisi karet yang bebas dari retak atau sobek. 

Ban performa tinggi

Sebagai bagian kendaraan bermotor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, peran ban bagi kendaraan bermotor menjadi vital dalam menunjang keselamatan dan kenyamanan. 

Kondisi permukaan jalan di Tanah Air yang bervariasi, telah mendorong pabrikan ban untuk memproduksi beragam jenis ban yang cocok dengan permukaan jalan. Memilih ban yang cocok dengan kebutuhan tentunya perlu pengetahuan bagi konsumen agar dapat membeli ban yang tepat sesuai kebutuhan.

Salah satu ban yang banyak digunakan di pasaran adalah jenis ban performa tinggi. Ban jenis ini umumnya banyak digunakan untuk jalan beraspal dan dapat dipacu dengan kecepatan diatas 100 kilometer perjam.

"Ban jenis ini mampu melakukan pengereman maksimal baik dalam kondisi jalanan basah maupun kering dengan baik, sehingga menjadi pilihan tepat bagi pengendara motor sport yang mengutamakan performa tinggi," kata Leonard Gozali, selaku Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal Tbk (PT GT) dalam keterangan tertulisnya. 

Melalui PT IRC Gajah Tunggal Manufacturing(PT IGM) meluncurkan produk ban IRC RX-02. Sebelum hadir di Tanah Air, ban ini telah dipasarkan di Jepang dan Thailand sekaligus menguji kualitasnya. Kelebihan lain yang dimiliki ban performa tinggi seperti IRC RX-02  terdapat pada total kontrol yang optimal.

Ban depan difokuskan pada keseimbangan dan ban belakang difokuskan pada stabiltas. Kompon terbaru dengan desain pola secara linier yang dimiliki IRC RX-02 memberikan daya cengkram maksimal. "Ban jenis ini sangat cocok bagi pengguna motor sport performa tinggi,"katanya. 


Ja'far Si Bapak Kaum Miskin

Orang yang paling peduli dan paling siap membantu mereka yang miskin adalah Ja'far bin Abi Thalib

SELENGKAPNYA

Entitas Lorong Menuju Tuhan

Lorong-lorong menuju Tuhan mempunyai beberapa nama jalan atau entitas.

SELENGKAPNYA

Agar Khusyuk dalam Shalat

Salah satu kewajiban yang harus ditunaikan saat shalat adalah tumakninah dan khusyuk.

SELENGKAPNYA
×