is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image lbi

Kulit Lumpia Kering, Harga dan Resep Membuatnya

Kuliner | 2022-01-10 16:18:58

Kulit Lumpia Kering, Harga dan Resep Membuatnya

Kulit lumpia dibedakan menjadi dua yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Cara membedakannya yaitu jika lumpia kering dimasak dengan cara di goreng. Sedangkan lumpia basah di masak dengan cara dikukus atau direbus.

Order di Shopee Juragan.frozenfood

ORDE DISINI : Kulit lumpia tipis kualitas super

Kulit lumpia yang kering banyak digemari oleh para pecinta gorengan. Teksturnya yang renyah sangat cocok untuk segala macam isian seperti, telur, sayur, adonan danging, rebung, pisang dan lain-lainnya. Ini menjadikan makanan dengan kulit lumpia akan memberikan sensasi renyah diluar dan lembut didalam.

Cara Membuat Kulit Lumpia Renyah

Makanan olahan kulit lumpia memang cukup popular. Jajanan ini disukai oleh banyak orang. Cara pembuatannya juga mudah. Dari beberapa resep, ini yang paling direkomendasikan untuk pemula dan bisa dicoba di rumah. Cara membuat kulit lumpia yang renyah anti gagal sebagai berikut:

1. Siapkan Dulu Alat dan Bahan-Bahannya.

Untuk membuat lumpia renyah, harus menggunakan bahan-bahan yang sesuai takaran. Bahan-bahan yang digunakan yaitu:

250 gram tepung terigu.1 butir telur, yang digunakan hanya putih telurnya saja.Sedikit garam. Bisa ditambahkan sesuai selera.Sedikit gula. Bisa ditambahkan sesuai selera.250-300 cc air atau sekitar satu gelas.

Sedangkan alat yang digunakan untuk membuat kulit lumpia yaitu:

Kuas kue.Wadah adonan.Sendok/alat untuk mengaduk.Alat penyaring.Teflon anti lengket. Untuk ukuran ideal kulit gunakan Teflon yang mempunyai diameter 17-18 cm.

2. Langkah Pembuatan Kulit Lumpia

Dalam pembuatan kulit lumpia, langkah-langkah ini harus yang dilakukan agar mendapatkan kulit lumpia yang anti gagal. Untuk langkah pembuatan kulit lumpia, yaitu:

Masukkan tepung terigu, putih telur, garam dan gula ke dalam wadah adonan. Aduk sampai rata.Masukkan air sambil tetap diaduk-aduk pelan-pelan. Usahakan adonan tidak terlalu kental dan encer.Saring adonan dengan penyaring. Tujuanannya agar adonan yang digunakan untuk kulit lumpia menjadi halus.Siapkan kuas dan wajan Teflon anti lengket.Panaskan wajan tanpa minyak dengan api kecil.Oleskan adonan ketika sudah panas dengan kuas sampai menutupi permukaan teflon.Tunggu sampai kulitnay terkelupas.Angkat kemudian taburi dengan tepung terigu.Lakukan sampai semua adonan habis. Tumpuk lumpia diatas kulit lumpia yang sudah ditaburi tepung teligu.Kulit lumpia siap untuk digunakan untuk pembungkus makanan misalnya, martabak, pisang coklat, dan lain sebagainya.

Kulit lumpia adalah salah satu yang kerap digunakan untuk membuat berbagai camilan. Kegunaan kulit lumpia adalah menambah cita rasa dan efisien untuk membuat makanan. Selain itu, kulit lumpia merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dan murah.

Apa itu kulit lumpia?

Kulit lumpia adalah olahan berbahan baku tepung yang dioalh sedemikan rupa hingga berbentuk kulit yang berfungsi untuk membungkus. Biasa digunakan untuk mengolah makanan dan cemilan, tekstur nan lembuat membuat aneka jenis masakan menjadi semakin nikmat.

Bisa digunakan untuk membuat aneka cemilan basah atau goreng, ini semua tergantung selera. Untuk kamu yang tidak suka goreng-gorengan, bisa mengolah kulit lumpia menjadi cemilan yang dikukus atau rebus.

Berikut ini olah kulit lumpia berdasarkan cara pengolahannya dan resep yang akan di update bertahap:

Kulit lumpia dengan cara di goreng:

1. Kulit lumpia mi goreng

2. Lumpia pisang cokelat keju

3. Lumpia semarang

4. Lumpia isi kakap kacang hijau

5. Lumpia isian sayur

6. Samosa

7. Kulit lumpia isi rebung

8. Kulit lumpia timus

9. Chiken curry spring roll

10. Lumpia choipa

11. Lumpia isi ayam

12. Lumpia isi daging sapi

13. Lumpia isi daging sapi dan sayur

14. Lumpia isi daging kambing

15. Lumpia isi smoke beef

16. Lumpia isi telur

17. Lumpia isi udang

18. Lumpia isi tahu udang

19. Lumpia isi bangkuang

20. Lumpia tape keju

21. Lumpia telur tahu

22. Lumpia kentang tahu

23. Lumpia tempe tahu

24. Lumpia tempe

25. Lumpia cumi

26. Lumpia udang kulit tahu

Kulit lumpia dengan cara di panggang

1. Kulit lumpia panggang

Cara pembuatan kulit lumpia cukup mudah dan banyak variasi makanan yang bisa diolah. Tentunya jajan akan lebih hemat jika bisa bikin sendiri di rumah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya