is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image lbi

Contoh Makanan yang Menggunakan Bahan Baku Kulit Lumpia

Kuliner | 2022-01-10 16:15:55

Contoh Makanan yang Menggunakan Bahan Baku Kulit Lumpia

klik disini untuk melihat aneka frozen food lainnya

Manfaat kulit lumpia untuk pembungkus aneka camilan sudah tidak diragukan lagi. Makanan yang menggunakan kulit ini mempunyai rasa yang enak sebagai jajanan yang ramai pengemar. Tak jarang orang membeli jajan tersebut sebagai camilan dan buah tangan kepada teman dan keluarga. Kulit lumpia dapat diolah menjadi berbagai jenis kuliner dan camilan.

Jenis-Jenis Olahan Kulit Lumpia yang Lezat

Kulit lumpia dibedakan menjadi dua yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Cara membedakannya, lumpia kering dimasak dengan cara digoreng. Sedangkan lumpia basah di masak dengan cara dikukus atau direbus. Adapun makanan yang menggunakan kulit lumpia sebagai berikut:

1. Pisang coklat

Salah satu variasi menu masakan yang menggunakan kulit lumpia adalah pisang coklat. Makanan ini cukup popular di masyarakat. Perpaduan antara kulit lumpia yang renyah pada saat digigit, manisnya lelehan coklat di dalamnya dan cita rasa pisang menjadikan makanan ini kuliner yang mengoyang lidah.

2. Lumpia rebung

Lumpia Rebung adalah salah satu makanan yang menggunakan kulit lumpia sebagai pembungkusnya. Makanan ini menjadi salah satu andalan yang dihidangkan pada saat acara arisan, rapat kantor dan menu camilan saat siang hari.

3. Lumpia basah

Lumpia Basah bisa menjadi alternatif makanan rumahan yang patut untuk dicoba. Sajian ini mudah diolah dan sangat praktis. Cara membuatnya juga sederhana. Berbeda dengan lumpia kering, tekstur Lumpia Basah lebih lembut dan kenyal. Biasanya, lumpia basah berisi aneka bahan yang manis seperti campuran kelapa dan gula merah.

4. Martabak Mini

Martabak mini merupakan variasi menu martabak namun dengan ukuran lebih kecil sebesar gorengan di tangan. Ukurannya yang lebih kecil membuat makanan ini tidak perlu dipotong seperti pada umumnya. Untuk rasanya hampir sama dengan martabak biasa dengan kulit yang lebih krispi.

5. Kulit Lumpia Krispi

Kulit lumpia krispi adalah makanan yang berbahan utama kulit lumpia. Rasanya sangat krispi ditambah dengan rasa bumbu yang bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya. Misalnya rasa balado, ayam panggang, sapi panggang dan jangung manis. Makanan ini sangat cocok sebagai teman ngemil.

6. Kebab Coklat

Kebab coklat adalah makanan India yang isiannya coklat. Biasanya kebab akan diisi dengan daging kambing, namun sedikit dimodifikasi dengan isian coklat. Tentu makanan tersebut sangat direkomendasikan buat Anda yang ingin merasakan kebab dengan variasi rasa yang manis.

7. Samosa

Samosa adalah makanan yang berasal dari India. Makanan ini merupakan kulit lumpia yang diisi dengan isian berupa ayam, bumbu dan sayuran kemudian dilipat berbentuk kotak. Makanan tersebut sangat enak untuk dimakan selagi masih hangat.

8. Sosis Balut Lumpia

Sosis balut lumpia merupakan makanan yang digemari oleh anak-anak sekolahan. Makanan ini menampilkan rasa sosis yang dibalut dengan kulit lumpia kemudian dimasak dan disajikan dengan saos. Makanan tersebut cocok dijadikan bekal makan siang anak sekolahan.

Dari beberapa makanan dengan bahan kulit lumpia di atas, masih banyak lagi makanan enak dengan bahan pembungkus makanan ini. Apapun makanan yang dimasak dengan bahan tersebut pastinya akan enak dan menggugah selera makan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya