is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Azarine Nathaniela

Pemilihan Ketua HIMA KPI 2021/2022

Eduaksi | 2022-01-10 12:20:58

Di masa pandemi covid-19 saat ini, hampir semua kegiatan termasuk perkuliahan membuat sistem perkuliahan dan kegiatan menjadi terganggu. Bahkan aktivitas diluar perkuliahan pun terganggu. Semua aktivitas dilakukan secara daring atau jarak jauh.

Aktivitas yang dilakukan secara daring menjadi tidak maksimal karena memiliki banyak hambatan atau kendala yang dialami, maka dari itu teknologi menjadi hal yang paling diandalkan pada saat masa pandemi ini. Karena kecanggihannya, teknologi saat ini dapat digunakan dalam menjalani aktivitas di masa pandemi.

Teknologi dapat membantu pekerjaan di masa pandemi ini, ada beberapa manfaat teknologi pada saat pandemi ini khususnnya gadget. Gadget dapat mempermudah kegiatan dan aktivitas manusia, apalagi dalam hal pertemuan yang dapat dilakukan walaupun secara tidak langsung dan dari jarak jauh. Selain itu, ada banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam melakukan kegiatan atau aktivitas manusia.

Namun, ada beberapa kendala dalam penggunaan teknologi saat ini seperti akses internet, akses teknologi, dan lain-lain. Akses internet sulit dijangkau karena tempat tinggal oranng yang berbeda-beda jangkauan.

Selain itu, masih banyak orang yang belum mahir dan mengerti dalam penggunaan gadget, maka sulit untuk menggunakannya dalam menjalani kegiatan dan aktivitas sehari-hari, sarana dan prasarana pendukung yang terbatas. Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah seperti komputer, laptop, dan infokus.

Pada masa pandemi ini bukan menjadi penghalang dalam perkuliahan khususnya mahasiwa yang masih dapat produktif. Kriteria mahasiswa yang produktif yaitu salah satunya adalah mahasiswa yang dapat mengatur membagi waktu nya dengan baik, mereka yang dapat mengisi waktu nya dengan hal-hal yang bermanfaat. Contoh hal yang bermanfaat bagi mahasiswa walaupun adanya keterbatasan adalah mengikuti kepengurusan Himpunan Mahasiswa.

Himpunan Mahasiswa disingkat dengan HIMA. Jika diartikan sebagai sekumpulan mahasiswa dalam sebuah jurusan (program studi). Kumpulan mahasiswa yang tertampung di dalam HIMA tersebut bergabung memiliki tujuan yang sama dan pada jurusan/prodi yang sama.

Himpunan Mahasiswa merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir, potensi, dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat.

Dalam Pemilihan Ketua Hima Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Periode 2021/2022 baru saja dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 secara musyawarah melalui Zoom Meeting. Acara ini hanya di hadiri oleh rekan mahasiswa yang mencalonkan diri sebagai Ketua Hima yang baru dan kepengurusan Hima lainnya.

Pemilihan dilakukan setelah ditetapkan calon kandidat ketua serta dilakukan jajak pendapat mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk menampung aspirasi mahasiswa, karena esensi dari Hima ini adalah organisasi dari mahasiswa untuk mahasiswa.

Untuk itu aspirasi mahasiswa dipandang sebagai sesuatu yang mutlak, perlu diketahui sehingga dapat dijadikan bahan rujukan dalam menetapkan divisi yang dikelola mahasiswa lain. Pengurus HIMA dipilih dan dibentuk berdasarkan asas demokrasi dimana kegiatan pemilihan dilakukan secara terbuka dan transparan.

Dalam pemilihan ketua Hima kali ini terdapat lima pasang calon kandidat dari angkatan 2019 dan 2020. Masing-masing kandidat mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja jika terpilih sebagai ketua Hima Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Pada tahapan musyawarah pertama pemilihan ketua Hima ini diadakannya sosialisasi dan musyawarah kelas pada hari Jumat, 9 Juli 2021 dilakukan secara online di grup WhatsApp messenger kelas masing-masing calon kandidat.

Tahapan musyawarah kedua ada enam nama yang akan masuk kedalam Dewan Syuro KPI yang akan berlanjut ke tahapan berikutnya dilakukan melalui grup WhatsApp bersama kepengurusan Hima KPI yang lain pada hari Sabtu, 17 Juli 2021.

Tahapan ketiga atau terakhir ini dilakukan secara live di Instagram @himakpi_uika pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 adalah hasil musyawarah terakhir penentu DSK untuk memunculkan nama ketua Hima yang baru.

Setelah melaksanakan 3 tahapan musyawarah kita baru dapat mengumumkan hasil pemilihan ketua Hima yang baru pada hari Sabtu 24 Juli 2021. Pengumuman hasil musyawarah dilakukan secara live melalui Instagram @himakpi_uika.

Karena dilakukan nya pemilihan ini secara online maka banyak kelebihan yang dimiliki oleh calon kandidat yaitu, lebih hemat dalam melakukan melakukan wawancara, dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan mudah mengatur waktu.

Tapi, dibalik kelebihan pasti ada kekurangan dalam pemilihan online yaitu, kendala terhadap sinyal, keterbatasan akses yang akan digunakan, dan adanya kesenjangan teknologi. Penting bagi kita menggunakan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai teknologi agar dapat lebih berkembang meskipun tak secara langsung.

Untuk kedepannya, disarankan pula sebaiknya lebih dapat belajar lebih dalam karena yang namanya belajar tidak hanya saat kuliah atau sekolah saja. Kita dapat belajar dalam hal apapun dan melalui apapun. Kita dapat lebih inisiatif lagi dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi agar kretivitas dalam diri dapat berkembang walaupun terhalang oleh jarak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya