7 Modal Dasar untuk Terjun di Bisnis Online

Bisnis  
Modal dasar bisnis online (foto: blog.excellence.asia)
Modal dasar bisnis online (foto: blog.excellence.asia)

Tidak dapat dimungkiri bahwa dunia online tak hanya digunakan sebagai media berbagi informasi. Namun jauh dari itu, internet telah merambah menjadi ladang uang yang mampu memberikan pendapatan bagi mereka yang menggelutinya.

Internet telah memberikan kesempatan bagi siapa pun, tidak memandang usia ataupun jabatan, untuk membangun sebuah bisnis yang memiliki jaringan ke seluruh dunia. Dalam dunia internet, lahirnya sebuah bisnis kian memanfaatkan jaringan global untuk menjangkau pasar yang lebih jauh. Bisnis tersebut dikenal dengan bisnis online.

Semakin hari, semakin banyak saja orang yang menggeluti bisnis online, tanpa terkecuali kru Cari Cuan sendiri yang menjadikan internet sebagai ladang bisnis untuk meraup keuntungan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggeluti bisnis online? Dalam artikel kali ini, Cari Cuan ingin mengajak untuk memahami hal apa yang perlu dipersiapkan sebelum Anda benar-benar terjun ke bisnis online.

Nah, ada minimal tujuh modal dasar yang perlu dipersiapkan sebelum terjun berbisnis online. Berikut modal dasar tersebut.

1. Memiliki e-mail

Ini hal dasar yang harus Anda miliki. Anda wajib memiliki e-mail yang nantinya akan digunakan untuk membuat blog atau website, mendaftarkan akun sosmed, membuat akun Paypal (aplikasi pembayaran internasional), dan nantinya sebagai alat komunikasi dengan klien Anda. Pastikan e-mail tersebut tercantum dalam blog atau web Anda.

2. Memiliki akun sosmed

Fungsi sosial media (sosmed) di sini digunakan untuk personal branding. Sebaiknya, tidak perlu banyak membuat sosmed. Cukup pilih salah satu sosmed yang paling Anda senangi dan kembangkan sosmed tersebut agar dapat digunakan sebagai alat meningkatkan personal branding.

3. Memiliki blog/web

Ini mungkin kunci utama. Pertama kali yang harus Anda miliki adalah sebuah wadah untuk menjadi tempat Anda melakukan bisnis online. Wadah tersebut berupa blog atau website. Anda boleh pilih salah satunya tergantung ingin menawarkan apa di internet. “Saya masih pemula, tidak bisa membuat blog atau website, bagaimana?” Tenang, Anda bisa mempelajari cara membuat blog gratis di Blogspot dan WordPress. Modalnya cukup e-mail Anda saja.

4. Memiliki sebuah produk

Produk apa yang ingin Anda tawarkan? Apakah Anda ingin menawarkan sebuah jasa review, backlink, atau jualan online? Apapun itu, Anda dapat melakukannya bila Anda memiliki sebuah blog atau website. Bila Anda menawarkan jasa, maka blog adalah wadah yang cocok untuk Anda. Namun bila Anda ingin berjualan online, maka buatlah sebuah website toko online. Namun bila Anda belum bisa membuat toko online, gunakan blog saja tidak masalah.

5. Memiliki rekening khusus

Sebagai media pembayaran, Anda membutuhkan rekening pribadi. Jadi kalau belum punya rekening, ya silakan buka rekening dulu. Cukup buat satu rekening di bank populer (seperti BCA, BNI, Mandiri, dan BRI). Kalau bisa, jangan menggabungkan antara rekening tabungan dengan rekening bisnis online.

6. Memiliki akun Paypal

Sama seperti rekening, Paypal kita gunakan sebagai metode pembayaran, terutama klien yang berasal dari luar negeri. Untuk sekarang tidaklah sulit membuat akun Paypal.

7. Memiliki laptop dan smartphone

Sudah wajar orang-orang era saat ini memiliki laptop dan smartphone karena sekarang kedua barang ini seperti wajib dimiliki masyarakat modern. Akan sangat merepotkan bila Anda ingin berbisnis online namun tidak ada perangkat yang mampu mendukung bisnis online Anda. Karena bila tidak punya smartphone atau laptop, Anda akan kesulitan untuk membangun sebuah blog/website, mempromosikan blog Anda, dan pengembangan ilmu.

Yang tidak kalah penting, terus semangat untuk update ilmu terbaru. Ilmu internet semakin berkembang, bila kita tidak update, maka kita bisa ketinggalan.

Artikel ini dikirim oleh:

Monza Aulia (www.jedadulu.com)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image