is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Denis Cahyo

Kenapa Anjing Saya Gelisah? Ini Solusinya

Gaya Hidup | 2022-01-07 08:55:48

Anjing selalu dicirikan sebagai hewan yang energik dan bersemangat untuk bermain dan keluar, kapan pun waktunya. Namun, terkadang teman setia kita dapat menunjukkan perilaku aneh dan tampak lebih gelisah atau lebih hiperaktif dari biasanya. Nah, ini bisa jadi karena kurangnya perawatan dan permainan atau bahkan tanda penyakit yang mendasarinya, gejala halus ini bisa memberi tahu kita banyak hal tentang apa yang terjadi pada anjing kita dan apa yang bisa kita lakukan untuk membantunya.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa anjing saya gelisah dan tidak berhenti bergerak, tetaplah di artikel ini untuk menemukan berbagai alasan. Berikan hewan peliharaan Anda kehidupan yang baik!

Stres atau kecemasan

Salah satu penyebab paling umum dari hiperaktif atau perilaku gelisah anjing kami adalah suasana hati yang stres atau cemas. Ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa hewan peliharaan tidak memiliki lingkungan yang diperkaya yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Jika Anda tinggal di rumah kecil, banyak menghabiskan waktu sendirian atau tidak punya waktu untuk bermain dan mengajaknya jalan-jalan, si kecil akan mulai menunjukkan gejala kebosanan dan kebosanan yang bisa memicu kecemasan.

Anjing perlu memiliki lingkungan dan rumah yang penuh dengan rangsangan yang memotivasi mereka dan mereka harus mendedikasikan beberapa jam sehari untuk membakar energi yang mereka miliki secara alami. Jika Anda tidak memenuhi kebutuhan ini, itu akan berakhir dengan mengembangkan stres dan, dalam jangka panjang, dapat menyebabkan masalah perilaku atau kecemasan kronis pada anjing.

Bagaimana saya tahu jika anjing saya stres? Cari tahu di artikel ini!

Parasit

Baik internal maupun eksternal, parasit adalah penyebab utama kekhawatiran pada anjing. Ketika kita berbicara tentang parasit eksternal, identifikasi mereka biasanya lebih mudah, karena dengan memeriksa anjing Anda, Anda akan dapat mengetahui apakah ia memiliki tungau, kutu atau caplak. Salah satu dari ketiganya dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau gatal yang akan membuat anjing Anda gelisah dan menggaruk.

Jika parasit internal, identifikasi mereka lebih kompleks dan jika Anda curiga, Anda harus memperhatikan gejala lambung seperti muntah, kehilangan nafsu makan atau radang perut, untuk dapat membawanya ke dokter hewan dan menawarkan pengobatan.

Nyeri

Salah satu tanda yang dapat menyebabkan rasa sakit pada anjing adalah mereka lebih tumpul atau tidak mau bergerak. Namun, perubahan perilaku yang disertai dengan tangisan atau kegelisahan yang tiba-tiba dan sporadis ini bisa menjadi tanda yang lebih dari jelas bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik. Baik karena pukulan atau sakit, jika Anda memiliki tanda-tanda bahwa anjing Anda menderita semacam rasa sakit, Anda harus membawanya sesegera mungkin ke dokter hewan terpercaya Anda sehingga ia dapat membantunya merasa lebih baik. Jangan biarkan itu berlalu!

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui apakah anjing saya sakit, jangan lewatkan artikel ini.

Kelainan saraf

Di luar gambaran rasa sakit atau penyakit yang terkait dengan gejala yang mengganggu ini, salah satu skenario yang dapat terjadi pada anjing Anda jika ia gelisah atau tidak berhenti bergerak adalah ia memiliki kelainan saraf yang menyebabkannya. Salah satu yang paling umum adalah sindrom vestibular yang menyebabkan vertigo dan kesulitan dalam mengorientasikan diri, membuat gerakan mereka impulsif dan tidak koheren, bahkan harus berjalan dengan kepala ke satu sisi. Jenis gangguan ini harus didiagnosis oleh seorang spesialis, yang akan bertanggung jawab untuk merekomendasikan apa yang harus dilakukan dan bagaimana memberikan kualitas hidup terbaik kepada mereka.

Alergi

Selain parasit eksternal, alergi bisa menjadi sakit kepala yang nyata bagi gigi taring Anda yang, karena kulitnya bereaksi dengan sesuatu, tidak bisa berhenti bergerak dan menggaruk secara kompulsif. Alergi dapat dibedakan dari skenario lain karena disertai dengan bersin, pilek, keluarnya cairan dari mata dan, jika alergi makanan, bahkan muntah atau masalah pernapasan. Anda harus mengetahui penyebab alergi ini untuk menjauh dari sumber yang menghasilkan reaksi ini.

Apa yang harus saya lakukan jika anjing saya gelisah?

Seperti yang Anda lihat, ada banyak penyebab yang mungkin menyebabkan perilaku gelisah pada anjing kita. Itulah mengapa hal utama untuk mengetahui bagaimana bertindak sebelum gambar seperti itu adalah untuk dapat mengidentifikasi penyebab pastinya. Idealnya, Anda harus pergi ke dokter hewan biasa sehingga ia dapat mengidentifikasi alasannya dan dapat memberinya perawatan khusus. Jika perilaku ini akhirnya disebabkan oleh stresor, Anda harus berhati-hati memberi anjing Anda kehidupan dan kebutuhan yang dibutuhkannya, seperti: jalan-jalan tiga kali sehari, permainan dan rangsangan, waktu berkualitas, makanan sehat dan bergizi, bersosialisasi dengan anjing lain. , olahraga dan, jika perlu, saran dari pelatih khusus.

Apa yang Anda pikirkan tentang artikel ini? Tinggalkan kami pengalaman Anda di komentar. Dan jika Anda juga ingin tahu apa yang harus dilakukan jika anjing saya sangat gugup, jangan lewatkan artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya