is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mustakim ID

Hobi Menulis yang Menghasilkan Uang dengan Ini

Guru Menulis | 2022-01-02 08:06:46

Jangan salah, punya hobi menulis bisa mendatangkan uang lho bahkan hingga ratusan juta setiap bulannya. Gak percaya? Saya akan tunjukan kepada Anda bagaimana cara menghasilkan uang hanya bermodalkan skill menulis. Pegawai kantoran mah lewat.

Era digital mengubah cara orang dalam bekerja dan menghasilkan uang. Jika orang jaman dulu menghasilkan uang melalui bisnis offline, saat ini orang paling sukses menjalankan bisnisnya melalui platform digital.

Nah, di internet sendiri ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, salah satunya dengan menulis. Ada banyak kok ide hobi menulis yang menghasilkan uang.

Hobi Menulis yang Menghasilkan Uang

Ada beberapa hobi menulis yang bisa datangkan uang, di antaranya:

1. Hobi Menulis Artikel di Blog

Jika kamu suka menulis di blog, kamu berpeluang menghasilkan uang lho. Kamu bisa menjadi publiher berbagai advertiser seperti Google Adsense, MGID dan lainnya.

2. Hobi Menulis Artikel Novel

Kalau menulis novel sih jangan ditanya, ada banyak banget sumber penghasilan yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa hasilkan uang dengan mencetak novel kamu menjadi buku atau kamu terbitkan di aplikasi novel seperti Wattpad, Novelme dan lainnya.

Kamu bisa dapatkan uang dari sana bahkan dengan nilai yang fantastis lho.

3. Hobi Menulis Cerpen

Menulis cerita pendek (cerpen) juga bisa bantu kamu berpenghasilan lho. Kamu bisa dapatkan uang banyak dari cerpen yang dibuat. Kamu bisa jual ke banyak orang mulai dari blogger, aplikasi novel dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis

Kamu punya hobi menulis? Kamu bisa dapatkan banyak uang dengan hobi kamu tersebut lho. Sudah 4 tahun saya buktikan hal tersebut dan sampai saat ini saya masih hidup dari tulisan yang saya buat.

Adapun beberapa cara mendapatkan uang dari menulis di antaranya adalah seperti berikut:

1. Buka Jasa Penulis Artikel

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang dari hobi menulis kamu adalah dengan membuka jasa penulis artikel. Jasa penulis artikel ini sekarang sangat dibutuhkah lho.

Seperti yang kamu ketahui sendiri bahwa saat ini, para pebisnis banyak banget yang go online. Untuk memaksimalkan bisnis mereka di internet, mereka akan butuh jasa artikel untuk isi konten website mereka.

Ketika pertama saya terjun ke dunia digital, saya juga buka jasa penulis artikel. Jasa yang saya buka ini adalah jasa penulis artikel SEO. Jasa ini saya lihat punya market yang bagus dan banyak banget yang mencarinya.

2. Menulis di Media Nasional

Selain itu, kamu juga bisa lho menulis artikel di media nasional. Sudah bukan rahasia lagi jika media nasional menjadi tempat terbaik bagi para penulis untuk menghasilkan uang.

Beberapa waktu lalu ada tuh penulis media yang viral. Dia berhasil mendapatkan uang hingga 120 juta sebulan dari hobi menulisnya. Jika kamu sekarang punya keahlian menulis, maka kamu punya peluang itu juga.

3. Menulis di Blog Sendiri

Seperti yang disebutkan di atas, jika kamu hobi menulis di blog, maka kamu juga berpeluang untuk menghasilkan uang dari blog kamu lho. Ini juga menjadi salah satu sumber penghasilan saya selama 4 tahun terakhir ini.

YA ketimbang saya kerja di tempat lain, mending saya jalani hobi saya ini. Toh hasilnya bisa lebih dari hanya sekedar kerja di orang lain. Saya pun bisa enjoy banget menjalaninya karena ini adalah hobi saya.

4. Gabung di Situs Freelancer

Sekarang ada banyak banget situs freelancer yang menawarkan beragam jenis pekerjaan untuk orang seperti kamu yang hobi menulis. Mereka punya banyak klien yang butuh tulisan keren dan menarik.

Kamu tinggal gabung saja di situs freelance tersebut. Nantinya kamu tinggal bid saya pekerjaan menulis yang bisa kamu kerjakan. Jika di approve, kamu tinggal kerjakan dan kirim setelah selesai. Kamu akan dibayar dari setiap pekerjaan yang berhasil kamu selesaikan.

5. Ikut Lomba Menulis

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dengan hobi menulis kamu itu adalah ikut lomba menulis. Ada banyak sekali informasi lomba menulis yang bisa kamu ikuti, kamu bisa cari informasinya di internet. Cek aja, ada banyak kok informasinya di sana, kamu juga bisa kunjungi situs Mustakim.org buat tahu informasi lomba blog.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya