Kevin De Bruyne dari Manchester City, kiri ke-2, merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Champions antara Paris Saint Germain dan Manchester City di stadion Parc des | AP/Thibault Camus

Olahraga

15 Jan 2022, 03:57 WIB

Bentrok Tim Papan Atas: Manchester City Vs Chelsea

Hasil laga Manchester City vs Chelsea bisa menentukan jalannya perebutan juara Liga Primer Inggris 2021/2022.

MANCHESTER -- Tidak banyak waktu istirahat bagi tim-tim Liga Primer Inggris sejak akhir 2021 hingga pertengahan Januari 2022. Kali ini, partai big match akan mempertemukan dua tim kandidat terfavorit juara liga Manchester City versus Chelsea pada pekan ke-22 di Stadion Etihad, Sabtu (15/1) malam WIB nanti.

Partai City melawan Chelsea bukan sekadar duel dua tim bertabur bintang. Pertandingan nanti sekaligus ibarat final perebutan titel Liga Inggris musim 2021/2022.

The Citizens, Manchester City yang menduduki kursi pertama memimpin dengan koleksi 53 poin dari 21 laga. Sementara the Blues Chelsea menyusul di posisi kedua mengantongi angka 43 dari 12 kemenangan, tujuh imbang, dan dua kekalahan.

Armada Josep Guardiola bisa dibilang lebih superior ketimbang sang tamu menjelang laga di Etihad. Pasalnya, City sukses menyapu 10 partai terakhir dengan kemenangan.

Sementara, pasukan Thomas Tuchel yang sempat memimpin puncak klasemen liga pada awal musim terpaksa terpeleset. The Roman Emperor sedang berada dalam performa inkonsisten setelah hanya menang sekali dan empat kali imbang dalam lima partai terakhir.

Selain itu, Manchester City juga diuntungkan dengan kembalinya pelatih Josep Guardiola yang sebelumnya positif terpapar Covid-19. Guardiola telah melewatkan pertandingan Piala FA saat City berjumpa dengan Swindon Town.

Pada dua pekan lalu, wabah Covid-19 melanda skuad the Citizens. Sebanyak 14 anggota staf, termasuk Guardiola, pun tujuh pemain terpaksa menjalani isolasi mandiri.

John Stones, Oleksandr Zinchenko, Raheem Sterling, Jack Grealish, Phil Foden, dan Fernandinho melewatkan pertandingan terakhir versus Swindon.

Kini, dilansir Sportsmail, Jumat (14/1), Guardiola dan sejumlah bintang, termasuk Sterling, telah kembali ke kamp pelatihan untuk mempersiapkan partai krusial kontra the Blues.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester City (mancity)

 

"Kami melewati pekan yang sulit dan saya tahu ini dialami oleh banyak tim lain. Kini, kami tak bisa hanya melihat dan menilai, kami harus tetap fokus dan menunjukkan tekad kami untuk tetap berada di jalur kemenangan," kata Guardiola menjelaskan, dikutip laman resmi klub.

Akan tetapi, terkait kehadiran Guardiola di pinggir lapangan, pihak Manchester City belum bisa memastikan. Apabila eks pelatih Barcelona itu tidak menemani Raheem Sterling Cs, tim akan kembali ditemani oleh asisten pelatih Rodolfo Borrell.

"Dia (Guardiola) baik-baik saja. Dia terkena virus, tetapi ia tidak memiliki banyak gejala yang parah," kata Borrell dilansir Sky Sports.

Kemenangan bagi the Eastland nantinya jelas akan memperlebar jarak perolehan angka mereka atas Chelsea dan rival empat besar Liga Primer Inggris lainnya. Ruben Dias dan kawan-kawan bisa mengantongi 13 poin dengan hanya 16 pertandingan liga tersisa.

Pada pertemuan pertama, juara bertahan Liga Inggris City menang atas Chelsea dengan skor 1-0 di Stadion Stamford Bridge pada September 25 lewat gol striker Gabriel Jesus.

Ini juga menjadi pertemuan menarik antarpelatih elite dunia di Liga Inggris. Guardiola dan Tuchel sudah bertemu dalam sembilan kesempatan dengan lima partai di kompetisi Bundesliga Jerman. Pelatih asal Spanyol pun mengoleksi lima kemenangan, tiga kalah, dan sekali seri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chelsea FC (chelseafc)

Di kubu tim tamu, Chelsea mengusung misi yang sama dengan target harus bisa memetik tiga poin. Tentu, klub asal London itu tidak mau tertinggal lebih jauh lagi.

Adapun the Blues bakal menjalani lawatan dengan situasi yang sangat kondusif menyusul keberhasilan lolos ke final Piala Carabao usai menyingkirkan Tottenham Hotspur.

Capaian positif itu jelas menjadi bekal bagi Thomas Tuchel untuk memantik ambisi Cesar Azpilicueta Cs meraih tiga angka saat bertamu ke markas tim rival sekota Manchester United (MU) itu.

"Kami memainkan dua pertandingan dan hasilnya sangat bagus. Kami berkomitmen pada struktur permainan, disiplin, dan bekerja keras untuk tim. Penghargaan penuh untuk para pemain," kata Tuchel dikutip laman resmi Chelsea.

Chelsea baru saja menyambut kembalinya Thiago Silva dan N'Golo Kante yang absen dalam dua partai karena Covid-19. Kehadiran kedua pemain tersebut datang pada waktu tepat dengan Tuchel percaya Silva dan Kante bisa membawa dampak positif bagi tim di atas lapangan.

"Secara umum penting. Saya pikir kami siap untuk pertandingan selanjutnya," ujar pelatih asal Jerman menambahkan. 


×