is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Furqon

Erigo : Brand Lokal yang Digemari Para Remaja

Gaya Hidup | 2021-12-29 17:10:03

Masa remaja merupakan salah satu periode yang penting dalam suatu rentang kehidupan (Fitri, Zola, & Ifdil, Denich, & Ilyas, 2017). Pada masa ini remaja memiliki kesempatan yang besar untuk mengalami hal-hal baru serta menemukan sumber-sumber dari kekuatan, bakat serta kemampuan yang ada di dalam dirinya. Sementara itu pada masa remaja juga dihadapkan pada tantangan, batasan dan kekangan-kekangan yang datang baik dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya sendiri. Dari segi definisi remaja merupakan individu yang telah yang mengalami masa balig atau telah berfungsinya hormon reproduksi. Pengertian remaja dari segi umur yaitu individu yang berada dalam rentangan usia antara 13 sampai 21 tahun. Pada masa remaja mereka dituntut untuk menjalani tugas-tugas perkembangan (Falentini, Taufik, & Mudjiran, 2013).

Kuatnya pengaruh teman sebaya terhadap penampilan, membuat para remaja berusaha menampilkan dirinya sebaik mungkin agar mereka tidak merasa ditolak oleh kelompoknya sendiri (Hurlock, 1999: 206). Keinginan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan ingin diterima membuat remaja melakukan berbelanja secara berlebihan, sehingga dapat menyebabkan terjadinya gejala perilaku membeli yang tidak wajar secara semestinya di pada usia remaja. Hal itu mereka lakukan agar terlihat menarik dengan menggunakan busana dan aksesoris, seperti sepatu, tas, jam tangan, dan sebagainya yang dapat menunjang pemanpilan mereka. Para remaja juga tidak segan-segan untuk membeli barang yang menarik dan mengikuti trend yang sedang berlaku, karena jika tidak banyak remaja yang merasa dirinya kuno dan tidak gaul. Hal seperti demikian berdampak kepada mereka yang tidak memperhatikan kebutuhannya ketika membeli barang. Mereka cenderung membeli barang sesuai dengan keinginan bukan dengan barang yang dibutuhkan sehingga berbelanja secara berlebihan dan tidak wajar. Sikap dan perilaku tidak wajar inilah yang disebut dengan perilaku konsumtif (Rosyid, Lina dan Rosyid, 1997).

Perilaku remaja yang konsumtif sekarang ini sedang naik-naiknya. Karena munculnya trend baru membuat remaja zaman sekarang ingin mengikuti perkembangan yang sedang berlaku, hasrat untuk memenuhi keinginan mengikuti apapun yang sedang ramai sedang tinggi-tingginya, apalagi sekarang apa saja bisa langsung viral dan diketahui masyarakat contohnya saja outfit brand lokal yang sedang digemari dikalangan remaja.

Brand lokal di tahun 2021 ini memang lagi banyak digemari oleh anak muda salah satunya Erigo. Brand ini merupakan produk asli buatan lokal yang meliputi tas, kaos, kemeja, jaket dan celana. Erigo merupakan hasil karya anak bangsa yang kualitasnya patut diacungi jempol. Pasalnya brand ini sudah menyentuh pasar internasional dan sempat heboh dengan tampilnya di new York time square. Erigo juga berhasil tampil di New York Fashion Week yang merupakan salah satu ajang fashion terbesar di dunia.

Erigo berdiri pada tahun 2013 yang didirikan oleh laki-laki asal Depok, Jawa Barat bernama Muhammad Sadad. Muhammad Sadad mulai merintis bisnisnya pada tahun 2010 dengan nama Selected and Co yang kemudian berganti nama menjadi Erigo pada tahun 2013. Erigo datang membawa warna baru di dunia fashion kalangan anak muda. Kehadirannya begitu disukai dan digemari oleh kaum Milenial. Dalam menjual produk-produknya, Sadad memanfaatkan penjualan online maupun offline. Penjualan online ia pasarkan melalui toko-toko online seperti shopee, Tokopedia, Lazada dan Instagram.

Dimasa pandemi seperti memang toko online menjadi jawaban bagi anak muda untuk tetap mengikuti perkembangan fashion. Erigo memanfaatkan peluang ini untuk menggaet anak muda agar tetap tampil menarik dengan menggunakan produk Erigo. Selain harganya yang terjangkau, Erigo juga memiliki kualitas yang tak kalah hebatnya dengan brand-brand terkenal lainnya. Buktinya Erigo mampu merajai pasar nasional dengan kualitas dan kuantitas produk yang di pasarkan. Banyak anak muda yang menyukai produk dari Erigo karena style yang pasarkan sesuai dengan selera anak muda dan kemajuan jaman. Hal inilah yang menjadikan brand ini banyak diminati dan digemari oleh kalangan anak muda.

Brand Erigo bisa kita temui di kalangan mahasiswa ataupun anak SMA. Banyak dari mereka yang menggunakan produk dari Erigo seperti Jaket dan Kaos yang paling banyak pembelinya oleh para anak muda. Munculnya Brand Erigo ini juga dapat menarik perhatian bagi brand-brand lokal lainnya agar segera menyusul Erigo menembus pasar dunia. Dengan ini hasil karya anak muda seperti brand lokal yang bernama Erigo patut kita acungi jempol karena mampu bersaing di pasar lokal bahkan di kancah internasional.

Dukung terus perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dengan mencintai dan membeli produk lokal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya