is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Septia Renita

3 Cara/tips halal mendapatkan penghasilan uang walau masih kuliah dimasa pandemi covid-19.

Curhat | 2021-12-27 22:09:29

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.

Hallo apa kabar teman-teman? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Sebelumnya izin memperkenalkan diri, nama saya Septia Renita mahasiswi semester 3 yang saat ini sedang menempuh pendidikan S1 Perbankan syariah di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kali ini saya akan membagikan tips atau cara berpenghasilan walau masih kuliah dimasa pandemi seperti ini sesuai dengan pengalaman yang saya jalankan saat ini.

Dimasa pandemi covid-19 seperti ini sangat sulit untuk mendapatkan penghasilan uang,banyak masyarakat hingga saat ini masih saja ada yang menganggur.

Dampak yang pertama yang sangat terasa dan mudah sekali dilihat adalah melemahnya konsumsi rumah tangga atau melemahnya daya beli masyarakat secara luas.

Hingga saat ini, masyarakat mengalami penurunan daya beli yang sangat signifikan. PPKM yang terus berlanjut dengan berbagai aturan pengetatan menghambat masyarakat untuk beraktifitas ekonomi.

Jadi ada 3 tips/ cara mendapatkan penghasilan dari pengalaman pribadi saya.

1.menjadi Guru Les/private.

Dimasa pandemi ini anak-anak sekolah masih belajar secara daring menggunakan hp dan tidak ada nya tatap muka.Sehingga belajar kurang efektif dan anak anak pun banyak yang bermalas malasan untuk belajar terutama untuk kalangan SD,SMP maupun SMA.Agar anak anak belajar tetap efektif ,maka kalian bisa menawarkan jasa untuk belajar dirumah kepada tetangga atau orang-orang disekeliling kita agar anaknya tetap belajar dan tidak bergantung pada gadget saja , untuk gaji kalian bisa negosiasi dengan orang tua murid tersebut.

2.Menjadi seorang influencer di instagram

Berdasarkan pengalaman saya,menjadi seorang influencer memang sedikit susah,karena untuk menjadi influencer harus memiliki jumlah audiens yang banyak.kisaran followers pengikut akun instagram dari ribuan hingga jutaan.Kita juga harus mencari management untuk mengatur dan memberi pekerjaan endorse kepada kita, Ketika menjadi seorang influencer, kita bisa saja mendapatkan banjiran endorse dari beberapa management influencer kita,sekarang saat pandemi ini,saya sedang menaikkan followers instagram untuk mendapatkan penghasilan dari endorse yang ditawarkan oleh management.Dan dari itu saya sudah cukup mendapatkan uang dari hasil saya sendiri walaupun tidak banyak,tapi setidaknya untuk mendapatkan pengalaman.

3. Bekerja di toko-toko atau tempat perdagangan.

Saat pandemi ini pembelajaran masih dilakukan secara daring di rumah,untuk seorang mahasiswa pastinya ada hari libur kuliah, peluang dan kesempatan besar untuk kalian mencari pekerjaan diberbagai tempat daerah kalian.Pengalaman pribadi saya pernah bekerja di toko material,walaupun hanya sementara tetapi waktu saya tidak sia-sia dirumah, karena dengan ini saya bisa mendapatkan uang untuk tambahan biaya kuliah.Hasil kerja di toko material ini sangat membantu saya untuk meringankan beban kedua orangtua,karena saya bisa membiayai kuliah dari hasil kerja saya. Untuk kalian coba lakukan cara ke-3 ini,kalian bisa bekerja di toko manapun yang bisa menerima kalian bekerja tanpa persyaratan khusus.

Semoga bermanfaat bagi para mahasiswa/i yang sedang berjuang mencari uang untuk biaya kuliah.Tetap semangat,jangan putus asa dan jangan malu untuk melakukan pekerjaan apapun selagi masih halal.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya