is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ili Luhung

Hobi Menghasilkan Cuan, Memang Bisa?

Bisnis | 2021-12-23 09:11:26

Hobi bukan hanya sekedar menghabiskan uang. Tetapi, juga menghasilkan banyak manfaat bagi kita.

Kita selalu menjumpai orang yang memiliki hobi dan favorit berbeda-beda. Hobi merupakan kegemaran yang dilakukan untuk mengisi dikala waktu luang dan setelah melakukan rutinitas keseharian. Sering kali kita menjumpai orang yang rela megeluarkan uang yang tidak sedikit demi menukuni hobinya. Seperti hobi memodifikasi kendaraan layaknya sepeda, mobil, dan motor agar terlihat lebih bagus dan keren. Karena hal tersebut hanya ingin dipandang dan ingin hobi yang di suka adalah hobi yang mahal dan tidak murah. Bukannya mendapaktkan apa kita inginkan, kita semakin mendapat kerugian dari hobi tersebut bahkan bisa berdampak juga bagi orang lain jika melakukan hobi tersebut secara berlebihan.

Namun, saat ini tak sedikit orang yang mulai sadar akan peluang bisnis dan juga menjadi penghasilan tambahan di hobi mereka, hingga bisa menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang tidak sedikit. Bahkan ada juga hobi yang dibayar. Misal, orang dengan hobi menulis perlahan-lahan menjadi freelance writer di suatu perusahaan. Karena hobi tersebut banyak dicari oleh orang yang membutuhkan. Hobi ini menjadi contoh bahwa hobi tak semata-mata hanya menghabiskan uang saja, tetapi bisa menghasilkan uang. Tetapi hobi yang menghasilkan uang itu tidak semata-mata secara langsung mendapatkannya. butuh proses, latihan yang tidak sebentar dan juga memakan waktu yang panjang bahkan hingga bertahun – tahun. Jika dilakukan secara konsisten, maka hasil yang didapat akan membuahkan hasil yang maksimal. Itulah sebabnya hobi menjadi sebuah kegiatan tambahan yang bisa menghasilkan keuntungan.

Lalu, bagaimana agar hobi yang kita suka bisa dapat mendatangkan keuntungan bagi kita? Yuk simak enam cara hobi yang menghasilkan keuntungan untuk kita bahkan untuk orang lain!

Bergabung Dengan Komunitas

Adanya komunitas, kita bisa memperbanyak ilmu dan relasi. Di dalam komunitas pasti memiliki tujuan dan ketertarikan hobi yang sama dan juga hobi yang kita suka bisa menjadi lebih berkembang. Bergabung dengan komunitas membuat kita mendapat teman baru, saling mengenal setiap anggota yang berada di komunitas yang sama, menambah pengalaman baru, dan tentunya mendapat hal yang belum pernah kita ketahui sebelumnya serta hal baru disamping kemampuan kita. Karena di komunitas saling bertukar pengalaman dan informasi. McMillan dan Chavis (1986) memaparkan sebuah komunitas merupakan kumpulan orang yang ingin saling memiliki dan anggotanya akan terpenuhi jika saling berkomitmen satu sama lain disetiap anggotanya untuk saling bersama.

Tekuni Satu Hobi Dengan Serius

Memiliki hobi lebih dari satu memang menyenangkan dan juga agar kita tidak mudah merasa bosan. Tetapi, alangkah baiknya memulai menekuni dari hobi yang disukai terlebih dahulu dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu, kita bisa terus mengeksplor lebih jauh hobi yang disukai. Seperti kita melakukan hobi video game. Dengan mendalami hobi tersebut, bisa membuat kita semakin lebih profesional dan juga lebih paham dibandingkan orang lain cara bermain video game.

Tidak hanya itu saja memilih hobi juga bisa mengetahui kepribadian seseorang. Contohnya, orang yang menyukai hobi yang menantang memiliki kepribadian yang disiplin, berani, dan memiliki tanggungjawab. Karena hobi yang menantang membutuhkan mental yang kuat serta rasa percaya diri. Hobi yang kita tekuni bisa menghasilkan banyak manfaat dengan hasil yang terbaik dan mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai serta keuntungan untuk kita. Contohnya mendapatkan uang dari hobi yang kita suka.

Jangan Pelit Ilmu!

Memberikan ilmu ke orang lain bukan berarti kita akan rugi. Sebaliknya, kita akan mendapatkan untung dari berbagi ilmu mengenai hobi kita. Semakin sering kita memberikan ilmu kepada orang lain, membuat kita menjadi lebih terbuka dengan kemampuan yang kita miliki. Banyak orang di luar sana yang ingin melakukan kegiatan yang disukai namun tidak memiliki kemampuan lebih dalam melakukan hal tersebut. Maka dari itu, sebuah hobi juga membutuhkan ilmu atau kemampuan yang harus dimiliki. Jika tidak, kemampuan di hobi yang kita suka tidak akan berkembang dan tidak ada perubahan.

Jauhi Pergaulan Negatif

Banyak kalangan remaja yang terjerat pergaulan yang negatif, seperti berkumpul dengan teman sebayanya. jika berkumpul dengan melakukan hal yang negatif, maka akan berdampak buruk bagi perilaku seseorang yang sudah terjerat pergaulan negatif. Tidak hanya itu, dampak tersebut bisa berpengaruh pada hobi yang kita tekuni dan bisa menghambat apa yang ingin kita capai dengan hobi kita.

Jangan Takut Gagal

Memiliki hobi yang baru dilakukan pertama kali memang diperlukan keberanian dan tekad yang kuat. Jangan takut untuk gagal dalam melakukan kegiatan yang kita suka, karena hal itu termasuk bagian dari proses ketika kita akan melakukan hobi yang disuka. hobi juga memiliki tantangan yang harus dihadapi, misalnya hobi yang menantang dengan adanya rasa percaya diri dalam menekuni hobi yang kita suka, kita lebih berani saat mengambil keputusan dan resiko yang dihadapi. banyak orang mengira hobi tidak memiliki resiko yang besar, padahal beberapa hobi mempunyai resiko yang cukup besar. (Roy T. Bennett) berkata, "Orang yang gagal dalam melakukan kegiatannya dan mencoba terus bangkit untuk menjadi lebih kuat dari pada orang yang tidak pernah mencobanya sama sekali. Jangan takut gagal, tapi malulah jika tidak mencobanya terlebih dahulu".

Berdampak Baik Bagi Karir

Setelah bekerja seharian, biasanya kebanyakan orang merasa lelah setelah melakukan rutinitas disetiap hariannya. Maka dari itu, hobi adalah salah satu upaya untuk melepas lelah dan menyegarkan pikiran. Seperti melakukan hobi memasak setelah bekerja bisa meningkatkan daya ingat yang akan berdampak baik untuk karir kita. Kita juga bisa melakukan hobi tersebut dirumah saja, agar kita tidak lelah setelah bekerja seharian. Bukan hanya itu saja, melakukan kegiatan yang disukai setelah rutinitas bisa membuat seseorang menjadi lebih bersemangat untuk melakukan rutinitasnya di hari esok dan diantara mereka yang mempunyai hobi lebih produktif dan pekerja keras dalam melakukan pekerjaanya dibandingkan sama orang yang sama sekali tidak memiliki hobi. CNBC, Minggu (27/5/2018) melansir, dengan meningkatkan kualitas produktivitas dan kinerja kita tidak semata-mata harus dilakukan dengan kegiatan liburan atau jalan-jalan saja. Ada beberapa bahkan banyak hobi yang bisa membuat kita lebih bersemangat untuk karir kita.

Demikian pemaparan informasi tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari hobi yang kita suka dan juga diharapkan agar setiap orang dapat melakukan hobi yang disuka dengan memanfaatkan peluang dengan baik dan tepat. Juga menjauhi hal yang bersifat berlebihan. Mulailah dari hobi yang kita suka dan jangan mengikuti ajakan dari teman. Semoga bermanfaat, terimakasih!

Daftar Pustaka

Rencanamu.id. hobi mencerminkan kepribadian

Wolipop.detik.com

https://rencanamu.id/post/fun/did-you-know/10-hobi-yang-mencerminkan-kepribadianmu

https://wolipop.detik.com/worklife/d-5796620/5-hobi-yang-berpotensi-hasilkan-cuan-ada-kesukaanmu

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya