is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dhafa Herlambang

Pengertian NFT

Teknologi | 2021-12-23 08:06:18

Didunia digital ini sangat amat sering terjadinya jual beli online. Tidak hanya barang saja yang diperjual belikan secara online, namun masih banyak barang yang diperjual belikan secara online. Contohnya: makanan, pakaian, bahkan karya seni pun bisa diperjual belikan secara online. Ya, karya seni, contohnya seperti yang saya yang akan bahas, yaitu “NFT”.

NFT saat ini menyapu dunia seni digital dan barang koleksi. Sementara hampir semua orang di dunia percaya bahwa Bitcoin sebagai jawaban digital untuk mata uang, NFT sekarang dipromosikan sebagai jawaban digital untuk koleksi. Seniman digital melihat hidup mereka berubah berkat penjualan besar-besaran cryptocurrency baru kepada penonton.

Pasti disini masih masih banyak sekali orang yang kurang paham apa itu NFT, dan bagaimana cara kerja dari NFT itu sendiri?. Disini saya akan sedikit menjelaskan mengenai “Apa itu NFT?”

Apa itu NFT?

NFT adalah singkatan dari non-fungible token. Fungible artinya bisa dipecah tapi masih punya nilai yang sama, seperti uang, emas, bitcoin, dan lain-lain. Non fungible artinya tidak bisa ditukar, jadi Aset atau benda non fungible itu unik dan tidak sama dengan aset setaranya, seperti misalnya rumah, lukisan, atau barang antik di museum. Lanjut ke Token, apa itu Token? Token itu artinya sertifikat digital, nah NFT ini diamankan dalam sistem yang namanya blockchain. Contoh simpelnya gini, kalau Rumah yang menjaga kepemilikannya adalah Negara, sedangkan NFT yang menjaga kepemilikan atau sertifikatnya adalah Blockchain. NFT mengubah karya seni digital dan jenis koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga memungkinkan karya tersebut memverifikasi bahwa karya Anda asli dan mudah diperdagangkan di blockchain. Singkatnya NFT adalah Token yang tidak dapat dipertukarkan. Apakah Anda masih kurang paham? Mari kita memperdalam lagi tentang “NFT”

Sebenarnya, NFT sudah ada sejak 2015. Tetapi baru-baru ini NFT mengalami kebangkitan karena beberapa faktor. Pertama, karena didunia digital ini yang semuanya serba mengandalkan teknologi yang sudah semakin maju, dan mungkin NFT naik daun dikarenakan hampir semua umat manusia mengandalkan internet untuk menjual karyanya melalui NFT. Kedua, manusia ingin mendapatkan kesempatan untuk memiliki konten digital yang unik dan berpotensi sebagai jenis investasi.

Apakah Anda tahu? Karya dari yang Anda buat di NFT bisa bernilai sampai jutaan bahkan miliaran rupiah, tergantung karya yang Anda buat seperti apa. Memang terdengar aneh, karena hanya sebuah gambar biasa tetapi bisa bernilai sampai jutaan. Mengapa karya yang hanya gambar bisa bernilai sampai jutaan? Karena karya tersebut mempunyai kepemilikan Anda sendiri dan kelangkaan dari karya itu sendiri.

Penjualan NFT terbesar dicatat oleh seniman digital bernama Beeple. Pada Maret lalu, karyanya yang berjudul "Everydays: The First 5000 Days" berhasil dijual oleh rumah lelang terkemuka, Christie’s, senilai 69 juta dolar AS atau sekitar 985 juta rupiah.

Mengapa NFT begitu populer?

NFT benar-benar menjadi populer pada tahun 2017 ketika game NFT pertama memasuki pasar yaitu CryptoKitties. CryptoKitties sendiri adalah game berbasis blockchain berbasis Ethereum yang memungkinkan pemain untuk mengadopsi, memelihara, dan memperdagangkan kucing virtual. Pasar NFT akan berkembang pesat mulai akhir Januari 2021.

NFT adalah era baru koleksi digital. NFT adalah cara baru untuk mendukung artis, atlet, dan musisi di luar pihak ketiga. Dengan NFT, pencipta, artis, dan musisi dapat memperoleh manfaat langsung dari karya mereka, karena tidak ada pemotongan dari pihak ketiga seperti label rekaman, distributor, dan penerbit.

Popularitas NFT masih sangat terbatas di bidang seni, hobi, dan hiburan. Namun, banyak pengamat di dunia cryptocurrency melihat potensi besar untuk pengaplikasian NFT di banyak bidang.

Cara Kerja NFT

Mekanisme NFT sama seperti transaksi biasa hanya melalui platform digital atau marketplace yang tersedia. NFT saat ini dijual di banyak pasar digital seperti CryptoPunks, OpenSea, dan Rarible. Adapun mata uang yang digunakan dalam bentuk dollar atau ethereum. Dan diamankan oleh Blockchain.

NFT digunakan untuk apa saja?

1. NFT dalam industri karya seni

Karakteristik dan keunikan NFT menilai kembali sektor seni digital. NFT memberikan keamanan yang Anda butuhkan untuk karya yang dipublikasikan secara online. Konten didistribusikan secara bebas dan mudah, yang menyebabkan kerugian bagi pembuatnya.

Teknologi NFT dan blockchain memastikan bahwa seniman memiliki karyanya. Ini merupakan inovasi bagi seniman digital yang selalu berjuang melawan plagiarisme dan pencurian kreatif. Sistem smart contract yang ada pada NFT memungkinkan seniman untuk menuliskan persentase lisensi saat karya mereka berpindah tangan

2. NFT dalam konteks bisnis

NFT dapat menghubungkan aset fisik seperti bukti kepemilikan rumah atau properti lainnya. Sertifikat kepemilikan fisik dapat disimpan lebih aman di blockchain melalui proses verifikasi yang cepat. Data kepemilikan ada di blockchain, jadi Anda tidak perlu khawatir sertifikat berharga Anda hilang atau dicuri orang lain.

3. NFT dalam industri hobi dan hiburan

NFT telah merintis pasar barang koleksi, yang terbukti memiliki potensi besar. Pasar NFT saat ini didominasi oleh komoditas yang ditujukan untuk koleksi.

Ada juga game berbasis NFT dan blockchain, salah satu sektor menjanjikan di dunia cryptocurrency. Dua game NFT yang sangat populer adalah CryptoKitties dan Axie Infinity. CryptoKitties perlu mengumpulkan, memelihara, dan membiakkan kucing digital unik.

Bagaimana cara membeli NFT?

Setelah Anda memahami penggunaan NFT dan manfaat spesifik NFT dibandingkan mata uang kripto lainnya, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli NFT. Jika demikian, ada beberapa item penting yang perlu Anda beli sebelum Anda dapat melakukan ini:

1. Anda akan membutuhkan dompet digital yang memungkinkan Anda untuk menyimpan NFT dan cryptocurrency Anda

2. Maka Anda perlu membeli beberapa cryptocurrency tergantung pada mata uang apa yang diterima penyedia NFT Anda, kemungkinan besar Ethereum

3. Anda dapat menggunakan platform seperti OpenSea, Coinbase, Kraken, PayPal, dll., Untuk membeli cryptocurrency.

4. Kemudian Anda akan dapat memindahkannya dari pertukaran ke dompet pilihan Anda

Bagaimana cara menjual NFT?

Setelah Anda selesai membuat NFT, lalu bagaimana cara menjual karya seni tersebut ke marketplace NFT seperti OpenSea?

1. Buka situs OpenSea, kemudian login dengan akunmu

2. Klik profile, dan pilih NFT yang akan kamu jual dari wallet-mu

3. Klik sell dipojok kanan atas untuk ke halaman listing

4. Harap dicatat bahwa ada pajak yang tertera dibagian bawah. Dalam hal ini, penjual akan dikenakan biaya layanan sebesar 2,5% dan Creator Royalty sebesar 10%. Pajak maksimum di OpenSea adalah 12,5% dan akan ditarik dari hasil penjualanmu di akhir

Apa itu blockchain?

Blockchain pada dasarnya adalah penyimpanan data digital yang direplikasi dan didistribusikan melalui jaringan sistem komputer. Blockchain ini adalah sistem pencatatan informasi yang dirancang untuk meminimalkan perubahan catatan transaksi, peretasan, atau penipuan. Karena transaksinya tercatat dijaringan komputer diseluruh dunia, sertifikat kepemilikan suatu karya seni digital dapat ditelusuri dan tidak dapat dipalsukan.

Kekurangan NFT

1. Untuk membuat/mencetak NFT, pengguna harus membayar biaya

2. NFT belum diatur dan tidak ramah pengguna

3. NFT termasuk ke dalam kategori pasar spekulatif

Kelebihan NFT

1. Kelangkaan dapat berpengaruh pada naiknya nilai objek digital

2. Kepemilikan aset adalah jalan keluar dari kemiskinan

3. Blockchain pada dasarnya aman

Apa masa depan NFT?

NFT telah meningkatkan paparan media dan fasilitas khusus untuk calon seniman di media sosial. Karena popularitasnya yang meningkat, orang sekarang bersedia membayar jutaan rupiah hanya untuk NFT. Sebagai hasil dari popularitasnya yang semakin meningkat, NFT dapat mewakili bagian yang lebih signifikan dari ekonomi digital di masa depan.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki sebuah karya, Anda dapat melakukannya secara digital, atau Anda dapat membuat karya digital Anda sendiri dan menghasilkan uang. Melalui NFT, Anda dapat melakukannya. Di artikel ini pun, kami sudah membahas apa itu NFT, cara kerjanya, cara menjual dan membeli NFT hingga keuntungannya. Disini mimin tidak menyuruh kalian untuk langsung bermain NFT ya, karna semakin besar keputusanmu, semakin besar juga resikonya.

Terima kasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya