Model bergaya di samping mobil All New Corolla Altis pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Medan, Sumatera Utara, Rabu (23/10/2019). Pameran yang diikuti delapan perusahaan otomotif dengan sponsor utama Astra Financial | IRSAN MULYADI/ANTARA FOTO

Otomotif

14 Oct 2021, 10:06 WIB

GIIAS Terus Dipersiapkan

GIIAS 2021 telah mendapatkan dukungan dan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian.

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) direncanakan akan berlangsung pada 11 hingga 21 November 2021. Oleh karena itu, saat ini, penyelenggara pun terus melakukan beragam langkah persiapan.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, dalam kurun waktu satu bulan ke depan, panitia dan peserta bersiap menghadirkan penyelenggaraan GIIAS yang tetap mengedepankan produk dan teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia.

"Kami sangat semangat menuju GIIAS di November ini. Semoga, event ini bisa berperan dalam mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia yang telah menggeliat bangkit dengan adanya perpanjangan diskon pajak. Jadi, dengan hadirnya GIIAS, kami harap semakin meningkatkan gairah masyarakat,” ujar Yohannes Nangoi dalam keterangan pers kepada Republika pada Senin (11/10).

Nangoi juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan GIIAS 2021 telah mendapatkan dukungan dan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian RI. Berbagai pihak dan instansi terkait juga menunjukkan dukungan penuh dengan mengawal berbagai proses persiapan yang dilakukan GIIAS, termasuk dalam persiapan prosedur kesehatan atau prokes.

Dalam hal ini, GIIAS 2021 juga mendapatkan rekomendasi tertulis dari bupati Kabupaten Tangerang yang bertindak selaku ketua Satgas penanganan Covid-19 tempat GIIAS 2021 diselenggarakan. Sejalan dengan hal tersebut, dia pun kembali menekankan bahwa sepanjang persiapan hingga pelaksanaannya, seluruh pihak harus menjalankan prokes dan menjaga kesehatan demi kebaikan barsama.

"Kesehatan masyarakat tetap utama, jadi Gaikindo akan memastikan jalannya GIIAS disertai protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Seperti yang dijanjikan Gaikindo, penyelenggaraan GIIAS di Indonesia Convention Center (ICE) BSD ini mendapat dukungan penuh dari para anggotanya. Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah mengatakan, terdapat 24 merek kendaraan kendaraan penumpang dan kendaraan komersial yang akan meramaikan GIIAS 2021. "Pameran juga akan dilengkapi dengan peserta-peserta dari industri pendukung otomotif," kata Rizwan Alamsjah.

Sejumlah merek yang terlibat di antaranya adalah Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

"Setelah menjalani lebih dari 1,5 tahun tanpa GIIAS, para peserta telah menyampaikan antusiasme dan rencana mereka jelang November ini dan yang pasti akan ada banyak perkenalan produk baru dari para peserta. Selain itu, mobil-mobil listrik juga akan menjadi salah satu highlight di GIIAS nanti," ucap dia. 


×