is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Begini Pengaruh Aksi Jual Asing terhadap Sentimen Window Dressing

Bisnis | 2021-12-22 07:03:00
Ilustrasi Foto IDX

Di tengah sentimen window dressing yang biasanya terjadi jelang akhir tahun, investor asing mencatatkan aksi jual di pasar saham Indonesia.

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani memprediksi, aksi jual asing masih akan berlanjut. Dan jika melihat dana asing yang masuk sejak awal tahun, net sell asing kali ini tergolong tidak begitu besar.

"Untuk itu, saat ini potensi window dressing masih ada meski kenaikannya cenderung terbatas alias tidak signifikan", ucap Hendriko.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas memperkirakan, net sell tidak akan terlalu ekstrem dalam menjatuhkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Apalagi, kekuatan investor domestik juga diyakini tetap mampu menopang IHSG di akhir tahun.

Dari segi teknikal, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, kecenderungan terjadinya window dressing masih 50% banding 50%. Menurut dia, IHSG harus mampu menembus level 6.688 apabila ingin berlanjut menguat. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya