is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizal Dwi Prasetyo

Sahur, Tantangan Sulit di Balik Keajaiban Puasa

Agama | 2023-03-26 10:30:02

Sahur, adalah saat-saat yang penuh dengan keajaiban. Dimulai dari jam 2 pagi, ketika sebagian besar manusia masih terlelap dalam tidurnya, kita para pemilik keyakinan keagamaan yang tinggi harus bangun dan mempersiapkan diri untuk memulai puasa. Namun, ada satu tantangan yang paling sulit saat berpuasa: bangun untuk sahur.

Ilustrasi sahur di bulan Ramadan (Foto: sociolla)

Bukan rahasia lagi bahwa bangun untuk sahur itu susah-susah gampang. Kita harus berjuang melawan kelelahan, kantuk, dan godaan untuk terus tidur. Namun, bagi orang-orang yang memiliki jadwal kerja yang ketat atau yang masih belajar, bangun untuk sahur bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah kewajiban.

Bagi sebagian orang, bangun untuk sahur memang bukan masalah besar. Mereka bisa bangun tepat waktu, mandi, dan menikmati sahur dengan tenang dan santai. Tapi, bagi sebagian orang lain, seperti saya, bangun untuk sahur bisa jadi adalah suatu bencana. Kita bisa bangun terlambat, kehabisan waktu, atau bahkan terbangun di tengah malam karena rasa lapar yang sangat menyiksa.

Nah, di sinilah letak keajaiban dari bangun sahur. Kita bisa merasakan berbagai macam perasaan yang berbeda-beda dalam waktu yang bersamaan. Pertama, ketika alarm berbunyi, kita bisa merasa senang dan lega karena kita berhasil bangun tepat waktu. Kedua, ketika kita memeriksa jam dan melihat bahwa masih ada waktu beberapa menit untuk sahur, kita bisa merasa tenang dan santai. Ketiga, ketika kita mulai mempersiapkan makanan sahur, kita bisa merasa haus, lapar, dan capek sekaligus. Keempat, ketika kita mulai makan sahur, kita bisa merasa bahagia, puas, dan semangat untuk menjalani puasa.

Namun, ada satu hal yang harus kita ingat ketika bangun untuk sahur: jangan terlalu heboh. Kita tidak ingin mengganggu orang-orang di sekitar kita yang masih tidur dengan suara alarm yang keras atau suara-suara lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan dapur dan alat-alat makan setelah selesai makan sahur, agar keluarga atau teman-teman kita tidak kesulitan saat mencuci piring.

Akhir kata, bangun untuk sahur memang bisa jadi sulit, tapi jika kita melakukannya dengan cara yang benar, kita bisa merasakan keajaiban dari proses tersebut. Semoga kita semua bisa menjalankan puasa dengan baik, dan selalu diberi kemudahan dalam segala urusan. Amin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya