is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tubagus Aria

Bagaimana Terapi Psikologi dalam Islam?

Eduaksi | 2021-12-19 05:49:45

Halo teman-teman!

Seperti yang kita ketahui Psikologi menjadi sebuah topik pembicaraan yang sangat menarik untuk beberapa orang, bukan sekedar topik pembicaraan loh! Psikologi juga merupakan Ilmu yang mempelajari pikiran serta sifat manusia. Gak kalah penting, Psikologi juga memiliki terapinya sendiri untuk beberapa orang. Nah, bagaimana ya kira-kira terapi Psikologi dalam Islam?

Terapi spiritual islami mengacu kepada konsep pensucian jiwa (Tazkiyatunnufus) Imam Al-Ghazali. Beliau membagi 3 tahap pensucian jiwa, yaitu: Takhali (tahap pensucian diri), Tahalli (tahap pengembangan diri), dan Tajali (tahap penemuan diri).

Sumber: Canva

Pertama, Takhalli (pensucian diri). Tahap ini bertujuanuntuk membersihkan diri dari sifat-sifat buruk, negative thinking, dan segala kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan manusia. Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mensucikan diri, seperti: Mandi taubat, shalat taubat, dan memperbanyak istighfar kepada Allah Swt.

Kedua, Tahalli (pengembangan diri). Pada tahap ini manusia dilatih untuk mengembangkan potensi-potensi positif yang ada dalam dirinya dengan membangun nilai-nilai kebaikan dan kebermaknaan dalam hidupnya.

Ketiga, Tajalli (penemuan diri). Pada tahap ini manusia telah mengenali dirinya. Ada 4 masalah pokok yang kenali pada tahap ini, yaitu: siapa diri manusia; darimana manusia berasal; untuk apa manusia ada dan kemana setelah manusia tiada.

Keempat hal tersebut terintegrasi dalam satu kata kunci, yaitu terbangunnya paradigma Ilahiyah dalam diri manusia. Adapun terapi spiritual islami bersifat: Fleksibel, yaitu dapat dilakukan kapan saja baik secara individual maupun secara kelompok; Preventif, yaitu: dapat dilakukan bagi setiap orang yang tidak menderita penyakit psikologis; Kuratif, yaitu dilakukan dalam rangka pengobatan atau penyembuhan bagi orang yang mengalami penyakit psikologis; Rehabilitasi, yaitu tahap pemulihan bagi setiap orang yang baru pulih dari penyakitnya.

Pengaruh Terapi Spiritual Islami Terhadap Penanggulangan Depresi Terapi spiritual Islami terbukti efektif memberikan pengaruh terhadap penanggulangan depresi maupun gangguan psikologis lainnya. Beberapa hasil penelitian telah memberikan pembuktian mengenai hal tersebut.

Sumber: Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 14, No. 1, Juni 2013 : 141 - 151

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya